17 Pilihan Tanaman Air yang Populer

Diantara berbagai macam jenis tanaman, tanaman air merupakan salah satu yang memiliki penggermarnya sendiri. Selain itu memang walaupun cukup sulit merawatnya, membutuhkan lingkungan khusus, tanaman ini memiliki kecantikan tersendiri.

Dari namanya saja tanaman air merupakan kelompok tanaman yang sanggup hidup di lingkungan air, baik air tawar ataupun air asin. Apapun jenisnya selama ia bisa hidup dan mengandalkan lingkungan yang cenderung “becek” bisa disebut sebagai tanaman air.

Pemanfaatannya sendiri bisa bermacam-macam mulai untuk tanaman hias hingga tanaman konsumsi dan obat-obatan. Nah berikut ini adalah beragam tanaman air yang populer yang bisa kamu pelihara!


1. Teratai Putih

teratai putih

Terkenal sebagai salah satu lagu yang populer di masa lalu oleh Tety Kadi, Teratai Putih merupakan salah satu tanaman air yang sangat populer di seluruh dunia. Hal ini tentu saja lantaran pesonanya yang sangat menawan.

Jenis teratai ini diketahui bisa tumbuh di berbagai daerah, mulai di datarah Eropa, Afrika Utara, hingga di Timur Tengah. Menariknya tanaman ini bisa tumbuh dengan berbagai warna yang menawan berdasarkan galur dan lingkungannya.

Di Indonesia sendiri kamu bisa membeli tanaman jenis ini dengan harga yang tidak terlalu mahal kok, biasanya dijual seharga 40 ribu hingga 100 ribu rupiah untuk setiap tanaman ini. Nah sayang kan kalau tidak menjadikan tanaman ini sebagai penghias rumah.


2. Victoria Amazonica

Victoria Amazonica

Masih dari keluarga teratai, Victoria amazonica merupakan salah satu jenis tanaman teratai yang paling besar diantara spesies lainnya. Bahkan tanaman ini diketahui bisa memiliki permukaan daun dengan lebar mencapai 3 meter!

Sesuai dengan namanya tanaman ini merupakan salah satu spesies asli dari sungai Amazon. Salah satu daya tarik tanaman ini selain dari daunnya yang sangat lebar adalah bunga yang berubah warna. Di hari pertama bunga akan mekar dengan warna putih khas nya lalu berubah menjadi keunguan di malam kedua.

Di Indonesia sendiri sebenarnya kami cukup kesulitan menemukan penjual tanaman ini selain karena memang langka, tanaman yang cukup mahal ini seringkali digunakan penipu untuk berjualan di e commerce dengan harga yang sangat miring. Jadi hati-hati ya!


3. Nelumbo Nucifera (Teratai India)

Teratai India

Terkenal dengan sebutan teratai India, karena memang tanaman ini tumbuh subur di negara tersebut, tanaman ini tergolong sebagai tanaman yang populer di kalangan pecinta tanaman hias di seluruh dunia.

Salah satu perbedaan dari Nelumbo dengan spesies teratai lainnya yang ada saat ini adalah bahwa tanaman ini bisa menumbuhkan bunga yang memiliki batang yang menjuntai ke atas, berbeda dengan kebanyakan teratai yang menumbuhkan bunga langsung di atas daunnya.

Meski tampak cantik, karena memang tanaman ini cukup langka maka kami rasa kamu cukup sulit untuk menemukan orang yang menjual bibit ataupun tanaman ini di sini. Apalagi bagi kamu yang belum familiar dengan tempat-tempat yang bisa menjual bibit tanaman di tempat tinggalmu.


4. Eceng Gondok

Eceng Gondok

Tanaman ini sebenarnya seringkali dianggap sebagai tanaman yang seringkali mengganggu dan merusak ekosistem perairan. Karena pertumbuhannya yang sangat tinggi walaupun tidak dirawat dengan baik, artinya bisa tumbuh baik di alam liar.

Tapi tahukah kamu bahwa tanaman yang tersebar secara luas di negara-negara tropis hingga negara subtropics di Amerika Latin sangan familiar dengan tanaman eceng gondok ini. Tapi tentu saja terkenal dengan pertumbuhannya yang sangat cepat.

Meski pertumbuhannya sangat cepat, bila kamu merawat eceng gondok dengan rajin dan telaten tentu kamu akan bisa melihat bunga dari eceng gondonk yang tidak kalah cantik kok dengan tanaman hias lainnya.


5. Duckweed / Lemna

Duckweed / Lemna

Tanaman duckweed atau Lemna, atau lebih lazim disebut sebagai mata lele di Indonesia ini merupakan salah satu tanaman air yang cukup kecil dan seringkali dimanfaatkan sebagai pakan alami udang, lele, dan berbagai hewan air lainnya.

Bergantung dari spesiesnya, tanaman ini bisa memiliki akar yang panjang, akar yang pendek, atau malah tidak memiliki akar sama sekali. Di alam liar, tanaman ini bahkan seringkali terbawa tubuh hewan-hewan air misalnya seperti buaya dan pindah ke tempat tumbuhnya yang lain.

Di Indonesia sendiri tanaman ini (sebagaimana yang telah kami jelaskan) lebih sering digunakan sebagai pakan hewan-hewan budidaya alami. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan tanaman ini dengan harga yang relatif murah.

Di dunia tanaman hias sendiri, duckweed sangat sering dan lazim digunakan sebagai salah satu pelengkap di dalam aquascape. Nah tentu saja untuk membuat aquascape kamu harus banyak belajar terlebih dahulu dan tidak asal membeli tanaman untuk diletakkan di dalam aquascapemu tersebut.


6. Kol Air

Kol Air

Barangkali banyak diantara kamu yang belum mengetahui bahwa tanaman yang merupakan salah satu tumbuhan air yang populer ini bisa dijadikan tanaman hias dan bahkan bila bisa merawatnya dengan baik tanaman ini akan tumbuh cantik.

Tanaman ini tidak memiliki batang dan hanya terdiri atas daun-daun saja yang bisa mencapai ukuran 14 cm. Lebih jauh lagi tanaman ini ditemukan banyak di negara-negara tropis serta subtropis dan tentu di Indonesia.

Menariknya tanaman ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu tanaman hias, meski tentu saja tidak secantik beberapa tanaman hias yang telah kemi sebutkan di atas. Namun tanaman ini juga bisa kamu makan, dan bahkan berfungsi unuk menurunkan suhu tubuh dengan membuang air kencing secara lebih banyak ke luar tubuh.


7. Tanaman Moneywort

Tanaman Moneywort

Bagi kamu yang memiliki hobi membuat aquascape pasti setuju kalau tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang bisa ditanaman di dalam air dan tergolong tidak sulit bila kamu ingin menanamnya.

Tanaman ini terkenal tidak rewel dan bisa dengan mudah tumbuh bahkan di dalam air. Apalagi dengan suhu Indonesia yang cukup hangat, tanaman yang berasal dari hidia, Sri Lanka, Pakistan, Aietnam, hingga amerika, tanaman ini bisa tumbuh dengan optimal.

Namun bila kamu menanam tanaman ini di dalam air maka kamu tidak akan bisa melihat daunnya yang cantik. Nah bila memang ingin melihat daun dari tanaman ini kamu bisa dengan mudah memindahkan tanaman ini ke media tanam tanah.


8. Bambu Air

Bambu Air

Meski memiliki embel-embel nama bambu, tanaman bambu air ini berbeda dengan kebanyakan bambu lainnya. Tentu saja karena kelebihannya yang bisa hidup di dalam ekosistem air dan tidak membusuk.

Tanaman bamboo air ini seringkali dijadikan tanaman hias terutama bagi orang-orang yang sedang mengembangkan kolam ikan yang cantik, karena bentuknya dan pola garis-garisnya ini bisa membuat kolam ikan tampak lebih menarik.

Di Indonesia sendiri harga dari bamboo air ini relatif murah dan seringkali ditanam di media tanam tanah sehingga kemudian bisa dijadikan tanaman hias untuk di dalam ataupun di depan rumah.


9. Paku Air Salvinia Natans

Paku Air Salvinia Natans

Paku air jenis Salvinia natans boleh dikatakan sebagai salah satu tumbuhan apung yang juga cukup populer dijadikan sebagai tanaman hias. Karena bentuknya yang unik dan perawatannya diketahui sangat mudah dan sangat cepat.

Namun memang kalau tidak apik merawatnya kecepatan pertumbuhan dari tanaman ini bisa sangat luar biasa dan justru bisa menutupi kolam yang kamu punya. Di satu sisi bermanfaat bagi hewan-hewan air untuk bersembunyi, namun di satu sisi tentu akan membuat kolam tidak terlalu elok.

Tidak ada perawatan khusus yang perlu kamu lakukan apabila ingin mengembang biakkan tanaman ini. Cukup letakkan tanaman ini di atas air dan voila! Tanaman ini akan tumbuh subur hingga mati, bila ingin mengulangnya cukup letakkan rosette-rosette baru di tempat lain.


10. Pontederia

Pontederia

Tanaman cantik berwarna keunguan lavender ini bernama Pontederia yang di luar negeri sih tumbuh denan sangat subur terutama di musim panas. Nah di Indonesia sendiri bunga ini bisa tumbuh subur di sepanjang tahun terutama di daerah dengan suhu yang cukup hangat.

Penanaman dan perawatan dari Pontederia ini cukup mudah, pertama cukup memisahkan bibit dari indukan dan langsung menyimpannya di dalam wadah berisi air. Bila tanaman sudah bertunas bisa langsung dipindahkan kok ke media tanam.

Selain itu tanaman ini juga tergolong ke dalam tanaman yang bisa tumbuh dengan sangat cepat. Alih-alih memberikannya pupuk, cukup merawatnya secara sederhana dan biarkan tanaman ini tumbuh dengan begitu suburnya.


11. Bakopa / Bacopa caroliniana

Bakopa / Bacopa caroliniana

Masih satu keluarga dengan Moneywort (Bacopa monnieri), tanaman bakopa ini sudah lazim digunakan sebagai tanaman penghias bagi pecinta aquascape. Berbeda dengan beberapa tanaman dalam daftar ini, tanaman ini memang bisa tumbuh baik di dalam air.

Tumbuhan ini memiliki ciri khas batangnya yang bulat dengan daging dan bulu-bulu halus, serta daun yang bertangkai dan berhadap-hadapan. Daunnya pun memiliki ciri khas berbentuk elips dan berpasang-pasangan di setiap tingkatnya.

Tanaman ini bisa ditanam dengan begitu mudahnya, dan perawatannya pun tidak terlalu sulit. Bila memutuskan untuk menanamnya di dalam aquascape cukup perhatikan saja bila sudah terlalu tinggi maka kamu boleh memotong batang tanaman ini.


12. Paku Rawa

Paku Rawa

Tanaman air ini di Indonesia memiliki banyak nama, mulai dari Paku Rawa, Pakis Rawa, Paku Roman, hingga Paku tespong. Hal ini karena persebarannya yang sangat luas di seluruh Indonesia sehingga namanya dikenal berbeda-beda di setiap daerah.

Meski demikian tanaman ini memiliki banyak kegunaan mulai dari sebagai tanaman penghias kolam, tanaman aquascape, serta sebagai salah satu makanan yang bisa dikonsumsi dan sebagai tanaman obat herbal yang memiliki berbagai macam khasiat.

Menariknya tanaman ini lagi-lagi tergolong sebagai tanaman yang sangat mudah untuk dikembang biakkan. Kamu bisa menanam tanaman ini di dalam air, pot tanaman, hingga sebagai tanaman aquascape. Lebih jauh lagi harganya pun murah sehingga membuat tanaman ini sebagai salah satu tanaman air yang cukup populer.


13. Parrot Feather

Parrot Feather

Berasal dari Amerika Selatan, tanaman parrot feather ini sukses menjelma menjadi salah satu tanaman air yang sangat populer di kalangan pecinta aquarium dan aquascape. Tanaman ini bisa ditanam di dalam air hingga daunnya muncul ke permukaan air.

Memang secara ilmiah tanaman ini tergolong ke dalam tumbuhan air setengah terendam. Selain itu tumbuhan yang bergerombol ini bisa menjadi salah satu tempat bersembunyi ikan-ikan kecil yang kamu punya.

Harganya yang murah serta perawatannya yang juga sangat mudah kemudian membuat tanaman ini sangat disukai oleh banyak orang untuk menjadi tanaman penghias di kolam ataupun di dalam aquascape.


14. Klambang

Klambang

Tanaman Klambang atau Kapu-Kapu merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat lazim kamu temui di kolam ataupun di perairan bebas yang tenang. Selain itu kepopulerannya pun saat ini bertambah seiring dengan tingginya peminat aquascape.

Tanaman ini sepintas memiliki bentuk yang serupa dengan lobak, namun sejatinya tanaman ini merupakan satu keluarga dari talas-talasan. Biasanya tanaman ini akan tumbuh sebagai daun-daun yang berbentuk seperti bunga dan tersusun rapi.

Saat ini kamu bisa mendapatkan tanaman ini dengan sangat mudah, bahkan tanaman ini dijual bebas di e commerce yang ada. Harganya yang murah dan perawatannya yang simpel tentu membuat tanaman ini cocok menjadi pilihan tanaman air yang harus kamu pelihara.


15. Cowehan / Duck Lettuce

Cowehan / Duck Lettuce

Dikenal dengan nama Cowehan di daerah Jawa dan Madura, Duck Lettuce yang awalnya dianggap tidak memiliki banyak manfaat saat ini menjelma menjadi tanaman air yang begitu populer di kalangan pecinta aquascape.

Cowehan sendiri bisa tumbuh di dalam air hingga daunnya menjulang ke atas permukaan air, oleh karena itulah tanaman ini tidak terlalu populer pada awalnya. Karena memang seringkali tersembunyi di bawah permukaan air.

Sebagian orang mengonsumsi tanaman ini meski memang jarang, namun sebagian lagi menjadikan tanaman ini sebagai tanaman obat, dan tentu saja sebagian besar menjadikan tanaman ini sebagai tanaman air hias yang bisa mempercantik kolam.


16. Tanaman Sagittaria monevidensis

Tanaman Sagittaria monevidensis

Sagittaria atau yang dikenal dengan daun panah, sesuai namanya memiliki ciri khas daun yang besar dan memiliki ujung yang runcing. Tanaman ini lazim ditemui di perairan yang jernih dan memang tergolong tanaman yang mudah tumbuh subur.

Tanaman ini bisa memberikan kolam yang kamu punya kesan “jungle look” karena pertumbuhannya yang begitu subur dan begitu lebat. Tanaman ini bisa tumbuh begitu subur bahkan tanpa pemberian pupuk apapun.

Lebih jauh lagi tanaman ini menjadi sangat populer di kalangan pemilik kolam karena memang diketahui memiliki fungsi filtrasi mekanik alamiah yang bisa menyaring kelebihan nitrat dan zat-zat berlebih di dalam air.

Oleh karena itulah menurut kami tanaman ini sangat cocok terutama bagi kamu yang memiliki kolam yang cukup besar, tidak mau repot, dan ingin memiliki kolam yang sehat untuk ikan-ikan yang kamu miliki.


17. Blue Iris

Blue Iris

Diantara beberapa tanaman air, tanaman Blue Iris ini termasuk ke dalam salah satu yang paling favorit karena memiliki bunga dengan warna yang sangat mencolok, dan memang bunga dengan warna mencolok ini cukup jarang ditemui di tanaman-tanaman air lainnya.

Meski demikian kamu harus berhati-hati di dalam membeli tanaman ini, karena tidak semua tanaman dari jenis ini merupakan tanaman aquatic atau bisa ditanam di air, dan memang kebanyakan justru di tanam di tanah.

Meski demikian tanaman dari jenis ini alias lily versicolor bisa ditanam di kolam sehingga bisa mempercantik kolam yang kamu punya. Sayangnya tanaman ini belum bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Untuk bisa menemukan tanaman ini tentu kamu harus banyak-banyak bertanya di dalam forum ataupun bergabung dengan kelompok pecinta tanaman-tanaman air macam ini.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Fakhri Zahir

Penulis berpengalaman yang mengisi banyak konten di website populer. Pegiat dunia agrikultur dan kedokteran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *