13 Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Tumbuh

Aquascaping sejatinya merupakan salah satu seni menaruh dan mengatur tanaman-tanaman hias bersama bebatuan, kayu-kayuan, serta hiasan lainnya di dalam aquarium sehingga aquarium yang ada tampak menarik dan tidak monoton.

Bahkan pada penggemar aquascape yang cukup serius mereka pun memikirkan jenis-jenis ikan apa saja yang ingin mereka letakkan di dalam aquarium mereka sehingga aquascape yang mereka miliki bisa tampak cantik.

Nah kali ini kami akan coba membahas beberapa jenis tanaman aquascape yang mudah tumbuh, dan tentu saja yang bisa kamu pelihara sehingga aquarium yang kamu miliki bisa tampak cantik dan menarik.

1. Marimo Moss Ball

Marimo Moss Ball

Tanaman ini pada dasarnya bukan tanaman sejati ataupun lumut, meski memiliki nama moss yang dalam bahasa Indonesia berarti lumut. Marimo Moss Ball sejatinya merpakan algae dari jenis cladophora yang berbentuk imut-imut.

Tanaman ini cukup kami rekomendasikan untuk kamu yang baru membuat aquascape karena memang Marimo Moss Ball ini dianggap sebagai salah satu tanaman aquascape yang paling mudah untuk dipelihara dan dirawat.

Selain itu harganya yang tidak terlalu mahal pun membuat kami merekomendasikan tanaman yang satu ini. Kebanyakan orang yang membuat aquascape membeli tanaman ini dalam jumlah besar untuk diletakkan di dalam tank mereka.

2. Bacopa Caroliniana

Bacopa Caroliniana

Bila ingin mencoba tanaman aquascape bertangkai yang mudah untuk ditumbuhkan, maka Bacopa caroliniana ini adalah jawabannya. Dibanding tanaman lain yang berbentuk daun atau algae, tanaman ini justru memiliki tangkai.

Bentuknya pun menurut kami cukup unik karena memiliki daun yang kecil-kecil dan cenderung buat. Tanaman ini bisa tumbuh di cahaya minimal, tidak membutuhkan injeksi karbon dioksida, namun membutuhkan pupuk cair.

Nah ketika kamu menanam tanaman ini dalam air, biasanya bagian bawah tanaman daunnya perlahan-lahan akan gugur, dan tanaman akan tumbuh ke atas. Bila sudah begini, cukup potong bagian atas dan tanam kembali. Untuk variasi lainnya, kamu bisa menambahkan zat besi ke dalam aquascape milikmu sehingga daun dari tanaman ini bisa berubah menjadi kemerahan.

3. Amazon Sword

Amazon Sword

Sama seperti Masimo Moss Ball, tanaman Amazon Sword ini juga merupakan salah satu tanaman aquascape yang paling terkenal. Selain harganya yang relatif murah, tanaman ini juga sangat mudah untuk dipelihara.

Selain itu seringkali tanaman ini tumbuh begitu cepat di dalam aquarium sehingga kemudian nantinya akan tumbuh menjadi mother plant yang bisa ‘beranak’ dan anakannya pun bisa kamu tanam kembalidi tempat lain.

Bentuknya yang cantik dengan daun yang lebat membuat tanaman ini semakin populer di kalangan pecinta aquascape. Saat ini kamu bisa mendapatkan tanaman ini bahkan di toko-toko online dengan harga 10 ribuan saja!

4. Christmas Moss

Amazon Sword

Christmas Moss merupakan salah satu jenis tanaman aquascape klasik yang menjadi favorit banyak pecinta aquascape. Menariknya tanaman ini pun tergolong sebagai tanaman aquascape yang mudah dipelihara dan tumbuh di dalam aquarium.

Tanaman ini secara spesifik baik untuk ditanam, terutama bagi kamu yang ingin membuat breeding tank khusus untuk ikan ataupun udang yang kamu pelihara. Alasannya karena tanaman ini cocok dijadikan tempat persembunyian dari bayi-bayi kecil mereka.

Nah tapi perhatikan ya, karena tanaman ini bisa tumbuh terlalu subur dan justru membuat aquascape mu menjadi acak-acakan, taruhlah hewan pemakan algae seperti udang amano sehingga pertumbuhannya bisa terkendali.

5. Vallisneria

Vallisneria

Tanaman yang menyerupai rumput ini seringkali dijadikan sebagai salah satu tanaman aquascape yang memiliki jungle look dengan dedaunan nan lebat. Pertumbuhannya pun relatif cepat dan bisa tumbuh hingga melebihi batas permukaan air.

Lebih jauh lagi bila kamu memberikannya banyak pupuk cair maka tanaman ini pun akan semakin gondrong. Nah kamu bisa menyeimbangkan pertumbuhan dari tanaman ini dengan beberapa ikan yang diketahui bisa memakan tanaman ini seperti goldfish atau African cichlids.

Selain mudah ditumbuhkan, jenis tanaman ini pun bisa kamu dapatkan dengan harga kurang dari 5 ribu rupiah per helai nya. Nah artinya selain bisa ditumbuhkan menjadi tanaman utama di aquascape, Vallisneria juga bisa dijadikan tanaman untuk kamu selip-selipkan di aquascape mu.

6. Cryptocoryne Lutea

Cryptocoryne Lutea

Kamu yang ingin belajar aquascape wajib menaruh jenis Cryptocoryne di dalam aquascapemu. Karena tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan yang sangat mudah untuk ditumbuhkan dan tidak terlalu rewel di dalam perawatannya.

Kamu bisa menggunakan berbagai macam substrate untuk bisa menumbuhkan tanaman ini, dan kamu pun tidak perlu menambahkan injeksi karbon dioksida. Meski demikian tanaman ini tergolong sebagai tanaman yang cukup lambat tumbuhnya, yakni membutuhkan waktu hingga tiga bulan lamanya untuk tumbuh.

Di Indonesia sendiri harga dari Cryptocoryne lutea Hobbit relatif mahal yakni mencapai 200-300 ribu rupiah per tanamannya. Kalau punya uang lebih tentu dipersilahkan untuk membeli tanaman ini, kalau tidak kamu bisa memilih jenis tanaman lainnya kok!

7. Cryptocoryne Wendti

Cryptocoryne Wendti

Tanaman aquascape berwarna hijau dengan balutan cokelat ini boleh dibilang juga merupakan salah satu tanaman yang cukup populer. Lagi-lagi selain karena harganya yang murah, tentu saja jenis tanaman yang satu ini tergolong mudah dipelihara dan tumbuh di dalam aquascape.

Tanaman yang merupakan spesies asli dari Sri Lanka ini boleh dibilang sebagai salah satu jenis crypt yang low maintenance dimana kamu tidak membutuhkan pupuk cair ataupun injeksi karbon dioksida untuk merawatnya.

Bahkan tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya yang beragam dengan media tanam apapun. Menariknya tanaman ini memiliki beragam jenis mulai dari yang berwarna hijau, cokelat, tropica, hingga jenis yang berwarna merah!

8. Aponogeton Crispus

Aponogeton Crispus

Tergolong ke dalam tanaman low light yang memiliki ciri khas daun yang keriting, tanaman ini disebut-sebut sebagai salah satu tanaman aquascape yang bisa dipelihara oleh pemula karena cukup mudah untuk ditumbuhkan.

Kamu bahkan bisa membeli bulb dari tanaman ini dan langsung saja letakkan di atas substrat media tanam di dalam aquascape yang kamu miliki. Dalam waktu yang relatif singkat saja akan muncul tunas-tunas daun muda yang kemudian membesar.

Untuk jenis ini bisa dikatakan harganya pun cukup murah yakni berkisar antara 20 hingga 50 ribu rupiah saja. Berbeda dengan saudaranya, seperti Aponogeton Madagaskar yang dihargai ratusan ribu rupiah.

9. Java Fern

Java Fern

Sesuai dengan namanya, Java Fern merupakan kelompok tanaman paku yang berasal dari Indonesia tepatnya dari pulau Jawa. Di kalangan pecinta aquascape tanaman ini merupakan salah satu tanaman favorit loh.

Bahkan tanaman ini diketahui laris manis dijual di pasar internasional karena relatif mudah untuk ditanamkan di dalam aquascape. Selain itu tanaman paku dari Jawa ini memiliki berbagai varietas mulai dari yang berdaun sempit, trident, hingga Windelov.

Tanaman ini boleh dibilang sangat mudah untuk ditumbuhkan. Bahkan kamu tidak perlu menanam akar dari Java Fern langsung menancap ke substratnya, cukup letakkan di atasnya dan tanaman akan tumbuh dengan sendirinya.

10. Sagittaria

Sagittaria

Tanaman yang berbentuk daun runcing-runcing ini jgua bisa dikatakan sebagai salah satu tanaman aquascape yang mudah untuk kamu tumbuhkan. Perawatannya pun relatif lebih simpel dibandingkan tanaman aquascape lainnya.

Selain itu kamu bisa menyesuaikan besar kecil tanaman ini. Bila ingin tanaman yang kecil maka berikan cahaya kuat dan bila ingin tanaman ini tumbuh tinggi kamu bisa berikan cahaya yang relatif lemah agar tanaman ini berusaha mendekati cahaya.

Meski demikian kadang-kadang tanaman ini tumbuh terlalu subur sehingga seringkali anakannya tumbuh di tempat-tempat yang tidak diinginkan. Bila muncul tunas-tunas kecil di tempat lain cukup ambil dan tanam di tempat yang kamu inginkan!

11. Ludwigia Repens

Ludwigia Repens

Tanaman yang memiliki batang, serta daun yang didominasi dengan warna merah ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang baru menekuni dunia aquascaping. Selain berbentuk cantik dengan warna yang menarik, harga dari Ludwigia repens ini pun tergolong murah.

Selain itu tanaman ini cocok menjadi salah satu tanaman penghias sudut-sudut kosong di dalam aquascape yang kamu punya. Namun tentu hati-hati karena tanaman ini memiliki warna yang mencolok, bila salah penempatan bisa-bisa malah menjadi pengalih perhatian.

Tanaman ini diketahui bisa tumbuh hingga 20-30 cm tergantung dari perlakuan yang kamu berikan. Bila sudah terlalu tinggi dan melebihi batas permukaan air, cukup memotongnya saja kok tanpa harus memberikan perlakuan khusus.

12. Anubias

Anubias

Anubias merupakan salah satu jenis tanaman aquascape yang mudah tumbuh, sehingga di seluruh dunia pun menjadi salah satu yang paling disukai. Selain itu tanaman ini bila sudah tumbuh cukup lebat seringkali menjadi tempat persembunyian dari ikan-ikan kecil.

Pada beberapa jenis dan setting tertentu, misalnya bila kamu membuat aquascape paludarium, tumbuhan ini diketahui bisa menumbuhkan bunga cantik yang berwarna putih. Nah yang jelas, tanaman ini pun relatif mudah ya untuk ditumbuhkan di dalam aquascape.

Selain itu kamu bisa mencari tanaman Anubias ini dengan mudah dimana-mana, bila sulit tentu kamu bisa pula mencarinya di toko-toko online. Harga yang ditawarkan untuk setiap tanamannya pun murah kok, tidak sampai 10 ribu rupiah.

13. Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears

Tanaman ini diketahui sebagai salah satu tanaman terkecil alias termungil yang bisa kamu tanam di dalam aquascape. Karena ukurannya yang kecil, dwarf baby tears ini seringkali ditanam sebagai dasar dari aquascape.

Bila ditanam dalam jumlah yang banyak tanaman ini bahkan bisa tampak sebagai rerumputan yang lebat. Sehingga tentu tanaman ini sangat cocok bila kamu ingin membuat aquascape dengan tema-tema tertentu.

Selain itu tentu saja yang terpenting, tanaman ini tergolong ke dalam tanaman aquascape yang sangat mudah untuk ditumbuhkan. Lebih lanjut lagi tanaman ini pun bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang murah.

Fakhri Zahir

Penulis berpengalaman yang mengisi banyak konten di website populer. Pegiat dunia agrikultur dan kedokteran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *