25 Inspirasi Tanaman Hias di Rumah

Salah satu fungsi tanaman yang sudah ada sejak zaman dahulu adalah fungsi estetika. Karena nyatanya bentuk dan jenis tanaman yang bermacam-macam memang bisa memanjakan mata dan mengisi ruang-ruang kosong.

Mulai dari skala rumah hingga skala kantoran dan hotel, tanaman hias selalu bisa menjadi pendamping furnitur dan pengisi ruang-ruang kosong yang ada di dalamnya. Menjadi pemanja mata dan tentu saja penarik perhatian.

Belum lagi di Indonesia, ada banyak ragam tanaman yang diketahui masing-masingnya memiliki keindahan, warna, corak, wangi, yang seluruhnya tentu bisa menjadi pemanis ruangan. Apa sajakah itu?

1. Haworthia Fasciata

Haworthia Fasciata

Tanaman yang mirip-mirip dengan lidah buaya ini lazim dijadikan tanaman hias, dan dikenal luas dengan nama sukulen atau succulent. Selain mudah dalam perawatannya Haworthia fasciata ini juga terkenal mungil dan cantik.

Tanaman mungil yang dikenal sebagai tanaman zebra ini mulai populer terutama sejak tren sukulen mulai naik di Indonesia. Alasannya adalah, berbeda dengan aloe vera (yang juga bisa jadi tanaman sukulen), tanaman ini cenderung terus berukuran kecil.

Perawatannya yang mudah, warna dan bentuk yang cantik, membuat sukulen Haworthia fasciata cocok kamu letakkan di sudut-sudut ruang tamu, kamar tidur, ataupun pemanis di sudut kecil ruang belajar dan meja kerjamu!

2. Aloe Vera

Aloe Vera

Di Indonesia Aloe vera alias lidah buaya memang lebih populer digunakan sebagai salah satu bahan shampoo karena dipercaya dapat memperhitam, melebatkan, serta membuat rambut tampak jatuh alami dan lembab.

Namun kamu juga harus tahu kalauada beberapa varian lidah buaya yang sangat cocok dan cantik bila disandingkan bersama haworthia alias tanaman zebra untuk menjadi sukulen mungil di rumahmu.

Sama seperti sukulen tanaman zebra, sukulen lidah buaya ini bisa menjadi penghias di tempat-tempat kosong yang kecil di sudut-sudut rumahmu. Kamu bisa meletakkannya di meja tamu, ruang tidur, hingga di meja kerja ataupun meja belajarmu.

3. Aloe Albiflora

Aloe Albiflora

Masih satu keluarga dengan Aloe vera, Aloe albiflora juga merupakan family dari lidah buaya yang banyak dijadikan sebagai tanaman hias sukulen di seluruh dunia. Bentuknya yang mungil namun terdiri dari daun-daun keras yang panjang membuatnya tampak menarik.

Sayangnya tanaman ini agak sulit dicari apabila dibandingkan dengan beberapa tanaman mini untuk dijadikan sukulen. Meski sulit dicari tapi perawatannya tetap mudah kok, kamu cukup menyemprotnya secara rutin, dan cukup matahari saja.

Nah untuk peletakkannya sendiri, tanaman ini sama seperti sukulen lainnya. Bisa kamu taruh di ruang-ruang kosong yang cukup sempit. Misalnya di meja tamu, meja belajar, meja kerja, ataupun bahkan di ruang makan dan dapur.

4. Sanseveira / Snake Plant

Sanseveira / Snake Plant

Tanaman yang di luar negeri dikenal dengan snake plant (baca: lidah mertua dalam bahasa Indonesia) ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang menurut kami awet tak lekang oleh zaman.

Kamu yang masih punya kakek nenek berusia 80 tahunan (saat ini) saja pasti setidaknya pernah satu kali melihat jenis tanaman ini di rumah mereka. Alasannya sederhana, karena selain cantik, simple, tanaman ini relatif minim perawatan.

Cukup letakkan tanaman ini di dekat jendela dan kamu bisa menyiramnya 1-2 kali seminggu. Adapaun tempatnya, kamu bisa meletakkan tanaman ini di atas meja saat usianya masih kecil, dan bisa memindahkannya ke pot yang lebih besar untuk ditaruh di samping meja televisi atau lemari kecil misalnya.

5. Sirih Gading

Sirih Gading

Tanaman merambat yang hidup semi epifit, alias menumpang dengan tumbuhan lainnya ini banyak digunakan secara luas sebagai bahan untuk desain interior. Karena memang sirih gading ini memiliki kecantikan yang khas.

Nah menariknya tanaman ini bisa ditanam di dalam pot ataupun dibiarkan merambat di dinding misalnya. Bila ditanamdi pot biasanya ukuran daunnya akan cenderung mungil, namun bila dibiarkan merambat, ia bisa tumbuh hingga bermeter-meter.

Penempatannya tentu saja bisa disesuaikan, bila ingin ditanam di pot kamu bisa meletakkan tanaman ini di ruang tamu, di atas lemari televisi, ataupun menjadi penghias di pot besar yang bisa kamu letakkan di samping lemari atau meja dapur.

6. Gymnocalycium

Gymnocalycium

Tergolong ke dalam kaktus mini, Gymnocalycium merupakan salah satu tanaman hias impor yang menjadi incaran para kolektor. Tidak heran kalau tanaman kaktus nan cantik ini bisa dihargai jutaan rupiah.

Tanaman ini cocok dijadikan tanaman sukulen yang diletakkan di sudut-sudut rumah dan bahkan di dalam kamar tidurmu. Apalagi perawatannya sangat mudah, tidak membutuhkan banyak air, selama terpapar sinar matahari sudah cukup kok.

Namun memang sih kalau belum minat ke sana, pasti kamu akan pusing bila menemukan Gymnocalycium yang berharga jutaan rupiah. Mau bagaimana lagi, namanya juga tanaman hias kolektor!

7. Ball Cactus

Ball Cactus

Nah bila umumnya kaktus yang dijadikan sukulen berbentuk lonjong ataupun dengan banyak daun, parodia menjadi salah satu pilihan inspirasi tanaman hias untuk kamu karena bentuknya yang sangat unik.

Bentuknya yang bulat-bulat, dan bila sukses kamu bisa menikmati bunga yang berwarna kuning di bagian pucuknya. Tentunya hal ini akan menarik perhatian bagi para tamu dan teman-teman yang bermain ke rumahmu.

Letakkan bunga ini di bagian ruang tamu, di tempat terbuka dan pasti tamu-tamu yang hadir ke rumahmu akan memujimu. Bila tidak kamu pun bisa meletakkan tanaman ini di ruang belajarmu sebagai pemanis mata.

8. Kaktus Stapelia Glanduliflora

Kaktus Stapelia Glanduliflora

Diantara berbagai macam jenis tanaman kaktus, stapelia boleh dikatakan merupakan salah satu primadona yang cukup dicari oleh banyak orang. Selain bisa dijadikan tanaman hias mini di dalam rumah, kaktus stapelia juga seringkali dijadikan hiasan tanaman hias outdoor.

Perawatannya tentu saja tidak jauh berbeda dengan kaktus lainnya, cukup berikan ruangan dengan paparan sinar matahari yang cukup baik dan tidak perlu terlalu sering menyiram, maka tanaman ini akan menumbuhkan bunga yang cantik.

Kamu bisa menanam tanaman ini di pot panjang untuk menjadi tanaman hias di luar rumah, atau bisa menanam stapelia di dalam pot berukuran kecil untuk menjadi tanaman hias yang bisa kamu letakkan di meja tamu atau sudut-sudut rumah.

9. Kaktus Mini Astrophytum

Kaktus Mini Astrophytum

Kaktus mini yang satu ini memiliki ciri khas daun yang membentuk bintang, dan harganya pun disesuaikan dengan jumlahnya. Misalnya saja untuk kaktus dengan 5 ribs seperti gambar di atas biasanya dijual dengan harga 50 sampai 200 ribu rupiah.

Lagi-lagi kaktus jenis ini cocok dijadikan sebagai tanaman sukulen yang bisa mempercantik ruang-ruang kecil yang ada di dalam rumahmu. Bisa dijadikan tanaman hias di atas meja kerja hingga di ruang tamu.

Perawatannya pun lagi-lagi tidak terlalu sulit, selama mendapatkan cukup sinar matahari, dan tidak perlu terlalu sering disiram, maka tanaman ini akan baik-baik saja. Semudah itu dan kamu akan mempercantik rumahmu!

10. Jenggot Musa / Spanish Moss

Jenggot Musa / Spanish Moss

Tanaman yang unik ini dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu pilihan tanaman hias yang bisa dikembangkan sendiri di rumah. Apalagi perawatannya juga sangat mudah dan cenderung tidak membutuhkan banyak keahlian.

Cukup meletakkan jenggot musa di tempat yang terpapar sinar matahari, dengan posisi tergantung, dan cukup siram 2 hingga 3 kali saja dalam seminggu maka tanaman ini akan tumbuh dengan lebat.

Peletakkannya tentu saja harus di luar rumah, karena pertumbuhannya yang tergolong cepat. Bahkan dalam skala yang lebih besar, misalnya di hotel, ada beberapa hotel yang menanam jenggot musa di dinding-dindingnya sehingga seluruhnya nyaris tertutup tanaman ini!

11. Monstera  / Swiss Cheese Plant

Monstera / Swiss Cheese Plant

Tergabung ke dalam famili Philodendron, monstera merupakan salah satu tanaman hias kekinian yang baru belakangan ini naik daun. Terutama bila dibandingkan dengan beberapa saudaranya di dalam famili Philodendron.

Tanaman hias ini lagi-lagi cukup mudah dirawat, dan tidak memerlukan berbagai pupuk serta nutrisi khusus agar bisa berkembang. Ukurannya yang besar, serta dengan daun yang sangat unik, dimana memiliki pola ‘jarang-jarang’ yang berbeda-beda untuk setiap pohonnya.

Bahkan ada beberapa jenis yang memiliki pola daun bolong-bolong yang sangat khas. Kamu bisa meletakkan tanaman ini di samping sofa ataupun sebagai tanaman hias outdoor. Tapi hati-hati ya terutama untuk hewan peliharaan dan bila kamu memiliki anak kecil, karena daun tanaman ini bila dimakan dalam jumlah besar bisa menyebabkan keracunan lho.

12. Congo Rojo

Congo Rojo

Masih satu famili dengan monstrea, congo rojo merupakan salah satu philodendron yang cukup diburu oleh para pecinta tanaman hias. Karena selain mudah dirawat, perpaduan warna merah di batang dan hijau daun congo rojo menjadi daya tarik tersendiri.

Daun-daunnya pun cenderung berukuran sedang hingga besar. Sehingga tanaman ini cocok bila dijadikan hiasan di dalam rumah ataupun menjadi tanaman hias yang kamu letakkan di luar rumah alias outdoor.

Perawatannya sebagaimana jenis philodendron lainnya, tidak terlalu sulit. Cukup melakukan penyiraman atuapun penyemprotan di bagian bawah tanaman ini secara rutin 2-3 kali seminggu sudah cukup kok!

13. Sirih Belanda

Sirih Belanda

Tanaman yang memiliki nama latin Philodendrons scadens variegata ini juga merupakan salah satu jenis tanaman hias dari famili philodendron yang dicari banyak orang, dan memang banyak direkomendasikan oleh ahli tata ruang dan per-taman-an.

Untuk alasan yang sama, dimana tanaman ini relatif mudah dan cukup bandel sehingga tidak membutuhkan banyak uang dalam perawatannya, membuat sirih belanda kami rekomendasikan di dalam daftar ini.

Nah kamu bisa menanam tanaman ini di dalam pot kecil untuk diletakkan di meja ataupun sudut-sudut rumah, ataupun dibiarkan merambat hingga tumbuh tinggi dan membesar untuk dijadikan tanaman hias outdoor.

14. Peace Lily

Peace Lily

Selain memiliki bunga yang cantik-cantik bila bermekaran, peace lily juga diketahui sebagai salah satu tanaman hias dalam rumah yang memiliki manfaat sebagai air purifier alami. Artinya ya selain cantik, tanaman ini bisa menyehatkan juga loh!

Tanaman ini bisa tumbuh hingga besar sekitar 80-120 cm bergantung dari jenis dan caramu merawat tanaman ini. Meski demikian tanaman peace lily diketahui sebagai salah satu tanaman hias di rumah yang sangat mudah dirawat.

Selain itu ketika sedang berbunga, tanaman ini bisa mempertahankan bunga mereka dalam jangka waktu yang cukup panjang yakni sekitar 2 bulan dan bahkan lebih. Hmm dengan segala kelebihannya, kami pikir tanaman ini cocok kamu jadikan tanaman hias di dalam rumahmu.

15. Lavender

Lavender

Kalau tanaman hias yang satu ini sih barangkali hampir semua orang sudah tahu. Apalagi produk dari olahan bunga lavender sudah sejak lama digunakan menjadi produk anti nyamuk berbahan alami.

Pun bunga lavender yang secara alamiah memang bisa digunakan sebagai bunga pengusir nyamuk, namun wanginya justru memberikan efek relaksasi maksimal bagi manusia yang menciumnya.

Tidak heran bila tanaman ini bisa kamu tanam di rumahmu, kamu bisa letakkan di meja tamu, di ruang makan, hingga di ruang belajar dan ruang tidurmu. Lagi-lagi untuk perawatannya pun tidak terlalu sulit, jadi jangan ragu untuk membeli tanaman ini ya.

16. Chrysantemum atau Bunga Krisan

Chrysantemum atau Bunga Krisan

Bunga krisan merupakan salah satu tanaman hias yang paling sering ditanam di rumah-rumah masyarakat di Indonesia. Alasannya, karena selain harganya murah perawatan dari bunga krisan pun terbilang cukup mudah dan murah pula.

Selain itu kamu juga bisa memilih beragam jenis bunga krisan sesuai dengan kesukaan dan seleramu. Kamu bisa membeli bunga krisan pompom yang berbentuk bulat, krisan anemone yang menyerupai bunga aster, hingga krisan daisy dan krisan spider.

Masing-masing dari jenis bunga krisan ini memiliki ciri khas baik dari segi bentuk ataupun dari segi warna yang berbeda-beda. Yang jelas untuk bunga krisan ini menurut kami sangat cocok bila kamu tanam di luar rumah.

17. Bonsai Adenium

Bonsai Adenium

Memang butuh keterampilan khusus untuk mengembangkan jenis bunga yang satu ini. Untuk memelihara bunga adenium yang berasal dari Arab dan China ini saja sudah sulit, apalagi membuat karya seni semacam bonsai.

Bagi kamu yang ingin menjadikan bonsai sebagai salah satu inspirasi tanaman hias di rumah, tentu sah-sah saja. Akan tetapi boleh kamu coba pikirkan lagi mengenai waktu yang harus kamu habiskan untuk merawat tanaman ini.

Tanaman ini akan sangat cantik bila kamu letakkan di ruang tamu, tapi tentu saja butuh perawatan yang ekstra sabar. Selain itu bila memutuskan untuk membeli adenium bonsai yang sudah jadi, tentu harus kamu keluarkan uang yang tidak sedikit.

18. Bonsai Azalea

Bonsai Azalea

Sama seperti adenium, barangkali untuk menanam bunga Azalea bukanlah hal yang terlalu rumit. Apalagi bila kamu memang seorang yang menyukai bunga-bungaan. Namun tantangannya bisa kah kamu membuat bunga bonsai dari azalea.

Harus bisa! Bila kamu sukses merawat bunga azalea dan membentuknya sehingga menjadi bonsai yang cantik, tentu bonsai azalea ini amat layak untuk kamu letakkan di ruang tamu, atau bahkan dibuat di dalam kotak kacanya sendiri.

Lagi-lagi sama seperti bonsai adenium, bila ingin membentuknya sendiri bisa saja. Namun membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan perawatan yang cukup rumit. Bila ingin membeli pun bisa saja, namun tentu membutuhkan uang yang lumayan dibandingkan harus membeli tanaman hias lainnya.

19. Bonsai Beringin

Bonsai Beringin

Kalau yang satu ini sih barangkali sudah cukup kesohor, apalagi di daerah Asia Timur seperti China, Korea Selatan, apalagi Jepang. Karena memang bonsai cemara memiliki kecantikannya tersendiri.

Lebih-lebih dibandingkan bonsai adenium dan bonsai azalea, untuk bisa menumbuhkan bonsai cemara tentu kamu harus menginvestasikan waktumu jauh lebih besar lagi. Karena bonsai cemara memiliki waktu tumbuh relatif lebih lama dibandingkan dengan bonsai adenium dan azalea.

Namun hasil yang didapatkan pun sebanding kok, apalagi bonsai jenis ini bisa tumbuh agak besar, sehingga bisa kamu letakkan pula di luar rumah. Intinya sih tetap berkreasi sesuai dengan keinginanmu sang pemilik.

20. Bonsai Cemara Udang

Bonsai Cemara Udang

Kalau tanaman bonsai yang satu ini sih menurut kami sudah tidak perlu ditanya-tanya lagi karena memang merupakan salah satu primadona bonsai yang paling cantik, namun sekali lagi tentu termasuk yang paling sulit.

Apalagi bila ingin menumbuhkan bonsai cemara udang hingga berbentuk cantik, tentu dibutuhkan perawatan yang tidak murah dan waktu yang tidak sedikit. Karena toh cemara pun memiliki waktu tumbuh yang relatif panjang.

Tapi bila sudah jadi, tentu tanaman cemara udang ini sangat cocok diletakkan dimanapun di dalam rumahmu. Apalagi bila ingin dipamerkan kepada para tamu, tentu kamu bisa meletakkannya di ruang tamu!

21. Anggrek Cattleya

Anggrek Cattleya

Diantara semua jenis anggrek, anggrek Katelia merupakan salah satu yang paling banyak ditemui di rumah-rumah. Anggrek jenis ini juga diketahui sebagai salah satu jenis yang cocok untuk kamu tanam bila kamu masih dalam tahap belajar.

Anggrek Katelia biasanya membutuhkan cahaya matahari yang tidak terlalu banyak dan umumnya akan tumbuh baik pada temperatur 15-35oC. Meski demikian kamu perlu melakukan penyiraman setidaknya dua kali sehari.

Selain itu kamu pun harus rajin melakukan penggantian media tanam dalam 1-2 tahun sekali, melakukan pemupukan serta menambahkan penyubur agar anggrek bisa tumbuh dengan cantik. Kalau dibandingkan dengan beberapa tanaman hias sebelumnya sih memang relatif lebih sulit ya.

Bila sudah tumbuh subur, anggrek Katelia bisa kamu jadikan pajangan yang indah di luar rumah. Kamu bisa menanamnya di dalam pot tanah liat ataupun digantungkan di pohon, yah intinya sih tanaman ini cocok menjadi tanaman hias outdoor.

22. Anggrek Bulan

Anggrek Bulan

Anggrek bulan merupakan salah satu anggrek yang merupakan asli Indonesia dan terkenal sebagai butterfly orchid di luar negeri. Di seluruh dunia anggrek jenis ini boleh dibilang sudah menjadi primadona yang memiliki penggemarnya sendiri.

Saat ini kamu bisa mendapatkan bibit anggrek bulan dengan harga yang relatif murah yakni Rp 10.000,- an per pot nya. Nah tantangannya adalah tentu saja untuk membesarkannya, yang lagi-lagi membutuhkan kesabaran.

Bila sudah tumbuh bunganya, kamu bisa meletakkan anggrek bulan di luar ataupun menjadi pajangan di meja. Namun permasalahannya adalah, kamu harus rutin menyiramkan air. Oleh karena itu seringkali tanaman seperti anggrek bunga dijadikan pajangan dalam special occasion saja.

23. Anggrek Vanda

Anggrek Vanda

Anggrek yang menjadi bunga nasional negara Singapura ini menurut kami merupakan salah satu jenis anggrek yang bisa kamu tanam di rumah sebagai tanaman hias. Tapi sekali lagi, anggrek memang merupakan tanaman yang cukup sulit untuk berbunga.

Intinya, sama seperti anggrek bulan dan jenis-jenis anggrek lainnya. Bila memutuskan untuk memelihara anggrek Vanda kamu harus mendedikasikan banyak waktumu untuk tanaman ini. Boleh dibilang anggrek memang tergolong tanaman yang lumayan manja.

Nah untuk penempatannya pun memang lazimnya ditaruh di luar. Namun anggrek menurut kami bisa dijadikan hiasan untuk acara-acara istimewa yang diadakan di rumahmu. Misalnya pada acara lamaran, pengajian rutin, arisan, dan acara-acara lainnya.

24. Tachyandra

Tachyandra

Tanaman ini memang belum lazim menjadi tanaman hias di Indonesia, karena toh memang asalnya pun asli dari dataran Afrika terutama dari daerah Yaman dan Madagaskar, serta banyak yang merupakan spesies endemic Afrika Selatan.

Nah jenis yang ada pun beragam, namun seluruhnya memiliki ciri khas daun yang ‘meringkel’ seperti spiral. Beberapa jenis ada yang lebar, ada yang sehelai-sehelai, ada pula yang cukup tebal. Intinya sih beda jenis beda bentuk, namun ciri khas spiral tetap ada.

Tanaman jenis ini bisa kamu jadikan tanaman hias di dalam rumah, hingga bisa kamu jadikan tanaman sukulen atau bahkan terrarium. Artinya kamu bisa meletakkan tanaman ini di sudut-sudut sempit rumahmu.

25. Hoya

Hoya

Tanaman yang berasal dari dataran Asia Timur ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang menurut kami cukup unik, terutama dari segi penampilannya. Daunnya yang mengkilat mengesankan tanaman ini seperti tanaman bohong-bohongan. Bahkan ada beberapa jenis yang disebut sebagai tanaman lilin karena daunnya yang licin seperti diberikan lilin.

Selain itu daunnya yang tebal-tebal pun membuat tanaman Hoya ini menjadi salah satu tanaman unik yang perlu kamu tanam di rumahmu. Tanaman ini sendiri bisa tumbuh mini bila kamu letakkan di dalam pot kecil, namun bisa tumbuh hingga besar untuk dijadikan tanaman hias di luar ruangan loh.

Nah peruntukkannya sebagaimana kamu ingin menanamnya, bisa ditaruh di luar ruangan dan bisa pula ditaruh di dalam ruangan. Intinya sih kamu cukup menyesuaikan saja dan merawatnya sesuai dengan keinginanmu ya.

Fakhri Zahir

Penulis berpengalaman yang mengisi banyak konten di website populer. Pegiat dunia agrikultur dan kedokteran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *