Fakta-Fakta Bunga Bangkai, Wajib Tahu!

Negara Indonesia terkenal dengan negara tropis yang memiliki kekayaan keanekaragaman flora dan fauna yang unik-unik serta melimpah yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia.

Terdapat tidak kurang dari 47 jenis ekosistem alam yang khas, hingga sekitar 30 ribu jumlah spesies tumbuhan berbunga dari seluruh dunia. Salah satu diantaranya ialah Bunga Bangkai atau dengan nama latinnya Amorphophalus Titanium.

Mengapa dinamakan bunga bangkai? Tentu ini dikarenakan ia memiliki aroma yang begitu menyengat bagaikan bangkai binatang yang telah mati membusuk. Bunga ini memiliki ukuran yang besar dan daun yang kecil. Menariknya lagi, bunga ini sering dianggap sama dengan Rafflesia Arnoldi padahal keduanya jelas berbeda.


1. Perbedaan Bunga Bangkai dan Rafflesia Arnoldi

Hanya sedikit orang yang mengetahui fakta tentang bunga bangkai (Amorphophalus Titanium), serta masih banyak yang mengira kalau bunga bangkai sama dengan Rafflesia Arnoldi.

PerbedaanBunga RafflesiaBunga Bangkai
Nama Latin yang BerbedaBunga Rafflesia memiliki nama latin Rafflesia Arnoldii. Di Indonesia ada beberapa jenis bunga Rafflesia yang ditemukan di daerah pulau Sumatera, yaitu Rafflesia Arnoldii, Rafflesia Gadutensis, Rafflesia Hasselti dan Rafflesia Bengkuluensis.Bunga Bangkai memiliki nama latin Amorphophallus dan ragam jenisnya banyak sekali, namun yang paling terkenal ialah Amorphophallus Titanium, lalu ada Amorphophallus Gigas, Amorphophallus Moeleri dan Amorphophallus Variabilis.
Bentuk Tanaman Sangat BerbedaBunga Rafflesia memiliki bentuk yang tidak menjulang ke atas namun melebar ke samping. Ia memiliki lubang yang besar di tengah, dan kelopaknya indah serta memiliki warna merah bata.Bunga ini berukuran raksasa yang memiliki tonggol (spadix), atau bagian yang menjulang tinggi ke atas. Bagian pelindung yang mekar disebut braktea.
Golongan Tumbuhan yang BerbedaBunga Rafflesia merupakan golongan tumbuhan parasit yakni menyerap nutrisi tanaman induk atau tanaman inangnya. Bunga rafflesia berasal dari marga Rafflesiaceae dan termasuk sejenis tumbuhan pemanjat dari keluarga anggur-angguran.Bunga yang berasal dari keluarga talas-talasan dan merupakan bunga yang mandiri. Bunga bangkai bisa hidup secara mandiri karena memiliki batang, umbi dan akar sendiri, serta bisa mencari makan sendiri alias tidak hidup bergantung dari pohon induk / inang.
Ukuran BungaMemiliki diameter lebar yang bervariasi tergantung jenisnya. Diameter jenis Rafflesia Arnoldi bisa mencapai 1 meter, dan untuk jenis Rafflesia Patma biasanya memiliki diameter 35 hingga 40 cm.Pada saat bunga bangkai mekar, bunga ini memiliki tinggi yang mencapai 2,5 meter dengan lebar 1,5 meter.
Jenis KelaminDalam satu Bunga Rafflesia, ada dua jenis kelamin yang biasa disebut dengan bunga berumah dua.Pada bunga bangkai, jenis kelaminnya terpisah. Ada bunga yang berjenis kelamin jantan, dan ada bunga berjenis kelamin betina.
Cara Berkembang BiakBunga Rafflesia dapat tumbuh dengan biji hasil dari pembuahan jantan dan betina. Namun, biji tersebut sulit ditemukan karena pembuahan sendiri haruslah terjadi pada satu tanaman disaat mekar.Bunga bangkai dapat tumbuh melalui biji bunga dan juga melalui umbi. Bunga bangkai yang tumbuh dari biji akan lebih lama tumbuhnya dibandingkan yang tumbuh dari umbi, karena biji perlu puluhan tahun untuk tumbuh dan berbunga, namun umbi akan lebih cepat tergantung dari usia dari umbi yang ditemukan di hutan.

rafflesia arnoldi vs bunga bangkai

Sekarang kalian sudah mengetahui perbedaan dari bunga bangkai dengan bunga rafflesia (yang jelas-jelas berbeda). Kemiripannya hanya aromanya saja, yang seperti bangkai binatang yang telah membusuk.

Selanjutnya bagi kalian yang ingin lebih mengenal dan mengetahui tentang fakta-fakta sebenarnya tentang Bunga Bangkai (Amorphophallus Titanium), berikut adalah fakta-faktanya.


2. Spesies Bunga Bangkai

Dari 170 jenis spesies bunga bangkai yang ada di seluruh dunia, sekitar 25 jenisnya berasal dari Indonesia. Serta menurut informasi, ada 18 jenis spesies yang diantaranya bersifat endemik (di area tertentu saja) karena iklim Indonesia sangatlah cocok demi perkembangan dan pertumbuhan bunga bangkai.

Spesies Bunga Bangkai

Bunga bangkai Amorphophallus Titanium sangat terkenal di Indonesia. Ada delapan spesies yang menyebar di pulau Sumatera, lima spesies di pulau Jawa, tiga spesies di pulau Kalimantan, dan satu spesies yang tersebar di pulau Sulawesi.


3. Lokasi Tumbuh Bunga Bangkai

Bunga bangkai pertama kali ditemukan oleh seorang ahli dunia tumbuhan asal negara Italia yaitu Odoardo Beccari ketika berada di pulau Sumatera, yaitu tepatnya pada tahun 1878. Pada saat itu tentunya belum ada negara “Indonesia”, namun jenis spesies bunga bangkai yang ditemukan ini merupakan bunga tropis yang endemik.

Endemik disini berarti ia hanya ditemukan di wilayah geografis yang relatif kecil dan terbatas (eksklusif). Bunga bangkai merupakan tumbuhan endemik asal pulau Sumatera yang penyebarannya sampai ke daerah Bengkulu dan Lampung.

Lokasi Tumbuh Bunga Bangkai

Bunga bangkai dapat ditemukan pada hutan tropis Sumatera khususnya di ketinggian antara 120 hingga 365 meter di atas permukaan laut.

Guna kepentingan penelitian dan konservasi agar bunga ini tidak punah, maka bunga bangkai banyak ditanam dan dibudidayakan di beberapa tempat diluar pulau Sumatera.

Bahkan menurut informasi yang beredar, bunga bangkai dapat dibudidayakan serta dikoleksi pada 6000 kebun raya dan arboretum di luar negeri, tepatnya di daerah Eropa dan juga Amerika.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Asoka


4. Ukuran Bunga Bangkai

Bunga bangkai dapat tumbuh menjulang tinggi sampai tiga meter, dengan lebar bunga sekitar empat meter. Ukuran raksasa ini dapat terlihat dengan jelas apabila bunga bangkai sedang mekar-mekarnya.

Ukuran Bunga Bangkai

Bunga bangkai terbesar yang pernah ditemukan memiliki tinggi 3,45 meter, dan ditemukan di daerah desa Tebak Monok, Kabupaten Kapahiang, Bengkulu.


5. Lama Tumbuh dan Mekar

Satu butir biji bunga bangkai membutuhkan waktu 20 hingga 40 tahun lamanya agar bunga bangkai dapat berbunga secara maksimal untuk pertama kalinya.

Namun dibalik lamanya waktu mekar tersebut, ketika bunga bangkai mekar waktunya hanya sebentar yakni selama 1 hingga 2 hari saja. Tak heran bunga bangkai ini begitu dilindungi pada saat mekar.

Lama Tumbuh dan Mekar Bunga Bangkai

Pada saat bunga bangkai menjelang mekar, suhu didalam bunga tersebut sangat panas, mencapai 50 hingga 60 derajat celcius. Tak heran apabila pada saat mekar, bunga ini akan mengeluarkan asap yang tidak lazim meskipun kondisi lingkungan di sekitar tanaman ini sangat dingin.


6. Bentuk Fisik Pertumbuhan Bunga Bangkai

Bunga bangkai memiliki bentuk fisik yang sangat besar apabila dibandingkan dengan jenis bunga-bunga lain di dunia ini.

Bunga bangkai merupakan jenis tanaman yang memiliki umbi atau batang penyimpanan di dalam tanah. Umbi ini biasa disebut corm dan bisa tumbuh besar hingga memiliki bobot sebesar 75 kg hingga 113 kg.

Kemudian, warna kelopak bunga bangkai selalu berbeda dari antara satu dengan bunga bangkai lainnya. Warnanya pun beranekaragam, seperti warna merah hati, oranye, merah dadu dan kehijauan. Pernah suatu ketika, bagian tengah bunga bangkai (yang menjulang tinggi ke atas) berwarna keunguan, agak putih serta kuning.

Bentuk Fisik Pertumbuhan Bunga Bangkai

Untuk pertumbuhannya, bunga ini mengalami dua fase di dalam hidupnya yang berlangsung secara bergantian dan terus-menerus, yakni fase vegetatif dan fase generatif.

Pada fase vegetatif, di atas umbi tanaman tumbuh batang tunggal dan memiliki daun yang mirip daun buah pepaya, kemudian batang dan daun menjadi layu lalu menyisakan umbi di dalam tanah. Untuk fase generatifnya, akan munculnya bunga majemuk sebagai pengganti batang dan daun yang layu.

Tentunya kita semua harus bangga karena jenis spesies bunga bangkai yang berukuran besar ini menjadi tumbuhan endemik di pulau Sumatera, yakni Amorphophallus Titanium dan Amorphophallus Gigas.

Itulah beberapa fakta yang ada tentang bunga bangkai, dengan mengenal berbagai fakta tentang bunga bangkai semoga kalian makin merasa bangga akan tanah air, lantaran sebagian besar bunga bangkai ini bermukim di negara Indonesia yang kita cintai dengan sepenuh hati ini.

Dimas

Menyajikan konten berisi panduan menanam, informasi, dan fakta unik seputar tanaman di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *