Cara Menanam Strawberry di Pekarangan Rumah Anda

Rasa asam masin segar pada buah strawberry menjadikan buah ini idola dan pohonnya banyak ditemui di dataran tinggi. Namun apakah Anda tahu kalau cara menanam strawberry tidaklah sulit dan bisa ditanam di pekarangan rumah Anda baik itu di lahan kebun ataupun menggunakan polybag dan pot.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam panduan cara menanam strawberry kali ini. Mulai dari pemilihan bibit, bagaimana mengolah media tanam, proses penanaman dan pemeliharaan tanaman dan masa panen tanaman strawberry.

Langkah langkah praktis ini bisa Anda gunakan untuk melakukan budidaya strawberry di pekarangan rumah Anda sendiri tanpa ribet.


1. Penuhi Semua Syarat Tumbuh Strawbery

Sebelum mulai apapun, pastikan anda sudah memenuhi semua persyaratan tumbuh Strawberry. Kalau tidak, semua bisa jadi sia-sia.

  • Strawberry membutuhkan panas matahari kurang lebih 10 jam dalam satu hari.
  • Curah hujan yang dibutuhkan adalah 600-800 mm/tahun.
  • Suhu udara tidak lebih dari 20 derajat celcius.
  • Kelembaban udara yang dibutuhkan adalah 80% – 90%.
  • Lokasi menanam ada di ketinggian 900 – 2000 meter diatas permukaan laut.

Setelah bagian awal ini sudah Anda lalui dengan baik, maka tahap selanjutnya adalah langkah utama dari tahapan budidaya strawberry supaya bisa menghasilkan panen yang sesuai harapan.


2. Pilih Bibit Strawberry

Memilih Bibit Strawberry

Ini adalah langkah awal dan yang terpenting dari tahapan berikutnya. Bibit yang berkualitas benar benar dibutuhkan untuk memastikan hasil panen bisa memiliki kualitas yang baik. Apabila pada tahapan ini Anda salah memilih bibit maka dipastikan akan mempengaruhi hasil panen strawberry Anda.

Bibit strawberry yang dibutuhkan adalah bibit yang anti hama dan penyakit. Selain itu bibit strawberry yang digunakan harus memiliki hasil panenyang berlimpah dan memiliki pertumbuhan yang baik.

Sebaiknya dalam mencari bibit, Anda datang ke toko pertanian atau membelinya langsung dari petani strawberry untuk menghindari kesalahan pemilihan bibit ini.


3. Olah lahan

cara menanam strawberry di lahan

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan lahan yang akan dijadikan media tanam. Pada tahap ini Anda bisa menggunakan lahan pekarangan, polybag ataupun pot sebagai media penanaman strawberry. Yang terpenting adalah mempersiapkannya dengan baik.

Mengolah lahan pekarangan sebagai media tanam

Lahan dicangkul sedalam 30cm dan diamkan selama 1 minggu lamanya supaya racun yang ada di dalam tanah bisa hilang.
Tambahkan pupuk kandang untuk menambah kesuburan dan unsur hara dalam tanah untuk melengkapi nutrisi tanaman strawberry

Buat bedengan dengan lebar 1 meter dan tinggi sekitar 30cm. Untuk jarak antar bedengan diatur sekitar 50-60cm. Gunakan mulsa plastik untuk menutup bedengan.

Waktu pemasangan mulsa yang baik adalah pada siang hari agar dapat menutupi bedengan dengan baik. Buat lubang tanaman dengan diameter 8-10cm dan jarak antar lubang 30cm.

Mengolah pot atau polybag sebagai media tanam

Pada dasarnya menanam dengan menggunakan pot atau polybag sebagai media tanam tidak ada perbedaan. Hanya saja Anda disini harus mempersiapkan polybag atau pot dengan ukuran 5kg, atau Anda bisa juga menggunakan karung bekas dengan ukuran 5-10kg.

Siapkan tanah liat, pasir, pupuk kandang dan kapur yang akan dijadikan media tanam. Lalu campurkan tanah dan pupuk kandang dengan komposisi 1:4. Untuk bahan yang lain campurkan secukupnya.

Setelah semua bahan tercampur rata, masukkan ke dalam polybag, pot ataupun karung yang sudah Anda persiapkan sampai penuh.


4. Tanam Strawberry

cara menanam bibit strawberry

Masa penanaman dan perawatan strawberry cukup mempengaruhi hasil panen karena akan berpengaruh langsung ke kualitas tumbuhnya strawberry.

Waktu terbaik untuk menanam strawberry adaah pada pagi hari, ini dimaksudkan supaya saat melakukan penanaman, bibit tidak terlalu terkena paparan sinar matahari yang membuat tanaman menjadi layu.

Hati hati dalam memindahkan bibit supaya akar tidak rusak lalu masukkan ke bibit ke dalam lubang tanam yang sudah Anda persiapkan baik di bedengan ataupun di polybag.

Setelah itu segera tutup kembali dengan menggunakan tanah, atau bisa juga menggunakan abu gosok. Siram bibit yang baru saja ditanam secukupnya supaya bibit cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.


5. Rawat Tanaman Strawberry

Setelah ditanam, tanaman strawberry juga membutuhkan pemeliharan dan perawatan supaya bisa mendapatkan tanaman yang berkualitas baik. Pada tahapan ini Anda bisa melakukan langkah langkah perawatan sebagai berikut.

  • Lakukan penyiraman secara rutin, terutama apabila pada saat penanaman adalah musim kemarau.
  • Pada usia tanaman 20 hari, Anda bisa melakukan penyulaman supaya tanaman bisa tumbuh seragam.
  • Buang tanaman strawberry yang tidak tumbuh dengan baik pada masa ini.
  • Bersihkan media tanam dari tanaman tanaman yang mengganggu seperti gulma.
  • Lakukan pemupukan susulan secara bertahap supaya produktiitas tetap terjaga, Anda bisa melakukan pemupukan susulan setelah tanaman berusia 2 bulan menggunakan pupuk NPK dengan dosis 1:1:1
  • Lakukan pemangkasan sulur tanaman supaya tanaman bisa lekas berbuah dan produksi buah bisa semakin banyak.

6. Panen

panen Strawberry

Tanaman strawberry bisa dipanen setelah memasuki usia tanam 2 sampai 4 bulan. Setelah masa panen pertama ini, panen selanjutnya bisa Anda lakukan setiap 3 hari atau bisa juga 2 kali dalam satu minggu. Saat melakukan pemanenan Anda juga harus melihat kondisi buah, jangan sampai memanen terlalu dini atau terlalu tua.

Hati hati saat memanen strawberry, jangan sampai fisiknya rusak saat pemanenan. Cara melakukan pemetikan yang benar adalah dengan memotong tangkai buah menggunakan gunting buah, lalu cuci bersih buah strawberry segar ini untuk segera dikonsumsi.

Strawberry memiliki nilai ekonomis yang cukup bagus, Anda bisa menanam untuk konsumsi sendiri ataupun dijual kembali. Dengan menggunakan panduan cara menanam strawberry dari kami, Anda pun juga bisa melakukannya sendiri dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *