Cara Menanam Rumput Jepang Paling Mudah!

Ada cukup banyak jenis rumput yang biasa digunakan sebagai sarana untuk membuat taman menjadi lebih cantik. Salah satu jenis yang sangat populer dan banyak digunakan adalah rumput jepang.

Cara menanam rumput jepang juga terbilang cukup mudah dan tidak sulit dalam perawatannya. Inilah alasan kenapa rumput jepang sangat populer di Indonesia.

Rumput jenis ini memiliki tekstur yang kasar dan ukuran yang cukup pendek, selain itu rumput jepang memiliki daun yang kurus dan rapat sehingga sangat cocok untuk menghias taman rumah. Pesona inilah yang kemudian membuat rumput jepang menjadi sangat populer.

Dibandingkan dengan varian rumput yang lain, rumput jepang tergolong jenis yang membutuhkan perawatan ekstra. Kalau Anda tertarik untuk menanamnya dirumah, kali ini Kutanam akan memberikan tips dan trik cara menanam rumput jepang di rumah.

Cek juga: Cara Menanam Rumput Gajah Mini Yang Benar


1.  Memilih Bibit

Memilih Bibit Rumput Jepang

Bibit rumput jepang biasanya dijual per meter persegi atau terkadang dijual dalam bentuk bongkahan. Kalau Anda membeli bibit dalam bentuk permeter persegi, maka Anda tidak perlu repot hanya tinggal meletakkannya.

Namun kalau Anda membeli bibit dalam bentuk bongkahan maka ada beberapa hal khusus yang harus diperhatikan dalam memilih bibit yang akan Anda gunakan.

  • Bibit yang akan digunakan harus berwarna hijau segar
  • Bibit harus sehat, tidak terkena penyakit atau hama
  • Tidak layu dan memiliki tekstur yang keras

Cara memilah bibit rumput jepang

  • Bibit harus dipisah menjadi kumpulan kecil saja
  • Harus benar benar pastikan akar tanaman ikut terpisah dan tidak tercabut
  • Apabila tidak langsung digunakan sebaiknya letakkan dalam tempat tertutup yang tidak terkena sinar matahari langsung dan siram secara berkala supaya tetap segar.

Cek juga: Cara Benar Menanam Bunga Mawar


2. Mempersiapkan lahan

Mempersiapkan lahan

Ada beberapa tahapan yang harus Anda persiapkan dalam mempersiapkan lahan untuk ditanam rumput jepang.

  1. Persiapkan cangkul untuk menggemburkan lahan dan jangan lupa sesuaikan kedalamannya
  2. Ratakan permukaan tanah sampai benar benar merata
  3. Bersihkan batu dan sisa sisa rumput sampai benar benar bersih supaya tidak mengganggu pertumbuhan rumput jepang.
  4. Apabila tanah kurang gembur, Anda bisa menggunakan garpu supaya tanah bisa gembur sesuai keinginan
  5. Gunakan pupuk kandang dengan rasio 2:5 (pada setiap 2 meter taburkan 5kg pupuk kandang)
  6. Siram setiap hari selama 5-7 hari supaya pupuk dapat menyerap dengan baik dan media tanam siap untuk digunakan.

Baca: Cara Menanam Bunga Matahari


3. Proses tanam

cara menanam rumput jepang

Setelah bibit dan media tanam sudah siap untuk dipergunakan sekarang Anda sudah bisa masuk ke tahap berikutnya yaitu proses penanaman:

  1. Bibit yang akan ditanam sebaiknya disiram terlebih dahulu supaya bisa bersih dari kotoran.
  2. Waktu terbaik untuk menanam adalah saat sore hari dan mulai menjelang malam, ini dikarenakan kalau ditanam pada waktu pagi hari rumput akan rusak terkena sinar matahari disaat akar belum siap.
  3. Masukkan bibit rumput jepang ke dalam lubang dengan jarak sekitar 10×10 cm.
  4. Ratakan lubang dengan tanah segera setelah bibit dimasukkan.
  5. Siram bibit rumput jepang yang sudah dimasukkan dengan air bersih.
  6. Untuk selanjutnya penyiraman harus dilakukan rutin karena masih dalam fase awal penanaman.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Anggrek Yang Benar!


4. Perawatan

Cara menanam dan perawatan rumput jepang

Rumput jepang termasuk dalam jenis rumput yang agak cukup sulit dalam perawatannya, karena rumput jenis ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dan air yang cukup (dalam arti tidak boleh terlalu banyak atau kekurangan). Bisa dikatakan ini adalah tahapan yang sangat penting dalam perawatan dan pemeliharaan rumput jepang supaya dapat berkembang dengan optimal.

Penyiraman

Sebainya penyiraman dilakukan secara rutin pada waktu pagi dan sore hari. Kalau rumput berada pada fase awal penanaman, penyiraman sebaiknya dilakukan dengan berhati hati dengan menggunakan selang atau gembor supaya akar tidak rusak.

Pemupukan

Saat rumput sudah melewati fase awal penanaman atau berumur sekitar 2 minggu setelah penanaman, maka rumput sudah mulai bisa diberikan pupuk.

Anda bisa menggunakan pupuk urea dengan dosis sebanyak 1/2 kg pada lahan sebesar 10 meter persegi. Kalau ukurannya dibawah 10 meter persegi, dosis bisa seseuaikan dengan perbandingan yang tepat. Setelah rumput berumur 1,5 bulan, Anda bisa menggunakan pupuk TSP dengan menggunakan dosis yang sama.

Penyiangan

Singkirkan segera apabila ada rumput liar ataupun gulma yang tumbuh di sekitar lahan. Ini harus segera dilakukan supaya pertumbuhan rumput bisa optimal dan seragam. Hindarkan juga dari serangga kecil yang bisa merusak rumput, namun hindari penggunaan pestisida. Anda cukup menjaga lingkungan dan sanitasi supaya tetap bersih.

Pemangkasan

Saat rumput sudah memasuki umur 3 bulan, sebaiknya rumput mulai dipangkas supaya sinar matahari dapat mengenai akar rumput. Karena kalau sampai terlalu tinggi dikhawatirkan sinar matahari tidak akan bisa mengenai akar dan mengakibatkan rumput mulai berwarna kuning hingga kecoklatan. Pada fase ini rumput akan segera mati kalau tidak segera dipangkas.

Rumput jepang sangat cantik untuk menghiasai taman rumah, walaupun perawatannya harus benar benar teliti tapi usaha tidak akan sia sia.

Kalau Anda ingin menanam rumput jepang maka pastikan Anda memiliki waktu untuk melakukan perawatan yang cukup mudah seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa membantu Anda untuk memulai menanam rumput jepang di halaman rumah Anda!

Yoko Widito

Yoko adalah penulis profesional yang memiliki pengalaman menulis di berbagai media online dengan topik yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *