Cara Menanam Rumput Gajah Mini Yang Benar

Rumput gajah mini saat ini sedang menjadi tren tersendiri di kalangan pecinta taman yang dikarenakan cara menanam yang cukup mudah dan juga cara merawatnya juga cukup mudah.

Rumput jenis ini banyak dijadikan inspirasi pada model rumah minimalis, tidak mengejutkan karena rumput gajah mini juga menjadi sorotan pada dunia desain interior maupun eksterior.

Persepsi yang terlanjur salah saat ini adalah cara menanam dan merawat rumput gajah mini cukup sulit sehingga membutuhkan keahlian ataupun teknik khusus.

Padalah rumput jenis ini sangat mudah dan sederhana, baik penanaman ataupun perawatan. Bahkan apabila dibandingkan dengan rumput jepang, rumput gajah mini relatif lebih mudah perawatannya.

Nah bagi Anda yang penasaran dengan rumput gajah mini, kali ini Kutanam akan memberikan langkah demi langkah dalam menanam rumput gajah mini di pekarangan rumah anda.

Keunggulan rumput gajah mini:

  • Mudah dalam perawatannya
  • Bentuk fisiknya yang kecil dan mini yang membuat perawatannya sangat mudah
  • Memberikan kesan asri dan terlihat unik

Cek juga: Cara Menanam Rumput Jepang Paling Mudah!


Memilih Bibit Rumput Gajah Mini

Memilih Bibit Rumput Gajah Mini

Bibit rumput gajah mini banyak ditemukan di toko pertanian terdekat di kota Anda. Harga permeter perseginya sekitar Rp. 15.000,- sampai Rp. 20.000,-. Dimana untuk selanjutya Anda tinggal mengalikan saja berapa meter persegi taman yang ada di halaman rumah Anda.

Untuk pengerjaannya Anda tidak perlu repot, karena dalam penanamannya bisa Anda lakukan sendiri sehingga bisa mengirit biaya tanpa harus menyuruh orang dalam melakukannya.


Mempersiapkan lahan

Mempersiapkan lahan

Setelah Anda mendapatkan bibit rumput gajah mini, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan lahan.

  • Gemburkan tanah yang akan dijadikan media tanam rumput gajah mini dengan menggunakan cangkul.
  • Lakukan dengan kedalaman sekitar 5-10cm dan ratakan kembali setelah proses pertama ini selesai.
  • Apabila media tanam memiliki tanah yang sudah gembur dan cukup baik, Anda bisa langsung menanamnya.
  • Apabila media tanam gersang atau tandus, Anda bisa memberikan pupuk kandang supaya tanah mendapatkan nutrisi. Diamkan selama satu minggu sebelum Anda mulai menanam.
  • Namun apabila lahan yang sudah Anda siapkan belum ada tanahnya, Anda bisa membeli tanah urug yang khusus digunakan untuk tanam. Biasanya menggunakan latosol atau tanah merah. Jadi Anda tidak perlu repot dengan pemberian pupuk sebelum rumput gajah mini ditanam di media tanam.

Baca: Cara Menanam Kacang Tanah Yang Benar


Proses tanam

Proses tanam rumput gajah mini

Proses selanjutnya setelah Anda selesai mempersiapkan media tanam adalah proses tanam. Untuk mempermudah Anda, berikut ini adalah langkah yang harus Anda lakukan pada tahapan ini.

  • Penanaman sebaiknya dilakukan pada musim hujan supaya bisa mendapatkan air yang cukup banyak untuk mempercepat proses pertumbuhan.
  • Apabila menanam tidak pada musim hujan, Anda bisa melakukan penyiraman pada pagi dan sore supaya rumput gajah mini bisa mendapatkan supply air yang cukup.
  • Bibit yang sudah dipersiapkan sebelumnya bisa Anda potong menjadi lebih kecil lagi supaya bisa mendapatkan bibit lebih banyak.
  • Tancapkan rumput gajah mini ke tanah dengan menancapkan bagian perakarannya sehingga akar dapat terikat langsung dengan tanah.
  • Lakukan penanaman dengan pola zig zag supaya hasil yang didapatkan bisa sempurna.
  • Untuk jarak antar rumput, Anda bisa mengira ngira sendiri sesuai dengan keinginan Anda.
  • Untuk memastikan jalinan akar dan tanah, Anda bisa memukul pelan rumput gaah mini supaya akarnya benar benar masuk ke dalam tanah.
  • Anda bisa juga menggunakan balok kayu untuk meratakan tanah, caranya dengan menindihnya dengan balok kayu supaya tanah menjadi rata.

Baca: Cara Menanam Kacang Hijau Yang Benar


Perawatan Rumput Gajah Mini

Perawatan Rumput Gajah Mini

Setelah rumput gajah mini selesai Anda tentunya harus melakukan perawatan supaya rumput gajah mini bisa berkembang baik sesuai dengan harapan. Anda bisa melakukan langkah langkah berikut ini untuk merawat rumput gajah mini.

  • Setelah rumput gajah mini ditanam, jangan lupa untuk melakukan penyiraman pagi dan sore supaya memastikan rumput mendapatkan suplai air yang cukup.
  • Setelah usia 2 minggu, Anda bisa menambahkan pupuk urea dan NPK untuk merangsang pertumbuhan rumput gajah mini.
  • Usahakan tidak ada hewan seperti ayam yang berkeliaran di sekitar media tanam karena akan merusak tanah dan rumput yang akan mengganggu proses pertumbuhan.
  • Apabila keadaan ini tidak bisa dihindari, maka Anda bisa menggunakan blarak ataupun daun kelapa untuk menutup dan melindungi rumput gajah mini.
  • Pastkan rumput gajah mini bisa mendapatkan cahaya matahari yang cukup, karena kalau tidak maka rumput bisa tumbuh menjadi panjang tidak seperti yang diinginkan.
  • Apabila anda menemukan gulma, Anda bisa mencabut gulma hingga ke akar supaya tidak menggangu pertumbuhan rumput.
  • Hindari menginjak rumput secara langsung karena akan menghambar pertumbuhan. Ada baiknya selama masa penanaman dan pertumbuhan rumput, pejalan kaki diberikan akses lain supaya tidak mengganggu pertumbuhan rumput gajah mini.

Rumput ini bentuknya cukup unik dan saat rumput ini sudah tumbuh sempurna maka akan terlihat seperti hamparan karpet hijau yang membuat pandangan menjai nyaman.

Dengan panduan cara menanam rumput gajah mini dari kami, bukan hal tidak mungkin Anda bisa melakukannya sendiri dirumah untuk menambah kecantikan interior dan eksterior rumah Anda.

Yoko Widito

Yoko adalah penulis profesional yang memiliki pengalaman menulis di berbagai media online dengan topik yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *