Cara Menanam Lengkeng Supaya Cepat Berbuah

Lengkeng merupakan buah dengan banyak penggemar karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Cara menanam lengkeng juga cukup mudah sehingga cukup banyak yang membudidayakan tanaman ini di rumah.

Buah lengkeng yang memiliki nama latin Dinocarpus longan ini juga terkenal di berbagai negara. Tanaman yang berasal dari Cina ini biasa tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Rasanya sangat segar seperti buah leci, jadi tidak heran kalau banyak yang menyukai buah yang satu ini.

Lengkeng bisa ditanam di lahan khusus maupun di dalam pot dengan mudah. Nah, untuk Anda yang ingin menanam tanaman ini di halaman rumah, berikut ini kami bagikan cara menanam tanaman lengkeng yang benar.


1. Gunakan Bibit Berkualitas

Gunakan Bibit Berkualitas

Tanaman yang baik dan sehat berawal dari bibit yang berkualitas. Bibit yang berkualitas yaitu bibit yang bebas dari hama dan penyakit, kuat serta mampu menghasilkan buah lengkeng berkualitas tinggi. Terdapat beberapa cara untuk memperoleh bibit yang berkualitas yaitu dengan menggunakam biji, cangkok dan stek.

Biji

Pertumbuhan bibit dengan biji membutuhkan kesabaran yang tinggi karena memakan waktu yang cukup lama. Untuk menanam bibit dari biji, pilih biji yang berasal dari buah lengkeng tua.

Cangkok

Keunggulan dari sistem cangkok yaitu bisa memilih jenis indukan yang berkualitas tinggi. Mula-mula pilih tanaman yang produktif, sehat dan kuat. Persiapkan berbagai bahan seperti pisau/cutter, tanah, plastik, pupuk kompos dan tali.

Pilih batang yang masih muda untuk dicangkok. Kupas kulit bagian luar batang sedalam 2 sampai 4 cm. Kemudian tutup bagian tersebut dengan tanah yang bagian terluar ditutup plastik serta gunakan tali untuk merapatkan plastik tersebut. Berikan lubang pada plastik untuk memudahkan air masuk ke tanah. Akar akan tumbuh pada batang tersebut setelah 2 bulan.

Stek

Dengan cara stek, kita juga bisa mendapatkan tanaman lengkeng dengak kualitas tinggi. Pilih batang yang sudah tua dan potong diagonal pada batang yang memiliki panjang 15 sampai 20 cm. Selanjutnya tancapkan batang yang sudah dipotong tersebut ke tanah yang sudah disiapkan.


2. Persiapkan Lahan

Persiapan Lahan

Lahan yang bagus untuk menanam lengkeng yaitu lahan yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Lahan ini harus bersih dari rumput-rumput liar dan gulma. Sebelum menanam, buat lubang di lahan tersebut dan biarkan selama 2 hari terpapar sinar matahari. Untuk memastikan kandungan zat hara pada tanah, bisa diberikan pupuk dasar terlebih dahulu.


3. Rawat Pohon Lengkeng

Perawatan

Agar tanaman lengkeng mampu tumbuh dengan baik, harus dilakukan perawatan dengan baik. Siram tanaman 2 kali sehari dan pastikan bahwa tanah dalam keadaan lembab terutama pada saat musim kemarau. Namun, pada musim penghujan kendalikan jumlah air dalam tanaman agar tidak menggenang di sekitarnya. Pupuk diberikan setelah tanaman sudah besar dan diberikan satu kali sebulan.

Pemangkasan

Proses ini dilakukan untuk menghilangkan bagian-bagian tanaman yang cenderung tidak sehat dan kering. Potong cabang yang tidak produktif. Hal ini dilakukan juga agar seluruh bagian produktif tetap terkena sinar matahari dengan baik.

Membersihkan Gulma

Gulma perlu dibersihkan agar nutrisi tanaman tetap tercukupi. Cara membersihkan gulma yaitu dengan mencabutnya. Memang ada cara menggunakan cairan bahan kimia. Namun, hal ini bisa jadi mempengaruhi pertumbuhan tanaman karena gulma dan tanaman lengkeng tumbuh di tanah yang sama.

Memberantas Hama dan Penyakit

Hama yang biasa menyerang tanaman lengkeng ini yaitu embun jelaga dan ulat penghisap. Embun jelaga bisa diberantas dengan cara memotong ranting atau cabang tanaman yang terserang agar tidak semakin menyebar.

Ulat penghisap membuat daun menjadi hitam dan tidak bisa melakukan fotosintesis dengan baik. Cara memberantas ulat pengisap yaitu dengan memberikan insektisida.


4. Panen Buah Lengkeng

Panen lengkeng

Buah yang sudah matang sudah siap untuk dipanen. Proses panen sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu terik. Bah lengkeng yang siap dipanen memiliki ciri buah yang berwarna coklat tua, berusia 4 hingga 6 bulan sejak tumbuhnya bunga serta memiliki rasa yang manis.

Menanam lengkeng sebenarnya sangat mudah, Anda bisa melakukannya sendiri di halaman rumah. Yang terpenting dalam semua proses ini adalah pemilihan bibit, kalau ingin mendapatkan hasil panen yang bagus maka sebaiknya menggunakan bibit unggul yang sudah terbukti menghasilkan buah yang bagus. Selamat mencoba ya!

Yoko Widito

Yoko adalah penulis profesional yang memiliki pengalaman menulis di berbagai media online dengan topik yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *