Cara Menanam Kurma Supaya Cepat Berbuah

Kurma, buah yang identik dengan iklim kering, panas, dan bulan puasa. Buah ini dapat tumbuh dengan baik di ikum panas bahkan sangat panas, dan juga cukup fleksibel karena bisa ditanam di berbagai jenis tanah.

Itulah alasan kenapa banyak orang mulai melirik kurma untuk dibawa keluar dari habitat utamanya di timur tengah, yang memiliki iklim sangat ekstrim.

Cara menanam kurma sebenarnya mudah, mirip dengan kaktus yang bisa dibudidayakan di cuaca panas, serta curah hujan dan kelembaban rendah. Tapi, bukan berarti pohon kurma tidak butuh perawatan ya, pohon kurma tetap butuh perawatan seperti air dan pemupukan supaya mampu melakukan pembuahan dan menghasilkan panen yang baik.

Pada dasarnya ada sangat banyak jenis pohon kurma, tercatat ada lebih dari 1600 jenis kurma yang tersebar di seluruh dunia. Namun jenis yang paling terkenal adalah Kurma Lulu atau Kurma Madu yang harga jualnya sangat tinggi.

Banyak petani sudah membudidayakan pohon kurma ini, dan bisa mendapatkan keuntungan besar dengan waktu hanya setengah dari waktu panen kurma di negara asalnya. Ini semua berkat tanah yang lebih baik dan tercukupinya suplai air.

Tanpa berlama-lama, kali ini Kutanam akan membahas cara menanam kurma yang benar supaya dapat berkembang dengan baik sampai panen!


1. Persiapkan Bibit Pohon Kurma

Mempersiapkan bibit pohon kurma

Perkembangbiakan kurma adalah melalui proses generatif, jadi yang harus Anda lakukan adalah membuat kecambah dari biji. Biji kurma bisa Anda dapatkan dengan membeli dari petani kurma, beli di toko online, atau kumpulkan sendiri dari kurma yang sudah Anda konsumsi.

Namun sebelumnya Anda harus tahu jenis-jenis varietas unggul kurma yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran, seperti kurma ajwa, kurma khalas, deglet nour, khenaizi, zahidi, medjool dan khadrawi. Sedangkan Kurma sokari, silaj, bahri dan sekki adalah jenis yang biasa ditemui di Indonesia (harga jual relatif murah).

Untuk dapat memperoleh bibit dari biji yang bagus, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pisahkan biji dari buah kurma yang Anda beli di pasaran. Namun Anda harus persiapkan dalam jumlah yang banyak, karena kebanyakan dari biji yang ada adalah calon kurma jantan.
  2. Apabila kurma yang dibeli adalah satu kotak, maka buat semuanya menjadi pohon kurma. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan bibit betina akan semakin besar.
  3. Bersihkan biji dari sisa-sisa daging buah untuk memperbesar peluang keberhasilan biji kecambah.
  4. Di tahap ini Anda bisa menggunakan pasir halus untuk melakukan pembersihan.
  5. Setelah biji kurma benar-benar bersih, lakukan perendaman dengan menggunakan zat pengatur tumbuh (ZPT).
  6. Gunakan air bersih yang bebas dari zat berbahaya seperti kaporit. Pergantian air sebaiknya dilakukan setiap 24 jam sekali.

Sudah? Sekarang kita lanjut ke proses perkecambahan.

Baca: Cara menanam buah anggur yang benar


2. Mulai Proses Perkecambahan

perkecambahan kurma

Di tahap ini Anda bisa menyemainya langsung di media tanam, atau bisa juga dengan media tisu basah seperti tugas menanam kacang hijau jaman sekolah dulu. Lakukan langkah-langkah berikut:

Apabila penyemaian melalui media tisu basah

  1. Siapkan tisu yang sudah dibasahi.
  2. Siapkan wadah bersih untuk menaruh media.
  3. Letakkan biji kurma diatas media tisu basah, dan cek selalu kelembaban tisu.
  4. Apabila tisu mulai kering, tambahkan air supaya tetap lembab.
  5. Dalam 14 hari biasanya tunas sudah mulai tumbuh.

Apabila penyemaian langsung pada media tanam

  1. Gunakan campuran pasir, kompos dan cocopeat dengan perbandingan 2:1:1.
  2. Letakkan biji kurma langsung diatas media tanam.
  3. Dalam 14 hari biasanya tunas sudah mulai tumbuh.

Sudah paham? Selanjutnya kita beranjak ke pemeliharaan tanaman kurma.

Baca: Cara Menanam Pohon di Rumah


3. Pelihara Tanaman Kurma

kurma di pot

Apabila Anda melakukan pembibitan di tisu basah, maka pindahkan bibit ke media tanam setelah 14 hari, dimana tunas dan akar pertumbuhannya sudah mencapai 5-10 cm.

Apabila Anda melakukan penanaman langsung ke media tanam, Anda bisa menunggu sampai setinggi 20-30cm untuk kemudian dipindahkan ke media tanam berukuran lebih besar.

Letakkan tanaman kurma yang sudah mulai berkembang di luar ruangan supaya bisa beradaptasi dengan iklim sekitar. Tanaman kurma bisa diletakkan di tempat teduh supaya tetap aman dari gangguan angin, namun pastikan tanaman kurma mendapat sinar matahari yang cukup.

Jangan lupa siram tanaman kurma secara teratur supaya kelembaban terjaga, dan tanaman kurma bisa berkembang dengan baik.

Lihat: Cara Menanam Pepaya Yang Benar


4. Pindahkan Kurma ke Tanah

tanam kurma

Tahap selanjutnya adalah tahap penanaman kurma, pada tahap ini Anda harus benar-benar memastikan kalau tanaman kurma sudah cukup besar dan bisa dipindah ke tanah. Karena kalau terlalu dini, tanaman kurma akan mati saat pemindahan.

Buat lubang dengan ukuran 50-60cm dengan jarak antar bibitnya 5-6 meter. Jarak antar tanaman ini berguna supaya mereka tidak berebut zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Diamkan terlebih dahulu lubang yang sudah Anda buat selama 2 sampai 3 hari sebelum dimasukkan campuran pupuk. Nah setelah pupuk ini dimasukkan, baru kemudian bibit kurma bisa dimasukkan.

Cek juga: Cara menanam pohon alpukat!


5. Rawat Pohon Kurma

pohon kurma kuning

Perawatan pohon kurma terbilang tidak terlalu sulit, yang perlu Anda lakukan adalah rutin melakukan penyiraman dan bisa juga pemupukan susulan hingga tanaman kurma menjadi pohon dewasa.

Selanjutnya Anda tinggal menunggu proses penyerbukan, dimana angin dan serangga memegang peranan penting dalam perkawinan silang, yang nantinya menghasilkan buah kurma.


6. Panen

pohon kurma panen

Perbedaan antara pohon kurma jantan dan betina terletak pada bunganya. Di kurma betina, bunganya akan berbentuk seperti bunga pohon kelapa. Di pohon kurma jantan, bunga akan berwarna putih dan ukurannya lebih kecil, serta mengandung zat tepung.

Dalam proses pembuahan ini, anda harus benar-benar memperhatikan gangguan seperti lalat dan burung. Tetap lakukan pemberian pupuk, dan buang buah kurma yang terlihat jelek, supaya pertumbuhan buah lainnya bisa lebih optimal.

Untuk menghindarkan kurma dari gangguan, Anda bisa bungkus kurma supaya buah dapat berkembang sempurna, tanpa adanya gangguan hingga masa panen tiba.

Sebenarnya tidak terlalu sulit menanam kurma di Indonesia yang notabene jauh dari habitat aslinya. Yang diperlukan adalah ketelitian dalam melakukan penanaman supaya bisa berkembang dengan maksimal. Selamat budidaya kurma!

Yoko Widito

Yoko adalah penulis profesional yang memiliki pengalaman menulis di berbagai media online dengan topik yang beragam.

guest
18 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Valirrr ganal
Valirrr ganal
1 tahun yang lalu

Jadi kurma sukkari itu jenis biasa y

Zakaria
Zakaria
1 tahun yang lalu

Salam kenal dari Zaka.
Saya ada tanan pohon kurma dihalaman rumah.
Umurnya sudah 21 tahun dan tingginya sekitar 7 meter. Pohonnya tumbuh subur dan selalu dirawat sehingga bersih.
Yang menjadi kendala belum pernah berbunga dan saya tidak tahu pohon ini betina atau jantan. Mohon penjelasan nya.
Sekian dan terima kasih .

Pardamean Sihotang
Pardamean Sihotang
1 tahun yang lalu

Saya kepinggin membudidayakan pohon kurma

Reba
Reba
6 bulan yang lalu

Maaau tanya tanam kurma ituhapakah harus di suhu yg panas saja ga yh

Adenin
Adenin
6 bulan yang lalu

Terimakasih atas informasinya,, tapi jika lebih terperinci soal jenis pupuk dan merek,juga waktu yang tepat,, akan sangat membantu bagi pemula seperti saya ini

Puzz
Puzz
1 tahun yang lalu

Biasanya tumbuh di Indonesia tp susah berbuah, bener tidak ya

Badu aji
Badu aji
5 bulan yang lalu

Terima kasih atas infonya sobat

Tinus Abdul mukmin
Tinus Abdul mukmin
2 bulan yang lalu

Unk kurma apakah perluh dikawinkan ,dengan bunga betina dengan jantan atau tidk ya.mohon dijelaskan .

dilan
dilan
1 bulan yang lalu

kalau ngak ada cocopeat, apa boleh menggunakan media tanam yg lain.

UNTUNG WAHYUDI
UNTUNG WAHYUDI
10 bulan yang lalu

Mohon ijin admin. Dijual lajan cocok untuk tanam kurma. Harga 150 sd 400 jt per ha. Hub. 082301702555

Arif
Arif
7 bulan yang lalu

Terima kasih

Rully
Rully
1 tahun yang lalu

terima kasih atas infox.

Agus pratowo
Agus pratowo
1 tahun yang lalu

Terimakasih Ilmunya.

18
0
Tulis komentar.... Bebas!x