Cara Menanam Kacang Tanah Yang Benar

Menanam kacang tanah tidaklah terlalu sulit seperti yang dibayangkan banyak orang. Kali ini Kutanam akan memberikan panduan cara bagaimana menanam kacang tanah yang sangat efektif dan sudah terbukti menghasilkan panen yang berlimpah.

Tidak hanya untuk konsumsi pribadi tapi tanaman kacang memiliki pasar yang sangat bagus karena permintaan selalu meningkat dari masa ke masa baik untuk bahan pangan, pakan ternak ataupun untuk industri.

Dengan panduan cara menanam kacang tanah kali ini, Anda bisa mempelajari apa saja yang harus Anda lakukan untuk bisa mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Lihat: Cara Menanam Kentang Yang Benar


Syarat Tanam

Syarat Tanam dan cara menanam kacang tanah

Tanah

Gunakan tanah yang gembur karena kacang tanah sangat menyukainya, oleh karena itu sebaiknya Anda menggunakan media tanam dengan kandungan bahan organik yang tinggi.

Suhu

Penanaman kacang tanah sebaiknya dilakukan pada dataran rendah yang bersuhu tinggi. Ini sangat penting untuk menjaga tanah tidak berlebihan air yang malah akan merusak tanaman.

Curah Hujan

Kacang tanah tidak bersahabat dengan musim hujan, karena akan membuat kacang tanah berkualitas buruk bahkan berpotensi gagal panen. Oleh karena itu sebaiknya saat menanam kacang tanah saat musim kemarau untuk meminimalisir terjadinya gagal panen.

Cek juga: Cara Tanam Jagung Manis Agar Punya Tongkol Besar!


Mempersiapkan Media Tanam

persiapan media tanam

Media tanam harus benar benar dipersiapkan dengan baik supaya tanaman kacang tanah bisa berkembang dengan maksimal. Untuk mempersiapkan media tanam, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Menggemburkan tanah

Tanaman kacang tanah sangat menyukai tanah yang gembur, jadi proses pertama yang harus Anda lakukan adalah menggemburkan tanah dengan menggunakan cangkul atau pembajakan.

Apabila saat menanam terjadi perubahan musim secara mendadak, Anda harus mempersiapkan drainase dengan baik supaya air tidak tergenang.

Selain drainase, Anda juga bisa membuat bedengan dengan lebar 80-100cm dan tinggi sekitar 20-30cm untuk mencegah timbulnya genangan.

Berikan dolomit

Anda bisa menaburkan kapur pertanian atau yang biasa dikenal dengan dolomit sebanyak 1-2 ton per hektar. Taburkan tipis diatas tanah dan diamkan selama 5 hari.

Berikan pupuk kandang

Anda bisa juga menambahkan tambahan pupuk untuk kacang tanah berupa pupuk kandang yang sudah matang sebanyak 10 ton untuk setiap hektarnya.

Pemilihan Benih

Anda bisa menggunakan benih yang dapat Anda beli di toko pertanian atau Anda bisa juga mengguunakan benih unggul yang berasal dari kacang tanah tua dengan umur sekitar 100 hari. Untuk menjaga kualitas sebaiknya penyimpanan benih hanya 3-6 bulan saja.

Ciri ciri benih kacang yang bagus dan sehat:

  • Warnanya coklat kehitaman
  • Tidak ada selaput saat cangkang dibuka

Baca: Cara Menanam Jagung Paling Efektif


Perendaman Benih

Setelah mendapatkan benih yang bagus, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan perendaman menggunakan pupuk organik selama 3-5 jam sebelum bibit ditanam.

Tujuan perendaman ini sangat berguna dalam mecegah hama dan penyakit datang. Selain itu sangat berguna juga dalam mempercepat perkecambahan karena pupuk cair organik biasanya mengandung antibiotik alami yang sangat berguna untuk menekan berkembangnya pathogen pada benih.

Ini sangat menguntungkan karena dapat merangsang tumbuhnya hormon yang sangat berguna supaya proses perkecambahan bisa lebih cepat.


Proses Penanaman

Benih yang sudah selesai direndam sudah siap untuk ditanam. Untuk langkah selanjutnya Anda bisa membuat lubang sedalam 3cmdan lakukan penanaman benih dengan jarak tanam ideal 40 cm x 20cm atau 40 x 10 cm. Dimana setiap lubang tanam ada 1 benih saja.


Proses Perawatan

perawatan tanaman

Teknik perawatan adalah kunci utama dalam keberhasilan budidaya kacang tanah. Dalam tahap ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan baik.

  • Mulai perawatan setelah kacang berumur 4-7 hari.
  • Perhatikan baik baik benih yang tidak berkembang normal, segera cabut dan tanam ulang dengan benih baru.
  • Lakukan penyiraman pada pagi dan sore supaya benih tumbuh seragam.
  • Apabila musim hujan, Anda bisa mengurangi intensitas penyiraman dan terus perbaiki drainase untuk mencegah air menggenang.

Lihat: Cara Benar Menanam Kacang Hijau!


Pemupukan

pemupukan

Pemupukan penting dilakukan supaya kacang tanah dapat tumbuh serempak dan sesuai harapan. Dalam tahap ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan baik.

  • Perbanyak penggunaan pupuk organik dalam bentuk cair.
  • Lakukan penyemprotan setiap satu minggu sekali.
  • Semprotkan dibawah dauh setiap pagi atau sore hari.
  • Penggunaan pupuk cair ini sangat efektif untuk mencegah berbagai penyakit tanaman dan hama.
  • Selain itu penggunaan pupuk sangat efektif untuk percepatan tumbuhnya sulur bunga dan memaksimalkan jumlah polong yang dihasilkan.
  • Bunga biasanya keluar pada umur 20 HST hingga umur 75 hari.
  • Bakal buah atau ginifor biasanya terbentuk pada hari ke 3-4.
  • Ginifor inilah yang akan tumbuh ke dalam tanah untuk membentuk polong kacang tanah.
  • Lakukan penyiangan untu membasmi gulma supaya kacang polong dapat tumbuh sempurna.

Pemanenan

cara menanam kacang tanah sampai panen

Varietas dan cara menanam kacang tanah sangat mempengaruhi masa panen. Biasanya untuk bibit unggul biasanya sudah bisa dipanen saat berusia 3 bulan, namun untuk bibit biasa biasanya dipane saat berusia 5 bulan.

Ciri ciri tanaman kacang yang sudah siap untuk dipanen.

  • Batang menjadi keras
  • Polong memiliki warna coklat kehitaman
  • Dauh sudah mulai menguning dan mulai gugur
  • Polong keras dan penuh saat dipegang

Apabila Anda mendapati ciri ciri tersebut pada kacang tanah yang Anda tanam, itu artinya Anda sudah siap untuk memanen kacang tanah. Dan terakhir lakukan pemanenan secara serempak.

Apabila Anda memgikuti panduan cara menanam kacang tanah yang sudah kami bagikan, Anda pasti juga bias melakukannya sendiri di lahan Anda sendiri.

Perhatikan cuaca saat menanam dan buat drainase yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan budidaya kacang ini. Berminat mencobanya juga?

Yoko Widito

Yoko adalah penulis profesional yang memiliki pengalaman menulis di berbagai media online dengan topik yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *