Cara Menanam Kacang Hijau Yang Benar

Kacang kacangan memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan terutama dalam pemenuhan nutrisi. Setelah sebelumnya kami memberikan cara menanam kacang tanah dan kacang panjang, kali ini Kutanam akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara menanam kacang hijau.

Kacang hijau memiliki pasar yang sangat menjanjikan, karena dengan harga yang sangat terjangkau kacang hijau memiliki kandungan nutrisi termasuk protein nabati yang sangat tinggi.

Sebelum masuk ke dalam inti bagaimana cara menanam kacang hijau, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa saja syarat tumbuh kacang hijau supaya Anda juga bisa mendapatkan hasil panen yang optimal.

  • Kacang hijau dapat tumbuh di dataran rendah sekitar 500 meter diatas permukaan laut.
  • Kacang hijau dapat tumbuh dengan baik di negara tropis.
  • PH yang dibutuhkan kacang hijau supaya dapat tumbuh adalah 5-6.
  • Apabila tanah bersifat asam dengan PH dibawah 5, Anda bisa melakukan pengapuran dengan menggunakan dolomit dengan takaran 1 ton untuk 1 hektar lahan. Proses ini sebaiknya dilakukan 1 bulan sebelum masa tanam.
  • Tanaman kacang hijau menyukai tanah yang gembur dan kaya unsur hara di dalam tanah.
  • Anda bisa juga menggunakan lahan bekas sawah, jadi setelah Anda panen pagi, Anda bisa menggunakan lahan bekas persawahan untuk menanam kacang hijau.

Setelah Anda memahami apa saja syarat tumbuh kacang hijau, Anda sudah bisa masuk ke tahapan selanjutnya.

Cek juga: Cara Menanam Kacang Tanah Yang Benar


1. Persiapkan Lahan

cara mempersiapkan lahan untuk menanam kacang hijau

Tahap pertama dari langkah budidaya kacang hijau ini adalah dengan mempersiapkan lahan. Anda bisa melakukannya dengan membajak ataupun mencangkul tanah.

Setelah itu Anda bisa menambahkan pupuk kandang yang berguna untuk meningkatkan nutrisi dalam tanah yang nantinya sangat dibutuhkan oleh tanaman kacang hijau.

Buat bedengan dengan lebar 1 meter dan tinggi sekitar 30-50cm, atau bisa juga dengan menyesuaikan kondisi lahan Anda saat ini. Jarak antar bedengaan sebaiknya adalah 2 meter supaya air hujan dapat mengalir lancar tanpa ada yang tergenang di tengah lahan.

Setelah bedengan Anda jadi, buat lubang tanam sebesar 25 x 25cm atau 20x20cm. Buat lubang tnaman dengan mata tiga, dimana lubang tanam yang digunakan untuk menanam benih memiliki kedalaman 4cm dan 2 lubang lainnya memiliki kedalaman 8-10 cm yang berguna untuk memasukkan pupuk.

Lihat: Cara Menanam Timun Supaya Berbuah Lebat


2. Semai Benih

cara Menyemai benih dan menanam kacang hijau

Langkah selanjutnya adalah menyemai benih, langkah ini cukup penting terlebih apabila lahan yang sudah Anda persiapkan belum pernah Anda tanami kacang hijau.

Langkah ini cukup mudah, yaitu dengan cara inokulasi. Benih kacang hijau yang akan digunakan dibasahi dengan menggunakan air dan diangin anginkan selama 4 jam hingga benih mulai berkecambah.


3. Tanam Bibit Kacang Hijau

menanam

Setelah bibit mulai berkecambah, Anda bisa mulai melakukan penanaman ke dalam lubang yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Masukkan 2 benih kacang hijau pada setiap lubang. Pastikan benih kacang hijau yang Anda masukkan sudah berkecambah dan kondisinya baik.

Pada 2 lubang yang lain, Anda bisa menutupnya dengan tanah tipis hingga rata. Tujuan dari pembuatan lubang ini adalah supaya mempermudah Anda saat melakukan pemupukan tanaman.


4. Siram

siram

Penyiraman pada benih cukup penting supaya tanaman kacang hijau bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Apabila lahan tempat Anda menanam lembab, Anda bisa melakukan penyiraman satu hari sekali.

Namun apabila tanah tempat Anda menanam cukup kering, penyiraman bisa Anda lakukan pada pagi dan sore hari untuk memastikan tanaman kacang hijau mendapatkan asupan air yang cukup.


5. Lakukan Penyulaman

tanam benih kacang hijau

Saat kacang hijau memasuki masa tanam 15-20 hari, maka Anda harus melakukan penyulaman. Anda harus menyortir mana saja tanaman kacang hijau yang tidak tumbuh dengan sempurna dan segera menggantinya dengan benih baru supaya saat panen semua tanaman bisa tumbuh dengan merata.


6. Lakukan Penyiangan

Penyiangan

Gulma dan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman akan mengganggu pertumbuhan kacang hijau, karena akan menyerap semua nutrisi yang dibutuhkan kacang hijau untuk tumbuh dengan baik. Lakukan proses penyiangan ini mulai tanaman berusia 15-30 hari.


7. Beri Pupuk

Memberikan Pupuk Susulan

Pupuk dibutuhkan tanaman kacang hijau supaya pertumbuhannya tetap terjaga. Pada masa ini Anda bisa melakukannya bersamaan dengan menanam benih atau pada saat tanaman akan berbunga, biasanya 1 bulan setelah masa tanam.

Dosis pupuk yang diberikan adalah:

  • Urea 50kg untuk setiap 1 hektar lahan.
  • TSP 100kg untuk setiap 1 hektar lahan.
  • KCL 50kg untuk setiap 1 hektar lahan.

8. Panen

Masa Panen

Kacang hijau biasanya masuk ke dalam masa panen setelah berusia 60 sampai 80 hari setelah masa tanam. Ciri ciri tanaman kacang hijau yang siap panen adalah denngan polong yang mulai mengering dan gampang pecah.

Anda dapat melakukan panen setiap hari, setelah Anda memetik polong lakukan penjemuran hingga polong menguning supaya biji kacang hijau dapat terlepas dengan mudah dari polong nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *