Cara Menanam Bunga Tulip Sampai Panen

Saat ini, ketika kalian memiliki sebuah rumah yang mempunyai pekarangan yang luas atau bahkan mempunyai ruangan yang besar, akan terasa hambar apabila tidak ditanam atau diisi dengan sesuatu yang dapat memanjakan mata.

Menanam bunga menjadi pilihan tepat bagi kalian yang menyukai keindahan serta dapat memanjakan mata bagi yang melihatnya. Salah satu bunga yang dapat mewujudkan keindahan serta dapat memanjakan mata ialah bunga tulip.

Dengan memiliki nama latin Tulipa Pulchella, nyatanya bunga yang terkenal di negara Belanda ini, ternyata berasal dari Kawasan Pegunungan Hindu Kush dan Pegunungan Pamir di negara Kazakhstan yang berada di Asia Tengah.

Bunga tulip memiliki warna yang beraneka ragam, dan sudah pasti bagi yang melihatnya baik itu pria ataupun wanita akan sangat memanjakan mata karena keindahan bunga yang begitu alami.

Cara Menanam Bunga Tulip

Tanaman bunga tulip cocok dijadikan sebagai penghias pekarangan rumah kalian yang luas. Dengan memiliki ciri tumbuh yang menjulang panjang keatas layaknya tanaman jagung, bunga tulip sangat tidak direkomendasikan untuk ditanam di pot yang berukuran sedang ataupun kecil.

Karena bunga tulip bukan merupakan bunga asli Indonesia yang beriklim tropis, maka tak heran apabila bunga tulip akan tumbuh baik di daerah pegunungan yang memiliki cuaca yang dingin.

Apabila ditanam di dataran rendah maka diperlukan perlakuan yang khusus dan special agar tanaman bunga tulip dapat tumbuh dengan baik.

Harga bibit tanaman bunga tulip ini terbilang cukup tinggi di pasaran, oleh karena itu hal ini menjadi suatu peluang bagi kalian yang hendak ingin menanam sekaligus membudidayakan bunga tulip ini, karena jika harga bibitnya saja sudah tinggi, sudah pastinya ketika bunganya mekar pun akan tinggi pula harga jualnya.


1. Cold Treatment Benih Bunga Tulip

Langkah pertama dalam menanam tanaman bunga tulip ini sedikit berbeda dengan perlakuan pertama ketika kalian menanam tanaman lain, yakni yang harus dilakukan ialah melakukan proses cold treatment.

Cold Treatment Benih Bunga Tulip

Cold Treatment merupakan metode mendinginkan bibit umbi bunga tulip terlebih dahulu sebelum ditanam. Kalian bisa menaruhnya di dalam kulkas ataupun di dalam freezer.

Karena sejatinya tanaman bunga tulip merupakan bunga yang berasal dari daerah beriklim dingin, maka proses cold treatment ini diperlukan agar tanaman bunga tulip menjadi tumbuh dengan maksimal.

Apabila kalian langsung menanam bibit umbi bunga tulip tanpa adanya perlakuan cold treatment, maka dipastikan tanaman bunga tulip tidak akan tumbuh meskipun sudah kalian sirami setiap hari.

Adapun langkah-langkah nya ketika kalian melakukan proses cold treatment ialah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama kalian cuci bersih bibit umbi bunga tulip, kemudian keringkan untuk kemudian kalian bungkus dengan plastic
  2. Langkah kedua, kalian masukkan bibit umbi bunga tulip ke dalam kulkas atau freezer dengan pengaturan suhu 1,8 sampai 12 derajat celcius.
  3. Selanjutnya, kalian tunggu dengan sabar di dalam kulkas atau freezer selama 1,5 hingga 4 bulan lamanya sebelum di tanam.
  4. Dalam menyimpan umbi di dalam kulkas, usahakan tidak dicampur dan jauhkan dengan buah-buahan lain.
  5. Lebih lanjut, ketika kalian menemukan jamur pada umbi bunga tulip, kalian langsung bersihkan dengan air bersih kemudian keringkan dan masukkan dan simpan kembali ke dalam kulkas atau freezer. Pengecekan jamur ini wajib kalian lakukan secara rutin, dan biasaknya jamur akan mulai tumbuh pada umbi yang telah muncul tunas setelah berumur 1,5 bulan keatas.

Bibit umbi bunga tulip bisa kalian dapatkan di toko pertanian baik online ataupun offline, namun apabila kalian menyempatkan diri berkunjung ke negara Belanda, tidak ada salahnya kalian membeli bibit disana.


2. Tentukan Lokasi serta Persiapkan Lahan Tanaman Tulip

Lokasi serta Persiapan Lahan Tanaman Bunga Tulip

Selama kalian menunggu dalam melakukan proses cold treatment pada umbi bunga tulip, kalian bisa melakukan penentuan lokasi sesuai dengan syarat-syarat tumbuh pada tanaman bunga tulip. Simak berikut ini adalah tentang syarat tumbuh untuk penentuan lokasi yang sesuai dengan tanaman bunga tulip, diantaranya:

  • Direkomendasikan tinggi tanah pada tanaman bunga tulip berada di dataran yang tinggi, tidak direkomendaikan tanaman bunga tulip ditanam di dataran yang rendah dan beriklim panas.
  • Usahakan tanah pada lokasi gembur, mengandung unsur hara serta dekat dengan sumber air.
  • Tanah pada lokasi memiliki pH tanah di kisaran angka 5,5 hingga 7,5 dan sedikit kering atau berpasir.
  • Lokasi tanah jauh dari pantai agar tidak tercampur dengan asinnya air laut

Apabila lokasi yang kalian punya ternyata berada di dataran yang rendah dengan memiliki suhu udara yang cenderung panas, kalian bisa menyiasati atau mengakalinya dengan beberapa cara sebagai berikut, yakni:

  • Pertama-tama kalian tanam umbi bunga tulip pada tempat yang teduh serta rindang dan tenang, artinya lokasi pada lahan haruslah terbebas dari hembusan angin yang kencang. Lokasi penanaman yang pas untuk di dataran rendah ialah kalian buat semacam rumah kaca dengan di dalamnya diberi pendingin ruangan air conditioner dengan suhu maksimal 16 derajat celcius agar bunga tulip dapat tumbuh. Memang memerlukan dana yang tidak sedikit, namun hal ini akan terbayarkan apabila bunga tulip sudah panen yang harganya pun tinggi, karena bunga tulip ini masih sedikit yang menanam dan membudidayakannya di Indonesia, kebanyakan masih mengimpor langsung dari Belanda.
  • Kemudian, kalian gunakan penyiram otomatis yang menyemprot setiap 20 hingga 40 menit sekali. Hal ini akan membantu mendinginkan suhu udara sekitar dan membuat tanaman bunga tulip menjadi lembab, karena bunga tulip akan tumbuh baik pada lokasi yang dingin.
  • Terakhir, kalian buat semacam air mancur yang menyembur dan mengalir di dekat lokasi tanam yang tentunya bisa menyerap suhu udara sekitar dan tentunya akan membuat kelembaban yang tinggi di area sekitar.

3. Persiapkan Media Tanam Bunga Tulip

Langkah berikutnya di dalam proses penanaman bunga tulip agar mendapatkan hasil yang maksimal ialah lakukan persiapan media tanamnya.

Persiapan Media Tanam Tanaman Bunga Tulip

Ketika menyiapkan media tanam, kalian perlu mengingat bahwa bunga tulip merupakan jenis tanaman yang berjenis bunga dan tidak tahan terhadap iklim yang panas, sudah tentu tanaman ini menyukai tempat yang memiliki suhu rendah, akan tetapi juga tidak bisa hidup pada lokasi yang terlalu lembab.

Oleh karena itu dalam mempersiapkan media tanam tanaman bunga tulip ini kalian harus memperhatikan dan mempertimbangkan tingkat porositas tanahnya serta tingkat drainasenya secara cermat. Berikut adalah tahapan di dalam mempersiapkan media tanam secara proporsional demi menunjang pertumbuhan tanaman bunga tulip, diantaranya:

Pertama, apabila kalian memiliki lahan yang luas serta berada di dataran yang tinggi dengan memiliki suhu yang rendah, maka kalian tidak perlu repot-repot untuk membuat semacam rumah kaca yang di dalamnya ada pendingin ruangan, kalian cukup mengolah lahannya saja dengan membuat bedengan atau semacam gundukan tanah sebagai media tanam tanaman bunga tulip. Disamping bedengan kalian buat semacam parit yang berguna sebagai drainase.

Langkah Kedua, kalian buat lapisan bawah pada media tanam dengan menggunakan kerikil kecil dengan memiliki ukuran tebal kurang lebih 3 cm.

Kemudian langkah yang ketiga ialah kalian buat lapisan pada bagian tengah media tanam dengan menggunakan campuran tanah berupa tanah topsoil, pupuk kompos dan pasir dengan masing-masing memiliki perbandingan 3 : 2 : 1 lalu kemudian dibuat dengan ukuran tebal sebesar 25 cm

Keempat, setelah campuran tanah diatas merata, kalian buat kembali lapisan pada bagian atasnya dengan menggunakan pasir kasar yang memiliki ukuran setebal 1 cm.

Setelah itu, sebagai langkah terakhir sekaligus langkah kelima, ialah lapisan media tanam yang telah jadi ini kalian bisa meletakkannya diatas bedengan yang telah disiapkan pada lahan yang luas.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Lavender [Panduan Lengkap]


4. Lakukan Pemupukan Awal

Langkah berikutnya setelah kalian mempersiapkan bibit dan media tanamnya, kali ini saatnya lahan yang telah kalian siapkan sebagai media tanam kalian beri pupuk sebagai langkah awal kalian di dalam menanam tanaman bunga tulip.

Pemupukan Awal Pada Tanaman Bunga Tulip

Namun, apabila tanah pada lokasi media tanam yang telah kalian siapkan memiliki cukup unsur hara, maka kalian tidak perlu melakukan langkah pemupukan ini, pemupukan ini menjadi wajib kalian lakukan apabila tanah pada lokasi media tanam memiliki jumlah unsur hara yang sedikit.

Pada proses pemupukan awal ini kalian bisa menggunakan jenis pupuk organik seperti pupuk kandang, pupuk kompos ataupun butir-butiran organik. Untuk proses pemupukan di awal ini ada tahapan serta cara-caranya sebagai berikut:

  1. Tahapan pertama ialah kalian gali tanah pada media tanam sesuai dengan alur-alur tanam yang ada pada lahan yang telah kalian gemburkan terlebih dahulu
  2. Kemudian isi alur-alur tanam tersebut dengan menggunakan pupuk yang telah kalian siapkan
  3. Selanjutnya kalian tutup kembali alur-alur yang telah terisi dengan pupuk tersebut dengan tanah.
  4. Terakhir kalian lakukan penyiraman agar pupuknya dapat cepat terurai dan meresap secara maksimal ke dalam tanah.

5. Tanam dan Rawat Tanaman Tulip

Langkah berikutnya ialah kalian lakukan proses penanaman tanaman bunga tulip ketika bibit telah siap untuk digunakan melalui proses cold treatment dan lahan telah diolah sehingga siap ditanam.

Proses Penanaman dan Perawatan Tanaman Tulip

Perhatikan dengan cermat serta teliti agar tanaman bunga tulip ini dapat tumbuh ketika ditanam nanti, karena dalam menanam bunga tulip kalian tidak bisa sembarangan, diperlukan ketekunan dan tingkat ketelitian yang tinggi.

Berikut ialah tahapan-tahapan yang bisa kalian lakukan di dalam penanaman bunga tulip, diantaranya:

  • Pertama-tama yang harus kalian lakukan ialah melubangi lahan yang telah diolah untuk kemudian kalian lapisi dasar lubang nya dengan pasir.
  • Kemudian tanam umbi bunga tulip dengan ukuran kedalaman kurang lebih 2 hingga 3 cm saja sehingga ujung atas umbi bisa terlihat di permukaan tanah. Perlu diketahui umbi bunga tulip tidak perlu kalian tanam dengan dalam sekali apabila di lokasi penanaman sedang mengalami musim dingin.
  • Selanjutnya setelah ditanam, kalian atur jarak tanam sesuai dengan luas lahan yang ada.
  • Lebih lanjut, kalian siram tanah di sekitar area umbi bunga tulip yang telah di tanam, jangan menyiram pada bagian atas yang terarah langsung kepada umbi bunga tulip, hal ini dimaksudkan agar umbi tidak mengalami kebusukan.
  • Pantau tingkat kelembaban umbi bunga tulip, jangan terlalu kering namun jangan juga terlalu basah dan lembab, disini perlu keseriusan serta ketelitian tingkat tinggi.
  • Sekedar tips dan saran, apabila kalian menanam tanaman bunga tulip pada saat musim hujan tiba, maka yang harus kalian lakukan ialah membuat semacam parit di sekeliling tanaman bunga tulip yang berfungsi sebagai saluran drainase apabila terjadi genangan air.

penyiraman tulip

Setelah kalian tanam umbi bunga tulip pada lahan media tanam, selanjutnya ialah bagaimana kalian merawatnya agar tanaman bunga tulip dapat mekar dengan sempurna serta indah. Berikut adalah beberapa tips mengenai cara perawatan pada tanaman bunga tulip, diantaranya:

Penyiraman Hal pertama di dalam merawat bunga tulip yang telah ditanam ialah kalian lakukan penyiraman secara berkala, tanaman bunga tulip tidak disarankan untuk terlalu sering disiram.

Apabila terlalu sering disiram dikhawatirkan akan terjadi pembusukan pada akarnya sehingga tanaman bunga tulip menjadi mati.

Penyiangan Perawatan berikutnya ialah kalian lakukan proses penyiangan pada tanaman bunga tulip ini, lakukan penyiangan secara berkala.

Kalian bisa melakukan penyiangan setiap satu bulan sekali untuk mencegah terjadinya pertumbuhan tanaman gulma yang dapat mengambil nutrisi zat hara yang ada pada tanah serta menghalangi masuknya pancaran cahaya matahari yang masuk ke dasar tanah.

Penyejukan Lokasi Tanam Perawatan berikutnya dilakukan apabila kalian menanam tanaman bunga tulip di dataran rendah yang notabene nya bukan daerah yang cocok untuk bunga tulip, namun, hal ini dapat di akali dengan melakukan proses penyejukan pada lokasi tanam.

Penyejukan lokasi tanam ini merupakan perlakuan khusus berupa membuat sistem penyemprotan otomatis yang akan menyemprotkan zat aerosol setiap 15 menit sekali. Zat ini akan mendinginkan suhu udara di sekitar area tanam.

Kalian juga bisa membuat semacam air mancur di dekat tanaman sehingga suhu yang ada di sekitar tanaman bunga tulip menjadi lebih dingin dan tidak kering.

Perawatan Ketika Bunga Muncul Selanjutnya perawatan yang harus kalian lakukan ketika bunga tulip sudah mulai tumbuh menjulang tinggi keatas maka, dalam rentan waktu sekitar 8 minggu setelah tumbuh akan muncul bunga.

Agar bunga tulip dapat mekar, kalian harus membuat suhu udara yang ada pada sekitar tanaman tetap sejuk dan dingin.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Gladiol


6. Panen Bunga Tulip

Langkah pamungkas di dalam menanam suatu tanaman ialah proses pemanenan. Dalam proses pemanenan tanaman bunga tulip ini kalian harus menunggu hingga bunga tulip memiliki umur yang cukup yaitu sekitar 8 bulan setelah proses penanaman.

Pemanenan Tanaman Bunga Tulip

Pada usia 8 bulan ini bunga tulip seharusnya sudah muncul bunga nya, apabila tanaman bunga tulip yang kalian tanam tidak tumbuh bunga ketika sudah menginjak usia 8 bulan, maka pasti ada yang salah dari cara kalian menanam nya.

Adapun cara yang dilakukan dalam merangsang tumbuhnya bunga pada tanaman bunga tulip ini ialah dengan memberi pancaran sinar matahari, baik itu di ruangan terbuka ataupun tertutup seperti rumah kaca. Kalian dapat memberi semacam naungan berupa rumah jaring untuk mengurangi terjadinya penguapan pada saat tengah hari.

Apabila kalian menanam bunga tulip untuk dijual kembali ke pasaran demi memperoleh keuntungan, maka pada saat buka mekar, kalian harus langsung segera memotongnya dan segera pindahkan ke suatu ruangan untuk kemudian diawetkan demi menghasilkan bunga tulip yang segar dan siap untuk dijual ke pasaran.


Demikianlah penjelasan mengenai cara menanam tanaman bunga tulip di negara yang memiliki iklim tropis khususnya Indonesia, apabila kalian melakukan penanaman bunga tulip untuk di jual kembali, maka pilihan tersebut sangat tepat, karena harga jual dari bunga tulip terbilang tinggi di pasar Indonesia.

Selamat mencoba menanam dan membudidayakan bunga tulip yang indah ini, semoga hasilnya dapat memuaskan kalian dan tetap semangat dan terus coba lagi apabila belum berhasil, semangat!

Dimas

Menyajikan konten berisi panduan menanam, informasi, dan fakta unik seputar tanaman di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *