Cara Mudah Menanam Bunga Tapak Dara (Vinca)

Bunga Tapak Dara sering dijadikan tanaman hias baik tumbuh langsung di tanah maupun dengan cara digantung. Bunga ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, selain itu cara menanam bunga tapak dara sangat mudah sehingga cukup diminati di masyarakat.

Tanaman ini digadang-gadang mampu mengatasi permasalahan kolesterol dan kanker ini telah menjadi salah satu opsi tanaman obat keluarga dengan banyak khasiat. Namun, di sisi lain penggunaan yang berlebihan juga memiliki dampak negatif bagi tubuh.

Bunga Tapak Dara memiliki nama latin Catharanthus roseus. Bunga tapak dara memiliki banyak sebutan di Indonesia, seperti sebutan di daerah Sunda yaitu Kembang Tembaga, sebutan di daerah Sulawesi yaitu Sindapor serta sebutn yang paling umum Kembang Tapak Dara.

Bunga ini berasal dari daerah Madagaskar, sehingga sering disebut juga Madagaskar Periwinkle. Sedangkan di Indonesia sendiri, bunga ini sering dijumpai di berbagai daerah karena habitatnya yang sesuai dengan daerah tropis.


1. Persiapkan Alat, Bahan, dan Bibit

persiapan menanam tapak dara

Tanaman cantik dan berkhasiat ini menarik perharian untuk ditanam di rumah. Bagi anda yang ingin menghiasi pekarangan rumah dengan tanaman tapak dara ini bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menanam sendiri di rumah.

Persiapan alat dan bahan:

  1. Bibit tapak dara
  2. Pot hias
  3. Tanah
  4. Pupuk kompos
  5. Pupuk kandang

Persiapan bibit:

  1. Anda bisa mendapatkan bibit bunga tapak dara dari toko pertanian terdekat
  2. Anda bisa juga menggunakan teknik stek daun atau batang untuk menghasilkan bibit bunga tapak dara yang baru.
  3. Pilih bibit yang tidak bercabang dan kondisi batangnya lurus.
  4. Tanam bibit tapak dara pada media tanam dengan pola melingkar.
  5. Selanjutnya Anda bisa menyemai sampai mencapai tinggi sekitar 10-15cm.

Baca juga: Cara membuat bonsai untuk pemula!


2. Tanam Bunga Tapak Dara

Ikuti langkah berikut untuk menanam bunga tapak dara:

  1. Bibit sudah siap dipindah ke media tanam setelah mencapai tinggi 10-15cm.
  2. Anda bisa mempersiapkan media tanam dengan campuran tanah, pupuk kandang dan kompos. Perbandingan yang digunakan adalah 2:1:1.
  3. Media tanam dapat berupa pot ataupun ditanam lansung ditanah.
  4. Letakkan tanaman di teras rumah dengan intensitas sinar matahari yang cukup namun terhindar dari curah hujan yang tinggi.
  5. Jika ingin ditanam dengan cara digantung juga bisa menggunakan pot gantung secara langsung

3. Rawat Bunga Tapak Dara

rawat tapak dara

  1. Bunga tapak dara membutuhkan adupan air yang cukup, tidak banyak dan tidak kurang. Cukup sirami tanaman tapak dara satu kali sehari dan pastikan bahwa drainase pot dalam kondisi baik. Sehingga tidak banyak air yang menggenang dalam pot.
  2. Ketika pohon tapak dara baru ditanam, letakkan pot di tempat yang tidak terlalu panas agar suhu panas tidak bertahan terlalu lama di dalam tanah.
  3. Setelah berusia 7 hari, baru bisa dipindah ke tempat yang lebih panas jika memang akan ditempatkan di tempat yang cukup panas.
  4. Bila menginginkan pohon tapak dara yang tumbuh rimbun, lakukan pemotongan secara berkala karena percabangan bisa tumbuh lebih banyam jika dilakukan pemotongan pada cabang tersebut. Namun, jika lebih menyukai pohon tapak dara yang tumbuh secara alami, tidak perlu dilakukan pemangkasan.
  5. Untuk menjaga kandungan nutrisi tanaman yang tercukupi, berikan pupuk secara berkala. Pupuk bisa diberikan satu bulan sekali dengan pupuk organik atupun pupuk kandang.
  6. Saat awal masa pertumbuhan, tanaman tapak dara membutuhkan kandungan nitrogen yang cukup tinggi sehingga bisa diberikan semprotan nitrogen atau pupuk dengan kandungan nitrogen yang cukup tinggi.
  7. Dalam masa bunga yang telah berkembang, tanaman ini lebih membutuhkan pupuk dengan kandungan pospor yang lebih tinggi.
  8. Untuk menjaga tanaman tapak dara dari serangan hama, berikan insektisida secukupnya saat diperlukan saja. Tidak perlu diberikan secara rutin seperti penyiraman air maupun pupuk.

Demikian tadi cara menanam dan merawat tanaman tapak dara yang cantik dengan bunga berwarna merah dan putihnya serta penuh dengan khasiat bagi kesehatan. Lakukan pelestarian alam salah satunya dengan menanam tapak dara di rumah dan tetap membuat kegiatan positif selama Anda berada di rumah.

Yoko Widito

Yoko adalah penulis profesional yang memiliki pengalaman menulis di berbagai media online dengan topik yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *