Cara Menanam Bunga Lavender [Panduan Lengkap]

Bunga lavender dikenal kebanyakan orang sebagai bunga pengusir nyamuk. Sebelum kita membicarakan lebih lanjut mengenai cara menanam bunga lavender, mari kita sedikit mengenal bunga lavender terlebih dahulu.

Bunga lavender adalah jenis rerumputan dengan lebih dari 25 variasi dengan karakteristik berbeda beda. Walaupun bunga lavender dikenal dengan warna ungu, namun sebenarnya lavender memiliki varian lain seperti biru, kuning, ungu kehitaman dan ungu kekuningan. Warna warna inilah yang kemudian menciptakan gradasi warna cantik nan elok.

lavender dan teh

Dikenal sebagai bunga anti nyamuk bukan berarti tanaman ini tidak memiliki manfaat lainnya. Banyak juga orang yang memanfaatkan aroma wangi bunga lavender sebagai campuran parfum. Penelitian terbaru bahkan mengatakan lavender memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Tanaman bunga lavender bisa Anda budidayakan sendiri di halaman rumah dengan alat alat yang sederhana. Kalau Anda tertarik untuk membudidayakannya, berikut ini adalah cara menanam bunga lavender yang benar.


1. Pilih Bibit Bunga Lavender

lavender 2

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih dan mempersiapkan bibit bunga lavender. Saat ini ada 30 jenis bunga lavender dengan masing masing karakteristiknya. Pilih karakteristik yang sesuai dengan keinginan Anda, dan ikuti tahap-tahap dibawah untuk memilih bibit yang tepat:

  1. Anda bisa mendapatkan bibit di toko penjual bibit bunga untuk memastikan bibit yang Anda beli memiliki kualitas baik
  2. Seleksi kembali bibit yang akan Anda beli, pilih bibit yang bersih dari serangga, semut, kutu dan lainnya.
  3. Perhatikan tanggal kadaluarsa, ini dikarenakan bibit juga memiliki umur yang terbatas. Membeli bibit yang mendekati atau sudah kadaluarsa hanya akan membuang uang saja karena kualitasnya sudah mulai menurun.
  4. Tips penting dalam memilih bibit adalah pilih bibit bunga dengan tanggal kadaluarsa yang masih panjang. Semakin baru bibit yang Anda beli maka kualitasnya akan semakin baik.

2. Persiapkan Media Tanam

lavender 3

Setelah Anda memiliki bibit dengan kualitas yang baik, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan media tanam yang akan Anda gunakan untuk menanam bunga lavender. Tahap ini cukup penting karena akan menentukan kualitas tumbuh tanaman bunga lavender yang Anda tanam.

Berikut bahan bahan yang perlu anda siapkan:

  • Pot atau polybag yang akan digunakan sebagai media tanam. Pastikan bagian bawah sudah memiliki lubang.
  • Styrofoam yang sesuai dengan pot atau polybag
  • Tanah gembur (kalau kesulitan, Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian)
  • Pupuk kompos, atau Anda bisa menggantinya dengan sekam
  • Batu kerikil putih
  • Pasir
  • Sekop kecil atau cetok

3. Semai Bibit Bunga Lavender

lavender 4

Tahap penting yang ketiga adalah menyemai bibit bunga lavender menjadi kecambah yang siap tanam. Tahap ini kalau dilakukan dengan cara yang tidak benar akan membuat bibit lavender tidak bisa tumbuh.

Supaya Anda bisa melakukannya dengan benar, ikuti langkah-langkah dibawah:

  1. Styrofoam yang sudah dipersiapkan sebelumnya dimasukkan kedalam pot sebagai lapisan paling bawah.
  2. Campurkan tanah, sekam atau kompos dan pasir dengan komposisi 1:1:1.
  3. Kalau sudah, masukkan ke dalam pot atau polybag yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  4. Buat lubang kecil pada bagian tengah dan masukkan satu bibit pada setiap lubang yang dibuat. Satu pot cukup satu lubang saja.
  5. Tutup lubang dengan tanah lalu padatkan.
  6. Siram air sedikit.
  7. Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari

Pada tahapan ini selalu pantau pertumbuhan kecambah supaya Anda bisa mengetahui kapan kecambah siap tanam dan bisa dipindah ke media tanam yang lebih besar.

Penggunaan styrofoam disini adalah untuk menyerap lembab, karena sifat dasar tanaman bunga lavender tidak terlalu menyukai tanah yang lembab.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Dandelion [Yang Benar]


4. Pindahkan ke Lahan

lavender 5

Saat bibit sudah mulai berkecambah dan tumbuh lebih tinggi, maka itu adalah saatnya dilakukan pemindahan dari media semai ke media tanam. Pada umumnya bibit siap untuk dipindahkan saat tinggi tanaman sekitar 15cm.

  1. Atur jarak tanam antar tanaman bunga lavender, jarak idealnya adalah 30-45cm.
  2. Persiapkan tempat terbuka dengan intensitas sinar matahari yang cukup baik untuk meletakkan media tanam
  3. Pastikan sirkulasi udara cukup baik
  4. Siram bibit sekitar satu jam sebelum tanaman dipindah dari media semai ke lahan.
  5. Pindahkan bibit ke lahan secara perlahan dan hati hati, jangan sampai akar tanaman rusak.
  6. Setelah bibit dipindahkan ke lahan, padatkan kembali lahan.
  7. Pastikan tanaman berada dalam posisi tegak.
  8. Siram tanaman dengan air secukupnya

5. Rawat Bunga Lavender

lavender 6

Tanaman bunga lavender yang sudah dipindahkan ke lahan membutuhkan perawatan yang benar supaya bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan pada tahap ini.

Penyiraman

Penyiraman secara berkala harus dilakukan supaya tanaman tidak kering. Hindari menyiram tanaman secara berlebihan, karena sifat alami tanaman ini tidak terlalu menyukai tanah yang lembab untuk menghindari pembusukan pada batang atupun akar. Saat tanaman sudah tumbuh dewasa, intensitas menyiram tanaman bisa dikurangi.

Pemangkasan

Cabang tanaman yang tidak rapi dapat membuat tampilan bunga menjadi kurang baik, selain itu dapat juga menghambat pertumbuhan tunas baru. Pemangkasan sebaiknya dilakukan minimal 1 tahun sekali. Lakukan dengan memotong 1/3 dari keseluruhan bagian saat tanaman lavender sudah besar.

Pemupukan

Hindari penggunaan pupuk kimia pada bunga lavender, Anda bisa menggunakan pupuk organik supaya tanaman selalu segar dan tidak layu. Anda bisa memberikan pupuk setelah tanaman berusia satu bulan sejak tanaman dipindah dari media tanam ke lahan.

Penyiangan

Tanaman parasit seperti gulma yang tumbuh di sekitar tanaman sebaiknya disingkirkan karena tanaman tidak akan bisa menyerap nutrisi dalam tanah dengan baik. Anda bisa melakukannya dengan mencabut tanaman parasit ini secara berkala supaya bunga lavender bisa tumbuh dengan baik.


6. Panen Bunga Lavender

lavender 7

Anda bisa memilih untuk membiarkan bunga lavender ini menghiasi halaman rumah, atau bisa juga memanen bunga untuk digunakan lagi/dijual. Siapkan gunting atau pisau yang tajam untuk memotong lavender. Tahap-tahap panennya sebagai berikut:

  1. Kumpulkan tangkai lavender sebanyak satu genggam
  2. Potong bagian dasar batang yang posisinya dekat dengan daun
  3. Potong dan pisahkan bunga lavender dengan batang tangkainya
  4. Ikat bunga lavender yang sudah dipotong menjadi satu bagian.
  5. Anda sudah bisa memanfaatkan bunga yang sudah dipanen ini.

Bunga lavender termasuk dalam tanaman yang bisa hidup dalam iklim tropis. Sifat alaminya yang tidak menyukai tanah lembab sangat cocok dengan iklim di Indonesia. Anda bisa menerapkan langkah langkah cara menanam bunga lavender ini untuk mendapatkan hasil yang baik.

Semoga berhasil ya!

Baca juga: Cara Menanam Bunga Bakung!

Yoko Widito

Yoko adalah penulis profesional yang memiliki pengalaman menulis di berbagai media online dengan topik yang beragam.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Ikut berkomentarx
()
x