Cara Menanam Bunga Kenanga [Panduan Lengkap]

Bunga kenangan dikenal sebagai bunga yang memiliki wangi semerbak dan ragam warna yang cantik. Kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menanam bunga kenanga yang benar

Bunga kenanga memiliki nama latin cananga odorata dan seringkali digunakan sebagai bahan membuat parfum. Walaupun terkadang digunakan sebagai bunga penghias makan, namun tidak sedikit orang yang menjadikannya sebagai bunga penghias rumah.

Penggemar bunga ini tidak hanya di Indonesia saja, melainkan sudah sampai ke mancanegara. Angka penjualan bunga kenanga selalu meningkat setiap tahunnya, tercatat negara negara seperti Vietnam, chili, india dan beberapa negara lainnya menjadi pelanggan setia bunga ini.


1. Pahami Manfaat Bunga Kenanga

minyak bunga kenanga

Selain manfaat yang sudah disebutkan diatas, bunga kenanga ternyata juga memiliki beragam manfaat yang lain. Berikut ini adalah manfaat bunga kenanga yang harus Anda ketahui.

Aromaterapi

Di dalam bunga kenanga terdapat kandungan minyak atsiri yang sering digunakan sebagai bahan alternatif dalam membuat parfum aromaterapi.

Kandungan dalam bunga kenanga ini sangat efektif untuk merileksasi adrenalin sehingga memberikan efek tenang, senang menghilangkan kegelisahan, panik ataupun perasaan marah.

Bahan Luluran

Bunga kenanga sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai bahan dasar perawatan tubuh. Minyak atsiri yang terdapat dalam bunga kenanga sangat efektif untuk membuat kulit menjadi makin mulus dan kencang. Tidak heran kalau bunga kenangan sering dijadikan masker wajah dan juga bahan luluran.

Mencegah Bau Badan

Bunga kenanga juga sangat efektif untuk mengatasi permasalahan bau badan. Caranya juga cukup mudah, dengan merebus 15 gram bunga kenanga dalam 600 cc air.

Anda bisa juga menambahkan gula batu supaya memberikan rasa manis dan menghilangkan rasa pahit. Saring dan minum air rebusan bunga kenanga secara rutin.

Obat Batuk

Bunga kenanga juga bisa mengatasi sakit batuk yang seringkali mendera saat pergantian musim. Caranya juga cukup mudah, dengan merebus 15 gram bunga kenanga dalam 600 cc air.

Anda bisa juga menambahkan gula batu supaya memberikan rasa manis dan menghilangkan rasa pahit. Saring dan minum air rebusan bunga kenanga secara rutin.

Dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi dan manfaat yang sangat beragam ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Kalau Anda tertarik untuk melakukan budidaya tanaman bunga kenanga, maka Anda bisa mengikuti langkah langkah berikut ini.


2. Persiapkan Lahan

persiapkan lahan kenanga

Sama halnya menanam bunga yang lain, Anda harus mempersiapkan lahan yang akan ditanami. Anda bisa memulainya dengan menanam di pot atau memanfaatkan lahan yang ada di halaman rumah Anda.

Berikut tahap untuk mempersiapkan lahan:

  1. Cara menanam bunga kenanga tidak jauh berbeda dengan menanam tanaman lainnya.
  2. Perhatikan tekstur tanah yang akan dijadikan lahan, tanah harus gembur dan memiliki kelembaban yang cukup.
  3. Kalau lahan yang Anda siapkan untuk menanam kering, maka Anda bisa menggemburkannya dan menambahkan pupuk bila perlu. Siram rutin hingga benar benar siap untuk ditanam.
  4. Lahan harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  5. Kalau Anda memutuskan untuk menanamnya di pot, maka pilih pot dengan ukuran sedang.

3. Lakukan Pembenihan dan Penyemaian

pembenihan dan penyemaian kenanga

Setelah Anda selesai mempersiapkan tanah, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses pembenihan dan penyemaian. Anda bisa mendapatkan bibit bunga kenanga yang berkualitas di toko yang menjual bibit bunga atau bisa juga mendapatkannya dari bunga kenanga yang sudah tua.

Selain menggunakan benih bibit bunga kenanga, Anda juga bisa mendapatkan bibit dengan cara stek. Caranya adalah sebagai berikut

  1. Pilih cabang tanaman bunga kenanga yang belum terlalu tua, namun juga sudah tidak terlalu muda
  2. Potong pada bagian cabang, lalu potong potong dengan ukuran 10cm pada setiap stek.
  3. Saat melakukan pemotongan, pangkal batang harus dipotong dengan miring bukan lurus supaya permukaan menjadi lebih luas.
  4. Pada bagian yang terpotong oleskan perangsang akar dan fungisida.
  5. Buang sebagian daun supaya nutrisi bisa terdistribusi dengan baik.
  6. Gunakan tanah humus dan tancapkan batang stek dengan kedalaman sekitar 3cm hingga 4cm sampai bibit siap tanam.

Setelah Anda mendapatkan bibit dengan kualitas bagus, baik menggunakan bibit ataupun biji Anda bisa melakukan langkah selanjutnya dengan menyemainya. Kalau Anda menggunakan stek untuk mendapatkan bibit maka Anda bisa ikuti langkah ini:

  1. Siapkan polybag dengan ukuran sedang, lalu buat lubang kecil pada sisinya.
  2. Gunakan campuran tanah gembur, pupuk organik (atau Anda bisa juga menggunakan sekam) dan arang dengan komposisi 1:1:1
  3. Hindari penggunaan pupuk kimia dalam tahap penyemaian ini. Pupuk organik yang digunakan bisa pupuk kandang ataupun kompos yang ramah lingkungan.
  4. Masukkan campuran tanah ke dalam polybag. Jangan terlalu penuh, sisakan sedikit tempat supaya tanah tidak kemana mana saat penyiraman.
  5. Buat lubang untuk memasukkan biji kedalam polybag. Setiap polybag maksimal hanya 2 lubang saja supaya pertumbuhan bisa maksimal.
  6. Tutup kembali lubang dengan tanah campuran yang tersisa, atau bisa ratakan tanah yang ada di dalam polybag.
  7. Siram dengan metode spray untuk menjaga kelembaban tanah dan bibit tidak tergenang air.
  8. Bibit akan mulai tumbuh dan berkembang.

4. Tanam Bibit Bunga Kenanga

tanam bunga kenanga

Bibit yang tumbuh menjadi tunas sudah bisa ditanam pada usia 5-6 bulan dan memiliki tinggi sekitar 30cm hingga 50cm. Begini langkah menanamnya:

  1. Satu bulan sebelum bibit bunga kenanga ditanam, Anda harus memperhatikan kembali kondisi lahan yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.
  2. Pastikan tanah berada dalam kondisi gembur. Anda bisa menambahkan air ataupun tanah supaya tanah memiliki nutrisi yang cukup.
  3. Buat lubang tanam dengan menggunakan cangkul kecil ataupun sekop kecil dengan kedalaman 10cm hingga 15cm.
  4. Perhatikan lubang tanam, jarak yang baik antar lubang tanam berkisar antara 60cm hingga 100cm.
  5. Keluarkan bibit bunga kenanga dari dalam polybag dan masukkan dengan sangat hati hati supaya akar tidak rusak.
  6. Kalau Anda menanam di dalam polybag, maka ada perbedaan antara media tanam dengan media semai. Kalau di media semai lubang tanam yang dipersiapkan 2 per polybag, di media tanam hanya ada 1 lubang saja untuk setiap polybag.
  7. Tutup kembali lubang tanam atau Anda bisa memadatkan lubang supaya tanaman bisa berdiri kokoh.
  8. Untuk hasil yang baik Anda bisa menanam pada musim hujan. Namun kalau Anda menanam pada musim panas, maka perhatikan kelembaban tanah.
  9. Siram tanaman secara berkala supaya mendapatkan air yang cukup, namun hindari menyiram terlalu banyak sampai tergenang.

5. Rawat Bunga Kenanga

siram bunga kenanga

Ini adalah langkah yang paling penting, karena tanpa perawatan yang benar mustahil bunga kenanga yang ditanam bisa berkembang dan sehat. Anda juga tidak perlu terlalu risau dengan tanaman ini, karena tanaman ini adalah tanaman asli indonesia dengan iklim tropis

Penyiraman

Penyiraman yang benar adalah kunci keberhasilan menanam bunga kenanga. Anda harus melakukannya setiap hari secara rutin terutama apabila cuaca sedang panas. Berikut tahapan penyiraman:

  1. Pada usia tanaman 7-10 bulan, penyiraman bisa dilakukan dengan menggunakan air yang dicampur pupuk. Ini dimaksudkan untuk membuat tanah menjadi subur dan membantu pertumbuhan bunga kenanga.
  2. Apabila tidak memiliki pupuk organik cair, maka Anda bisa menggunakan air bekas cucian beras yang telah didiamkan 2 hingga 4 hari.
  3. Air bekas cucian beras ini bisa digunakan seperti menggunakan pupuk seperti biasa.
  4. Setelah diatas 7-10 bulan, penyiraman bisa menggunakan air biasa saja.
  5. Perhatikan cuaca, apabila sedang panas bisa menyiramnya 2 kali dalam satu hari. Namun apabila sedang musim hujan, intensitas penyiraman bisa dikurangi menyesuaikan dengan intensitas hujan.

Pemangkasan

Agak sedikit berbeda dengan jenis bunga lain yang tidak terlalu membutuhkan pemangkasan. Pada bunga kenanga pemangkasan harus dilakukan secara rutin. Berikut tahapan pemangkasan:

  1. Lakukan pemotongan secara berkala setiap satu bulan sekali supaya tanaman bisa rapi dan tumbuh subur.
  2. Dahan dan daun yang terlalu mencuat keluar dan mengganggu sebaiknya dipotong supaya terlihat lebih rapih
  3. Anda bisa menggunakan pisau kecil atau gunting daun. Sebaiknya jangan melakukan pemangkasan dengan langsung mematahkan rantingnya karena akan membuat pertumbuhan tanaman terganggu dan merusak tekstur.

6. Lakukan Pemupukan dan Penyiangan

pemupukan dan penyiangan kenanga

Supaya tanaman selalu tumbuh subur dan terhindar dari hama serta penyakit, maka langkah ini harus dilakukan secara rutin:

  1. Lakukan pemupukan lanjutan pada 3-4 minggu sekali.
  2. Lakukan penyiangan, singkirkan tanaman tanaman parasit yang mengganggu seperti gulma. Karena akan mengganggu pertumbuhan tanaman.

8. Panen Bunga Kenanga

Bunga kenanga bisa dipanen setelah bunga mekar dengan sepurna. Anda bisa menandainya dengan memperhatikan warna kelopak bunga yang berwarna kuning tua dan baunya harum semerbak.

Apabila Anda melakukan budidaya untuk memanfaatkan minyak atsiri pada bunga kenanga, maka sebaiknya panen dilakukan pada pagi hari karena kadar kandungan minyak atsiri akan mencapai puncaknya pada malam hari.

Namun kalau Anda hanya memanfaatkannya sebagai hiasan rumah maka Anda bisa melakukannya kapan saja untuk diletakkan di dalam vas bunga.

Selain menanam di lahan pekarangan atau memanfaatkan halaman rumah Anda, bunga kenanga juga bisa ditanam di dalam pot untuk menghias rumah Anda. Caranya tidak jauh berbeda dengan menanam di lahan seperti yang sudah dituliskan diatas:

  1. Cara mempersiapkan benih sama dengan yang sudah disebutkan diatas
  2. Siapkan pot dan isi bagian dasarnya menggunakan arang kayu atau bisa juga pecahan genting.
  3. Isi pot dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan komposisi 2:1, lalu masukkan ke dalam pot hingga 1/3 pot terisi penuh.
  4. Bibit kenanga bisa ditanam pada bagian tengah pot dengan posisi tegak, lalu padatkan tanahnya.
  5. Siram air supaya tanah dalam pot menjadi basah dan lembab.
  6. Pada usia tanaman 3 bulan, Anda bisa melakukan pemupukan dengan menggunakan NPK sebanyak setengah sendok teh yang dicampur dengan air.
  7. Naikkan dosis pupuk NPK menjadi satu sendok teh setelah tanaman berusia 6 bulan.
  8. Lakukan secara rutin setiap 2-3 bulan.
  9. Untuk tahapan perawatan Anda bisa melakukan sama persis seperti menanam di lahan. Tidak ada perbedaan dalam cara merawat baik di lahan ataupun di pot.

Demikian tutorial lengkap cara menanam bunga kenanga dengan mudah. Anda bisa mencobanya sendiri dengan mengikuti langkah langkah yang kami berikan. Selamat mencoba ya!

Baca juga: Cara Menanam Bunga Bakung!

Yoko Widito

Yoko adalah penulis profesional yang memiliki pengalaman menulis di berbagai media online dengan topik yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *