Cara Menanam Bunga Gladiol Supaya Cepat Berbunga

Bunga Gladiol atau yang memiliki nama asli Agus Gladiol adalah salah satu bunga dengan warna eye catching yang memiliki banyak penggemar. Bunga gladiol menjadi favorit karena selain cara menanam atau membudidayakannya mudah, bunga ini juga sering dijadikan sebagai tanaman hias maupun isian dalam buket bunga.

Di Indonesia sendiri Gladiol hadir sejak tahun 1988 yang berasal dari daratan Eropa. Saat ini ada sekitar 20 varietas dari tanaman ini yang hidup di Indonesia. Bunga ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dan mudah dibudidayakan karena dapat tumbuh pada ketinggian 600-1400 m dpl.

Kalau saat ini Anda sedang mencari kesibukan yang bermanfaat dam bisa menjadi investasi masa depan. Anda bisa mencoba untuk mengisi waktu luang dengan menanam Bunga Gladiol di rumah.

Dengan kegiatan menanam di rumah, selain bisa menjadi hiasan kebun atau halaman rumah, kegiatan menanam juga bisa dimanfaatkan untuk memperoleh kesehatan pada tubuh, menjaga kekompakan dalam keluarga, melestarikan alam serta menambah penghasilan.

Cek juga: Cara Menanam Bunga Cempaka


1. Pemilihan Bibit Bunga Gladiol

tentukan benih gladiol

Untuk mendapatkan bibit bunga gladiol caranya cukup mudah, Anda bisa melakukan 3 cara untuk mendapatkannya.

Membeli di toko pertanian

Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian dengan memilih varietas mana yang akan Anda tanam. Kelebihannya Anda bisa mendapatkan bibit unggul dengan mudah disini

Menggunakan Umbi

  1. Cari umbi yang berkualitas tinggi.
  2. Umbi gladiol berkualitas tinggi memiliki bentuk yang gemuk dan tebal.
  3. Semakin besar diameter umbi, memungkinkan untuk tanaman yang tumbuh semakin besar juga.
  4. Pastikan umbi yang digunakan tidak cacat

Menggunakan Anakan

  1. Tanaman gladiol yang sudah tumbuh besar, bisa diambil anakan umbinya yang tumbuh di sekitar tanaman gladiol yang sudah besar tersebut.
  2. Untuk mengambilnya, pisahkan perlahan umbi gladiol tersebut jangan sampai daunnya terputus.

2. Persiapan Media Tanam

semai gladiol

Membudidayakan tanaman hias gladiol, memiliki cara yang hampir sama dengan tanaman lainnya. Tidak ada kesulitan yang cukup berarti. Namun, perlu diingat bahwa tanaman hias gladiol lebih cocok hidup di daerah dengan ketinggian 600 hingga 1400 meter di atas permukaan laut.

Budidaya Gladiol akan bisa berkembang dengan baik apabila media tanam yang digunakan memiliki nutrisi yang cukup. Pastikan media tanam memiliki drainase yang baik, baik penanaman menggunakan pot ataupun menggunakan tanah.

  1. Umbi yang sudah diambil, diletakkan pada koran atau kertas bekas untuk dikeringkan.
  2. Selanjutnya umbi tersebut dibiarkan di tempat kering selama dua hingga tiga minggu untuk bisa digunakan menjadi umbi baru yang siap ditanam.
  3. Pilih lokasi di tempat terbuka, namun tidak terkena terik matahari secara langsung agar bunga tidak terlalu kering.
  4. Siapkan tanah dengan komposisi tanah, sabut dan pupuk kompos yang memiliki perbandingan dosis 1:1:1.
  5. Buat lubang dengan kedalaman sekitar 15 hingga 18 cm. Beri jarak antar umbi sejauh 20cm.
  6. Siram tanaman secukupnya, bila cuaca panas bisa disiram sebanyak 2 kali sehari.

3. Perawatan Bunga Gladiol

rawat bunga gladiol

Tujuan utama menanam Tanaman Gladiol pasti untuk memperoleh hasil bunganya yang indah. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan.

  1. Temukan batang Gladiol yang sudah terdapat kuncup bunga.
  2. Potong batang tersebut secara diagonal menggunakan pisau yang tajam untuk menghindari daun yang tidak diinginkan ikut terpotong. Usahakan memotong pada pagi atau sore hari.
  3. Siapkan vas bunga yang berisi air, larutan pengawet, gula dan pembasmi kuman. Berikan dengan perbandingan isi untuk 1 liter air, 1 sendok makan pemutih, 2 sendok teh gula dan 1 sendok teh cuka.
  4. Letakkan potongan tersebut di dalam vas dengan air hangat serta dengan tambahan larutan pengawet, gula dan pembasmi kuman tadi.
  5. Jika bunga sudah diinginkan untuk mekar, tambah jumlah gula dalam vas tersebut, bila sebelumnya sebanyak kira-kira 1%, kini ditambah hingga 10%.
  6. Untuk mempercepat proses pemekaran, simpan di tempat atau ruangan yang lebih hangat.

Demikian tadi cara yang cukup mudah untuk menanam dan merawat bunga gladiol. Cara yang cukup sederhana untuk diterapkan di rumah baik yang memiliki lahan tanam maupun tidak. Gunakan kegiatan menanam sebagai salah satu aktivitas positif saat di rumah saja. Selamat mencoba

Menarik: Cara Menanam Kaktus

Yoko Widito

Yoko adalah penulis profesional yang memiliki pengalaman menulis di berbagai media online dengan topik yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *