Cara Menanam Bunga Geranium

Percaya atau tidak geranium merupakan salah satu bunga favorit sepanjang zaman yang bisa ditanam oleh para pecinta tanaman hias. Alasannya adalah karena geranium merupakan salah satu bunga yang mudah ditumbuhkan, berwarna cantik, dan memiliki aroma yang nikmat.

Nah menariknya walaupun memang secara umum geranium ditanam di luar rumah, kamu juga bisa loh menanam bunga geranium di dalam rumahmu. Selama kamu bisa memberikan geranium tersebut cukup sinar matahari dapat dipastikan ia akan berbunga cantik.

Oleh karena itulah menurut kami kamu yang baru ingin mempelajari cara menanam tumbuhan, bisa memilih geranium sebagai salah satu yang cukup mudah. Selain bisa dipelajari dengan mudah, toh warna nya yang cantik akan memberikan kenikmatan tersendiri!


Kondisi Pertumbuhan Geranium yang Ideal

Kondisi Pertumbuhan Geranium yang Ideal

Sebelum mulai menanam geranium, kamu harus memahami bahwa ada beberapa kondisi ideal yang bisa membuat geranium menjadi bunga yang tumbuh sepanjang tahun dan tentu bisa tampak cantik.

1. Menyukai matahari

Geranium merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup manja terhadap sinar matahari. Geranium membutuhkan cukup banyak sinar matahari agar bisa tumbuhdengan cantik dengan warna yang mencolok.

Idealnya kamu harus memberikan tanaman geranium pancaran sinar matahari mulai dari 6-7 jam per harinya. Meski demikian kamu tetap bisa menanam geranium dalam rumah, selama tetap mendapatkan sinar matahari itupun sudah lebih dari cukup kok.

2. Tanah yang cocok

Sama seperti tanaman lainnya, pemilihan jenis tanah sebagai media tanam geranium pun nantinya akan memengaruhi bagaimana tanaman geranium yang kamu punya akan tumbuh.

Tanah yang paling ideal untuk pertumbuhan bunga geranium adalah tanah gembur dengan banyak unsur hara (tentu saja!). Adapun manure dan vermiculite tidak direkomendasikan untuk menjadi media tanam bagi geranium.

3. Lokasi tanam

Berhubungan dengan sifatnya yang manja akan sinar matahari, kamu bisa meletakkan geranium dimanapun selama bisa mendapatkan sinar matahari selama 6-7 jam sehari, walaupun diletakkan di dalam rumah.

Meski demikian idealnya kamu memberikan jarak tanam yang cukup sehingga bunga-bunga geranium bisa saling bermekaran tanpa harus khawatir saling menularkan penyakit yang tentu membuat tanaman ini tidak tumbuh baik.

4. Waktu pertunasan terbaik

Sebenarnya pertunasan geranium tidak membutuhkan lingkungan yang terlalu sulit, namun diketahui suhu dingin layaknya suhu di malam hari sudah cukup untuk memacu pertunasan bunga geranium.


Cara Menanam Bunga Geranium

Benih geranium

Nah sampailah kita pada bagian yang paling penting, yakni mengenai cara menanam bunga geranium sehingga bisa bermekaran dan bisa dipamerkan kepada teman-teman dan tamu yang berkunjung ke rumahmu tentu saja.

1. Mempersiapkan benih

Berbeda dengan beberapa jenis bunga yang memiliki tanaman indukan, tanaman geranium diketahui tidak memiliki indukan sehingga mutlak kamu harus menanam bunga geranium mulai dari biji.

Benih geranium sendiri saat ini kamu bisa dapatkan di banyak toko-toko di tempat tinggalmu. Bila tidak ada toko sarana tani di tempat tinggalmu, kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di internet kok.

Nah perlu kamu ketahui bahwa geranium merupakan salah satu tanaman yang cukup mudah untuk dikawin silang, sehingga saat ini ada banyak jenis tanaman geranium yang bisa kamu beli, diantanya adalah sebagai berikut:

  • Geranium bunga merah (patriot)
  • Geranium bunga pink (light)
  • Geranium bunga pink putih
  • Geranium bunga putih
  • Geranium bunga ungu muda

Masing-masing memiliki warna yang berbeda-beda, sesuai dengan nama yang disandangnya tentu saja. Selain itu masing-masing geranium diketahui memiliki wangi yang cukup khas sehingga bisa dikenali dengan mudah.

2. Mempersiapkan pot

Salah satu tempat untuk menanam geranium adalah di pot, meski demikian tentu saja menanam di tanah yang lapang adalah yang terbaik. Tapi bila ingin menjadikan geranium sebagai tanaman hias, pot lah pilihannya.

Penanaman geranium di dalam pot cukup dianjurkan karena proses pemeliharaan serta perawatannya relatif lebih mudah. Adapun langkah-langkah di dalam mempersiapkan pot untuk tumbuhan geranium adalah sebagai berikut ini:

  • Bahan pot tanaman boleh apa saja, untuk saat ini kamu bisa membeli yang berbahan plastik ataupun tanah liat sehingga lebih murah.
  • Pilih lah pot bunga dengan ukuran sedang yakni diameter pot antara 25 cm hingga 35 cm.
  • Jangan lupa untuk melubangi minimal dasar pot untuk aliran sir masuk, dan kemudian jangan lupa untuk cuci pos yang akan digunakan dengan bersih.
  • Bila sudah tentu saja cukup mengeringkan pot yang telah dicuci bersih tersebut.

3. Mempersiapkan media tanam

Kembali lagi, kamu boleh menanam geranium di tanah lapang dan bisa juga menanam geranium di dalam pot. Namun yang jelas untuk keduanya tentu saja kamu harus memberikan media tanam.

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan media tanam adalah sebagai berikut ini:

  • Campuran media tanam yang baik adalah tanah : pasir : kompos = 1 : 1 : 1.
  • Jangan lupa mencampur dengan baik sehingga seluruh bagian bisa terdistribusi secara merata.
  • Sebelum memasukkan media tanam ke dalam pot, kamu bisa memasukkan pecahan besar batu bata, ataupun pecahan genting di dasar pot sehingga bisa memberikan rongga udara yang cukup besar.
  • Bila sudah kamu bisa menimbun pecahan-pecahan tersebut dengan campuran media tanam yang telah kamu buat sebelumnya.
  • Nah untuk media tanam ini jangan ragu, campur sejumlah besar hingga pot menjadi berisi dan padat.
  • Siram media tanam, apabila media tanam ketinggiannya berkurang artinya media tanam kurang padat. Bila demikian kamu cukup menambahkan media tanam hingga benar-benar padat dan penuh.

4. Menanam benih geranium

Setelah kamu yakin kalau media tanam yang kamu punya benar-benar siap tentu saja kamu bisa langsung melakukan penanaman benih geranium yang telah kamu beli sebelumnya.

Menariknya untuk bisa menanam benih geranium kamu tidak perlu melakukan persemaian alias bisa dilakukan secara langsung. Inilah salah satu alasan mengapa menurut kami geranium termasuk salah satu tanaman yang mudah dikembangkan dan boleh digunakan untuk belajar.

Adapun langkah-langkah terbaik yang bisa kamu lakukan untuk melakukan penanaman benih geranium adalah sebagai berikut ini:

  • Penanaman sebenarnya bisa dilakukan kapan pun, namun waktu terbaik untuk menanam benih geranium adalah pagi hari ataupun sore hari. Hindari melakukan penanaman geranium saat suhu tanah mulai meningkat.
  • Buka bungkusan benih dan ambil 3 hingga 5 benih geranium dan tanamlah sejumlah tersebut di dalam satu pot. Kamu bisa melanjutkan proses penanaman benih geranium sesuai dengan jumlah pot yang kamu punya.
  • Setelah penanaman benih awal, jangan lupa untuk menyiram tanaman tersebut, dan gunakanlah penyemprot agar medium tanam tidak terlalu basah.
  • Untuk tanaman geranium sendiri rata-rata kamu akan melihat kecambah geranium pada hari ke 4 hingga 5 semenjak penanaman dan setelah 7 hari biasanya akan terlihat daun-daun muda dari geranium,.
  • Jangan lupa melakukan peletakkan geranium di tempat teduh namun tetap terpapar dengan sinar matahari.

5. Perawatan geranium

Tahapan ini barangkali merupakan salah satu tahapan yang paling sulit karena membutuhkan keuletan dan kesabaran yang tinggi agar bisa menghasilkan geranium yang indah dan menawan.

Ada beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan terkait perawatan geranium. Hal pertama adalah terkait pengairan dimana tanaman geranium ini tidak terlalu manja soal air sehingga bisa dilakukan penyiraman sesuai dengan kondisi media tanam saja.

Poin kedua adalah pemupukan yang bisa menggunakan pupuk standar yang dijual secara bebas. Misalnya menggunakan pupuk cair 20:20:20 yang bisa kamu dapatkan di toko-toko sarana tani di kotamu.

Poin ketiga adalah melawan serangan hama, yang tentu saja bisa merusak kecantikan dari tanaman ini. Salah satu hama yang menjengkelkan adalah serangga yang senang memakan tumbuhan ini. Nah cukup gunakan insektisida sewajarnya ya.

Poin keempat yakni untuk selalu rajin menjaga kesehatan tanaman dengan cara melakukan pemeriksaan rutin terhadap tanaman yang mati. Bila menemukan bagian tanaman yang mati, saran kami adalah untuk  memotongnya agar tanaman terhindar dari jamur dan bisa memicu pertumbuhan tanaman yang baru.

Poin terakhir yakni pemisahan tumuhan anakan, bila tanaman yang kamu punya sudah cukup rimbun dan memiliki batang yang tebal, kamu bisa langsung mengambilnya dan kemudian menanamkannya kembali di tempat yang lain.

Fakhri Zahir

Penulis berpengalaman yang mengisi banyak konten di website populer. Pegiat dunia agrikultur dan kedokteran.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Ikut berkomentarx
()
x