Cara Menanam Bunga Dandelion [Yang Benar]

Bunga dandelion merupakan salah satu jenis tanaman liar yang memiliki keindahan untuk dipandang namun tumbuh secara liar pada lahan yang kosong.

Bunga dandelion tidak memiliki kelopak bunga yang indah dan aroma yang wangi seperti kebanyakan bunga hias lainnya. Namun dibalik itu semua bunga dandelion memiliki filosofi yang kuat yaitu melambangkan kesederhanaan, kesetiaan, dan kekuatan.

Bunga dandelion memiliki nama latin Taraxacum officinale atau lebih dikenal juga dengan sebutan bunga randa tapak. Bunga ini bukan merupakan bunga asli Indonesia, bunga dandelion pertama kali ditemukan di dataran Eropa dan wilayah Amerika Utara.

Bagi kalian yang hendak ingin menanam dan membudidayakan tanaman bunga dandelion, simak penjelasan berikut ini.


1. Tentukan Lokasi Tanaman Bunga Dandelion

Tentukan lokasi tanam dandelion

Penentuan lokasi adalah hal pertama yang dilakukan ketika kalian hendak melakukan penanaman suatu tanaman apapun. Ini sangat penting untuk dilakukan sebelum lanjut ke langkah berikutnya.

Dalam menentukan lokasi yang dipilih untuk tanaman bunga dandelion sebaiknya disesuaikan dengan habitat aslinya yaitu lokasi yang terbuka seperti di alam liar dan terkena pancaran sinar matahari secara langsung.

Kalian bisa menggunakan lahan pekarangan di rumah kalian untuk digunakan sebagai lokasi penanaman tanaman bunga dandelion.

Selanjutnya setelah kalian menemukan lahan yang dirasa cocok sebagai lokasi penanaman tanaman bunga dandelion kalian gali lubang dengan ukuran lubang 20 cm × 20 cm × 20 cm.

Selanjutnya kalian masukkan 1 sampai 2 kg pupuk kandang ke dalam lubang tanam untuk kemudian kalian biarkan selama 1 minggu. Setelah 1 minggu berlalu, maka kalian gemburkan tanah yang ada di sekitar lubang tanam.

Terakhir, lubang yang telah didiamkan selama 1 minggu tersebut sudah siap untuk kalian tanami bibit tanaman bunga dandelion.

Cek juga: Cara Menanam Bunga Lavender


2. Persiapkan Benih Dandelion

Persiapkan Benih Dandelion

Terdapat berbagai macam varietas bunga dandelion namun yang paling sering atau banyak dibudidayakan dan ditanam oleh kebanyakan orang ialah jenis varietas tanaman bunga dandelion umum dengan nama ilmiah Taraxacum officinale

Langkah kedua ialah kalian pelajari semua yang kalian ketahui tentang tanaman bunga dandelion agar ketika kalian hendak membeli bibitnya kalian tidak dibodohi oleh pedagang yang menjualnya.

Kemudian biasanya benih yang dijual di pasaran baik secara offline ataupun online berisi sebanyak 50 biji per bungkus dengan kisaran harga 10 ribuan.

Selanjutnya, pastikan benih yang telah kalian beli, sudah siap untuk di tanam dan tidak memerlukan perlakuan tambahan lainnya.

Terakhir, untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa tanyakan kepada para penjual yang menjual bibitnya dengan sejelas-jelasnya.


3. Mulai Proses Penanaman

Mulai Proses Penanaman

Langkah berikutnya setelah kalian melakukan proses pembibitan tanaman dandelion ialah, kalian lakukan proses penanaman. Proses penanaman tanaman bunga dandelion dapat dilakukan dengan 2 cara.

  • Pertama, yaitu dapat melalui biji benih bunga dandelion yang ditanam secara langsung ke dalam lubang tanam,
  • Kedua, kalian bisa menyemai terlebih dahulu benih tanaman bunga dandelion pada polybag, baru kemudian setelah tumbuh, kalian pindahkan ke lokasi lahan yang telah disiapkan terlebih dahulu.

Namun, sebaiknya disarankan ketika menanam tanaman bunga dandelion kalian lakukan penyemaian benih bunga dandelion terlebih dahulu, karena berdasarkan statistik dan pengalaman dari yang sudah menanam tanaman bunga dandelion, angka kehidupan ketika melakukan penyemaian bibit lebih tinggi dibandingkan yang langsung di tanam pada lubang tanam.

Berikut ini adalah cara penyemaian benih tanaman bunga dandelion:

  1. Pertama, kalian simpan benih ditempat yang sejuk dan terlindung dari pancaran sinar matahari secara langsung.
  2. Selanjutnya siapkan dan beli polybag yang berisikan media tanam berupa campuran tanah yang dihaluskan terlebih dahulu, pupuk kandang dan sedikit pasir. Serta pada bagian bawah polybag kalian lubangi yang berguna sebagai saluran air yang keluar ketika melakukan penyiraman.
  3. Terakhir, setelah siap semua, maka semailah benih bunga dandelion kepada media tanam tersebut, kemudian kalian lakukan penyiraman dengan menggunakan air secukupnya.

4. Pelihara dan Rawat Dandelion

Pelihara dan Rawat Dandelion

Untuk proses selanjutnya setelah penanaman, maka kalian lakukan proses pemeliharaan. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Penyiraman, pada proses ini kalian lakukan penyiraman dengan air yang bersih secara rutin setiap harinya setiap pagi dan sore hari pada bibit yang baru kalian tanam, karena setelah bibit dipindahkan ke media tanam, bibit memerlukan banyak air. Namun apabila sedang turun hujan deras setiap harinya, maka kalian tidak perlu melakukan lagi tindakan penyiraman.
  2. Pemupukan, lakukan pemberian pupuk secara rutin dan teratur setiap 3 minggu 1 kali pemakaian pupuk kandang.
  3. Penyiangan, proses ini dilakukan berupa pencabutan tanaman gulma atau tanaman pengganggu yang akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman bunga dandelion.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Kenanga


5. Panen

Panen Dandelion

Setelah kalian melewati proses tentang bagaimana cara menanam bunga dandelion yang baik yang benar, maka selanjutnya kalian akan memasuki tahap akhirnya, yaitu proses pemanenan.

Setelah 3 bulan lamanya setelah masa tanam, tanaman bunga dandelion akan berbunga. Meskipun dalam keadaan cuaca yang sangat ekstrem sekalipun bunga dandelion tetap dapat menghasilkan bunga.

Pada saat masa awal-awal berbunga, bunga dandelion memiliki warna kuning. Sedangkan bunga yang berwarna semakin putih menandakan umur bunga dandelion semakin menua.

Bunga dandelion biasanya memiliki diameter 2 hingga 5 cm dan seluruhnya terdiri dari sinar kuntum. Kemudian bunga yang matang akan berubah menjadi kepala jam, berbentuk bulat seperti jam dan ketika buah dari bunga dandelion masak, akan diterbangkan oleh angin dengan jarak yang jauh.

Bunga dandelion mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, D, E, B kompleks, C, fosfor, mangan, magnesium, kalium, seng, kalsium, natrium dan tembaga. Selain itu juga bunga dandelion mengandung serat dan zat lainnya seperti taraxerol, taraxasterol dan asam klorogenat.

Sebagai bonus, berikut adalah manfaat yang katanya terdapat pada bunga dandelion:

  • Bunga dandelion mengandung vitamin C yang kaya akan antioksidan yang bisa membantu tubuh menangkal berbagai radikal bebas serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Bunga dandelion mengandung serat inulin yang dapat membantu mendukung kesehatan pencernaan dan mendukung perkembangan prebiotik. Jika kaian memiliki masalah sembelit atau susah untuk Buang Air Besar maka kalian bisa menggunakan bunga dandelion untuk mengatasinya.
  • Bunga dandelion memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi jaringan hati dari kontaminasi racun. Bunga dandelion juga dapat mengurangi kadar lemak di dalam jaringan hati.
  • Bunga dandelion dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida secara efektif. Penurunan kadar lipid darah juga dapat bisa menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Bunga dandelion memiliki kandungan cikorir dan klorogenat yang merupakan senyawa bioaktif, kandungan tersebut secara efektif dapat berguna untuk mengurangi dan mengendalikan kadar gula darah
  • Kandungan potasium dan kalium yang terkandung pada bunga dandelion memiliki sifat diuretik yang dapat bisa melakukan detoksifikasi tubuh.
  • Bunga dandelion mengandung zat polifenol yang bersifat antiinflamasi yang berguna untuk meredakan nyeri akibat radang.
  • Bunga dandelion memiliki kandungan yang mampu menghambat dan mengurangi pertumbuhan sel-sel penyebab munculnya kanker
  • Kandungan yang ada didalam bunga dandelion dapat meningkatkan metabolisme tubuh terhadap zat-zat gizi makro dan mengurangi absorpsi lemak, sehingga berat badan menjadi turun.
  • Bunga dandelion tidak hanya digunakan sebagai kesehatan, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan tubuh, bunga dandelion memiliki kandungan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan DNA akibat paparan sinar matahari, jerawat, usia dan lainnya.

Begitulah tentang cara bagaimana menanam bunga dandelion dengan cara yang baik dan benar. Filosofi dari bunga dandelion dapat kalian tiru, karena bunga dandelion dapat tumbuh dimanapun dengan konsidi cuaca yang ekstrem, hal ini menandakan sekeras dan sesulit apapun kehidupan yang dijalani, maka kalian tetap harus tumbuh dan berjuang.

Intinya tetap semangat dan berusaha serta janganlah berputus asa pada saat menghadapi kesulitan. Selamat mencoba menanam dan membudidayakan tanaman bunga dandelion, sabar adalah kunci, semoga hasilnya memuaskan dan tetap semangat!

Baca: Mau Menanam Bunga Asoka? Ini Panduannya

Dimas

Menyajikan konten berisi panduan menanam, informasi, dan fakta unik seputar tanaman di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *