Cara Menanam Bunga Dahlia [Panduan Lengkap]

Tanaman dengan bunga yang sangat cantik ini berasal dari Meksiko, dan saat ini sudah ditetapkan menjadi bunga nasional di negaranya tersebut. Kali ini Kutanam akan membahas mengenai cara menanam bunga dahlia yang mudah.

Bunga dahlia memiliki sifat tahunan hanya berbunga di musim panas hingga musim gugur. Inilah mengapa bunga ini menjadi favorit di kalangan pecinta bunga. Mudah ditanam dimana saja karena sifat alami bunga ini sangat mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan apapun.

Pembudidayaan bunga dahlia di luar negara asalnya sudah dimulai pada tahun 1789 di Royal Botanical Garden di Madrid, Spanyol.

Pada tahun 1872 Belanda mulai mengembangbiakkan bunga Dahlia yang dikirim langsung dari Meksiko. Dari satu kotak umbi yang dikirim, hanya satu umbi saja yang berhasil berbunga. Akan tetapi bunga tersebut memiliki warna merah dengan daun bunga yang runcing.

Perkembangbiakan bunga dahlia bisa dikatakan cukup lambat, namun meskipun begitu pada tahun 1841 bunga dahlia sudah memiliki 1.200 jenis. Pada abad ke 19 bunga dahlia mulai masuk ke Jawa Barat dan saat ini bunga dahlia termasuk dalam komoditas penting di dunia.


1. Ketahui Jenis Bunga Dahlia Yang Sering Ditanam

Ketahui Jenis Bunga Dahlia Yang Sering Ditanam

Ada lebih 1.200 jenis bunga dahlia, dari sekian banyak bunga dahlia ini ada 4 jenis bunga dahlia yang banyak disukai orang karena kencantikannya.

  • Hanakerusai Dahlia: Memiliki karakteristik bunga yang berwarna merah dengan semburat kuning pada bagian tengah bunga, kedua warna ini menghasilkan perpaduan warna yang sempurna dan sangat cantik. Mahkota bunga memiliki bentuk runcing dan mengumpul.
  • Dahlia Kuning: Memiliki karakterisitik bunga yang berwarna kuning dengan beberapa warna putih pada bagian ujungnya sehingga menghasilkan warna yang cerah. Mahkota bunga memiliki bentuk kecil dan mengumpul.
  • Hibotan Dahlia: Memiliki karakteristik warna merah muda yang sangat cantik. Jenis dahlia ini memiliki kuncup kecil pada bagian tengah bunga. Sangat indah dan cantik untuk menghias rumah Anda.
  • Yukitemari Dahlia: Memiliki karakteristik warna putih bersih dengan warna kuning pada bagian tengah menjadikan kesan cantik dan suci. Walaupun namanya memiliki kesan Jepang, namun jenis dahlia ini bukan berasal dari Jepang.

Kalau sekarang Anda tertarik untuk bunga yang sangat cantik dengan berbagai warna ini, berikut adalah cara menanam bunga dahlia yang benar.


2. Tentukan Lokasi Tanam

Tentukan Lokasi Tanam

Salah satu hal yang paling penting dalam menanam bunga dahlia adalah sistem pengairan dan sinar matahari. Karakteristik bunga dahlia sedikit berbeda dengan bunga lain pada umumnya. Kalau pada bunga lain cenderung mudah pudar saat terkena sinar matahari, lain halnya dengan bunga dahlia yang harus terkena sinar matahari langsung supaya bisa berkembang dengan baik.

Selain sinar matahari, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah sistem pengairan yang lancar. Ini sangat penting untuk memastikan bunga dahlia mendapatkan cukup asupan air saat berada dibawah sinar matahari langsung.


3. Pilih Bibit Dahlia

pilih bibit dahlia

Bibit dahlia sangat mudah untuk didapatkan. Anda bisa mendapatkannya dari toko penjual bibit bunga terdekat atau Anda bisa mendapatkannya dari bunga dahlia yang sudah tumbuh sebelumnya. Dengan membeli bibit bunga dahlia maka Anda bisa memilih sendiri jenis bunga dahlia yang akan Anda tanam.

Namun dengan mendapatkan bibit bunga dari bunga yang sudah tumbuh sebelumnya, Anda bisa mengetahui langsung bibit bunga dahlia yang bagus untuk ditanam.

Anda bisa mengambil biji bunga dahlia untuk Anda jadikan bibit bunga Anda sendiri. Untuk dahlia kaktus, semi kaktus atau dahlia yang tidak memiliki biji Anda bisa memanfaatkan batang ataupun umbi untuk dijadikan bibit.


4. Persiapkan Media Tanam

Persiapkan Media Tanam

Anda memiliki beberapa opsi disini, kalau Anda memiliki lahan yang luas dan ingin dijadikan kebun bunga dahlia maka Anda harus mempersiapkan lahan tersebut terlebih dahulu. Anda bisa menggemburkan lahan terlebih dahulu dan memberikan pupuk kandang.

Namun kalau Anda tidak memiliki lahan yang luas, Anda masih bisa menikmati kecantikan bunga dahlia dengan menanamnya dalam pot ataupun polybag. Yang perlu Anda persiapkan adalah media tempat menanam, tanah humus dan pupuk kandang.

Media tanam apapun yang Anda pilih untuk menanam bunga dahlia, Anda harus benar benar memastikan bunga yang ditanam terkena sinar matahari langsung dan mendapatkan supply air yang baik.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Telang


5. Tanam Bunga Dahlia

Tanam Bunga Dahlia

Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan saat menanam bunga dahlia, berikut ini akan kami berikan tutorial lengkapnya.

Cara Menanam Bunga Dahlia Dengan Benih:

  1. Persiapkan benih dahlia, Anda bisa mendapatkannya dengan membeli ataupun mendapatkan biji dari bunga dahlia.
  2. Persiapkan media semai berupa tanah subur, humus dan pupuk kandang dengan komposisi 1:1:1
  3. Sebarkan bibit merata diatas media semai lalu tutup tipis dengan tanah.
  4. Jaga kelembaban media semai Anda. Kalau menanam di musim panas, Anda bisa gunakan karung goni atau daun pisang yang bersih diatas media semai. Kalau menanam di musim hujan, Anda bisa gunakan naungan berupa plastik transparan diatas media semai.
  5. Setelah bibit tumbuh dan berdaun sempurna sebanyak 6 helai, Anda bisa pindahkan dahlia ke tempat yang lebih besar yang berisi sekam dan pupuk kandang dengan komposisi 6:1.
  6. Hati hati saat melakukan pemindahan ini supaya tidak ada akar yang rusak dan putus
  7. Selalu perhatikan intensitas sinar matahari, karena pertumbuhan bunga dahlia membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Cara Menanam Bunga Dahlia Dengan Stek:

  1. Cara ini bisa digunakan pada bunga dahlia besar yang tidak dapat berbiji.
  2. Persiapkan bahan stek dari tumbuhan bunga dahlia yang sudah tumbuh pada bagian tunas ketiak dengan ukuran 7-10 cm.
  3. Anda bisa menggunakan pisau stek atau pisau yang tajam untuk memotong tunas. Pastikan pisau yang digunakan bersih untuk menghindari penyakit.
  4. Persiapkan media semai di polybag kecil yang berisi sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 6:1.
  5. Bibit biasanya siap jual setelah 3 hari.

Cara Menanam Bunga Dahlia Dari Umbi:

  1. Ambil umbi dari dahlia kaktus atau semi kaktus dengan usia 7 bulan dan sudah habis masa bunga pertamanya
  2. Potong umbi 10 cm dari permukaan tanah
  3. Gali tanah lalu angkat umbi dari batang utama.

6. Rawat Bunga Dahlia

Supaya Anda bisa mendapatkan bunga dahlia dengan bunga yang indah, serangkaian perawatan harus Anda lakukan dengan benar supaya tanaman bunga dahlia tumbuh dengan subur.

Saat berada di media semai

Selama bibit masih berada di media semai penyiraman harus rutin dilakukan 1 kali dalam 1 hari. Namun pada media semai ini belum perlu diberi pupuk karena bibit sudah mendapatkan makanan yang cukup dari media semai. Lakukan penyiangan gulma secara rutin supaya bibit tumbuh dengan sehat, lakukan dengan hati hati supaya bibit tidak rusak.

Saat berada di polibag

Tanaman harus disiram 2 kali dalam 1 hari (pagi dan sore). Namun kalau hujan, intensitas penyiraman bisa dikurangi. Pada masa ini, Anda bisa menggunakan pemupukan menggunakan Basudin atau Pestisida Antracol setiap 2 minggu sekali saat pergantian musim kemarau ke hujan atau musim hujan ke kemarau.

Anda bisa juga menambahkan pupuk daun Gandasil daan NPK sebanyak 1 gram setiap 1 minggu sekali.Lakukan penyiangan gulma secara rutin supaya bibit tumbuh dengan sehat, lakukan dengan hati hati supaya bibit tidak rusak.

Penjarangan dan Penyulaman

Kalau Anda menanam di lahan yang cukup luas maka ini harus Anda lakukan supaya tanaman bisa tumbuh secara seragam. Lakukan ini sampai tanaman berusia 3 minggu. Namun kalau Anda menanam di polibag atau pot maka Anda tidak perlu melakukan ini.

Lakukan penjarangan kalau dalam satu tangkai terdapat terlalu banyak bunga, ini dilakukan supaya bunga bisa mencapai diameter yang maksimal. Pada dahlia kaktus hanya terdapat 1 bunga saja yang dibiarkan hidup dalam 1 tangkai, kalau pada dahlia semi kaktus bisa terdapat 5-6 jenis bunga.

Penyiangan

Lakukan penyiangan untuk memastikan nutrisi bisa terserap bunga dahlia dengan sempurna. Lakukan saat gulma mulai tumbuh, saat pemupukan dan pembumbunan. Anda bisa menggunakan mulsa organik untuk mencegah tumbuhnya gulma, Anda bisa memberikannya diantara tanaman.

Saat tanaman mencapai ukuran 1 meter, bumbun tanaman dan sangga dengan menggunakan 2 bilah bambu supaya tanaman selalu tegak.

Pemupukan

Pemupukan harus Anda lakukan setiap 10 hari untuk memastikan tanaman dahlia mendapatkan nutrisi yang cukup. Anda bisa menggunakan urea, SP-36 dan KCI dengan takaran masing masing 2 gram. Atau Anda bisa juga menggunakan NPK dengan takaran sebanyak 5 gram.

Anda bisa melakukan pemberian pupuk setelah 10 hari masa tanam dan berikan jarak 15 cm dari pangkal batang. Tutup pupuk dengan menggunakan tanah.

Penyiraman dan Pengairan

Anda melakukan keduanya ini sesuai dengan masa pertumbuhan tanaman. Pada masa awal tanaman tumbuh, tanah yang berada di pangkal batang sampai titik paling luar tajuk harus benar benar Anda jaga supaya tidak kering.

Lakukan penyiraman sebanyak 2-3 kali dalam satu hari untuk mencegah tanaman kering, Anda bisa juga melakukannya sesuai dengan kondisi cuaca.

Setelah tanaman mulai bertambah besar, penyiraman bisa dilakukan setiap 5 hari sekali dan lakukan setelah selesai memberikan pupuk.

Penyiraman

harus dilakukan rutin dan tidak boleh terlambat, karena akan berdampak pada bibit yang tumbuh tidak sempurna. Terlebih apabila udara sedang pada intensitas yang panas.


Demikian tutorial lengkap cara menanam bunga dahlia yang bisa Anda lakukan sendiri. Cukup mudah bukan dalam melakukannya? Yang terpenting dalam menanam bunga dahlia ini adalah pemilihan bibit, mengingat ada cukup banyak jenis bunga dahlia yang ada saat ini.

Anda bisa mencari terlebih dahulu jenis bunga dahlia yang disenangi lalu Anda bisa mulai menerapkan langkah langkah yang kami berikan ini supaya bunga dahlia Anda bisa tumbuh optimal.

Yoko Widito

Yoko adalah penulis profesional yang memiliki pengalaman menulis di berbagai media online dengan topik yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *