Cara Mudah Menanam Bunga Aster [Panduan Lengkap]

Bunga aster berasal dari rumpun yang sana dengan bunga matahari dan berasal dari keluarga Asteraceace. Cara merawat yang mudah dan masa menanam yang singat membuat bunga aster ini menjadi primadona di kalangan pedagang bunga.

Tanaman ini dikenal juga dengan daisy atau seruni memiliki bentuk yang mirip dengan bunga kertas dan berada dalam rumpun yang sama dengan bunga matahari. Bunga aster berasal dari negara Tiongkok memiliki variasi warna yang cukup banyak dengan tinggi berkisar antara 30-70cm.

Aster dapat ditanam dimana saja dan menariknya bunga ini tidak mengenal musim, jadi Anda bisa menikmati bunga ini kapan saja. Untuk bisa mendapatkan bunga aster yang bagus dan cantik, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan.

Berikut ini Anda bisa mengetahui jenis bunga aster yang banyak disukai dan tahapan cara menanam yang benar.


1. Pahami Jenis Bunga Aster

aster 6

Ada beberapa jenis bunga aster, berikut ini adalah jenis bunga aster yang paling diminati karena kecantikannya.

  1. Bunga Aster Chinensis – Tipe Princess, memiliki karakteristik kelopak bunga berwarna biru tua, merah muda, putih, kuning muda dan biru muda.
  2. Bunga Aster Chinensis – Tipe Amerika, memiliki karakteristik kelopak bunga berwarna biru muda, biru, merah muda, merah lembayung, merah dan putih.
  3. Bunga Aster Chinensis – Tipe Liliput, memiliki karakteristik kelopak bunga berwarna biru, merah tua, merah muda dan putih.
  4. Bunga Aster Chinensis – Tipe Giant Cornet, memiliki karakteristik kelopak bunga berwarna merah tua, merah muda dan putih.
  5. Bunga Aster Nivae Angeliae, memiliki karakteristik kelopak bunga berwarna violet muda dan violet.
  6. Bunga Aster Tipe Incisus, memiliki karakteristik kelopak bunga berwarna violet agak kebiruan.

2. Tentukan Media Tanam Bunga Aster

aster 5

Bunga aster membutuhkan media tanam yang tepat supaya bisa dibudidayakan dengan baik. Persiapkan media tanam berupa sekam, tanah dan pupuk kandang dengan rasio 1:1:1. Atau kalau Anda cukup repot, Anda bisa membeli media tanam yang sudah jadi di toko pertanian.


3. Persiapkan Benih

aster 4

Anda bisa mendapatkan benih bunga aster di toko pertanian terdekat atau bisa juga didapatkan di toko bibit bunga online.

Benih tidak dapat langsung ditanam di media tanam, namun terlebih dahulu harus Anda letakkan dalam media semai berupa sekam, tanah dan pupuk kandang atau bisa juga menggunakan tanah yang dicampur dengan kompos halus atau pasir. Semua media tanam ini menggunakan komposisi 1:1:1.

Setelah bibit selesai disemai, Anda harus menutup media semai namun hindari menutup yang terlalu tebal. Jaga kelembaban media dengan menyiram secara rutin. Perhatikan saat bibit bunga aster mulai tumbuh 3 sampai 5 helai, bunga aster bisa segera Anda pindahkan ke media tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Selain menggunakan benih, Anda bisa juga melakukan pembibitan dengan menggunakan tunas. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih bunga aster yang umurnya diatas 6 bulan
  2. Potong anakan yang muncul di sekitar tanaman induk.
  3. Pindahkan ke media tanam

4. Tanam Bunga Aster

aster

Supaya bisa tumbuh dengan baik, bunga aster membutuhkan area tumbuh yang luas. Disini Anda membutuhkan kotak atau wadah media tanam yang cukup besar dan luas.

Gunakan media tanam yang sudah Anda persiapkan sebelumnya dan selalu perhatikan komposisinya supaya bunga aster bisa mendapatkan nutrisi yang cukup.

Hindari sinar matahari langsung supaya bibit yang sudah dipersiapkan tidak rusak dan layu. Setelah bibit mulai tumbuh menjadi lebih subur dan lebat, tanaman bunga aster sudah lebih kuat untuk beradaptasi.

Pada masa ini pindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar matahari langsung supaya bisa berkembang dengan baik.

Lakukan proses penanaman pada pagi atau sore hari supaya tidak terkena sinar matahari langsung. Anda bisa juga menggunakan Furadan supaya hama tidak datang.


5. Rawat Bunga Aster Supaya Cepat Berbunga

aster 3

Supaya bunga Aster bisa tumbuh dengan baik dibutuhkan perawatan yang tepat. Berikut ini adalah cara merawat bunga aster yang tepat.

  1. Siapkan mulsa dengan ketebalan 4-5 cm, kemudian berikan kompos tipis dengan merata. Campuran ini lalu ditaburkan di sekitar tanaman aster.
  2. Supaya tanah tidak kering, maka penyiraman harus rutin dilakukan. Penyiraman bisa dilakukan 2 kali dalam sehari setiap pagi dan sore.
  3. Hindari penyiraman yang terlalu banyak karena akan menyebabkan bunga sulit mekar.
  4. Pasang tonggak kayu dan ikatkan tanaman aster untuk memastikan tanaman dapat berdiri tegak.
  5. Pada bagian batang, potong sedikit pada bagian ujungnya untuk merangsang tumbuhnya cabang baru.
  6. Saat menemukan daun yang layu segera pangkas, karena daun yang membusuk bisa mengakibatkan penyakit pada tanaman.
  7. Apabila tanaman aster tertutup debu atau ada hama serangga, Anda bisa menggunakan semprotan air untuk menyingkirkannya. Namun perhatikan aliran air, jangan sampai terlalu keras karena dapat merusak tanaman.
  8. Apabila tanaman aster diserang hama siput, Anda bisa menggunakan kawat di sekitar tanaman untuk mencegah siput datang kembali.

Demikian cara mudah untuk menanam sendiri bunga aster yang bisa Anda coba sendiri dirumah. Bunga aster bisa anda budidayakan untuk mempercantik halaman rumah Anda. Semoga berhasil ya!

Baca juga: Cara Menanam Bunga Bakung!

Yoko Widito

Yoko adalah penulis profesional yang memiliki pengalaman menulis di berbagai media online dengan topik yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *