Cara Menanam Bunga Asoka [Panduan Lengkap]

Kecantikan bunga asoka sering digunakan untuk mempercantik halaman rumah. Bunga asoka adalah salah satu dari sekian banyak jenis bunga hias yang banyak dicari dan kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menanam bunga asoka yang benar.

Bunga asoka dikenal dengan nama latin saraca indica, dan pada umumnya bunga asoka tumbuh bergerombol. Tidak hanya penampilannya yang cantik, bunga asoka ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu perawatannya juga tergolong mudah.

Dengan semua kelebihan yang dimiliki bunga asoka maka tidak heran banyak orang yang ingin membudidayakan bunga asoka, tidak hanya dijadikan hiasan rumah namun juga untuk diambil manfaat kesehatannya. Berikut ini kami akan memberikan tutorial lengkap bagaimana cara menanam bunga asoka di rumah Anda.

Mungkin tertarik: Cara Mudah Menanam Bunga Aster


1. Persiapkan Bibit

persiapkan bibit asoka

Anda bisa menggunakan dua cara dalam mempersiapkan bibit. Cara pertama dengan cara setek dan cara yang kedua adalah dengan cara cangkok. Pohon asoka yang akan dijadikan indukan sebaiknya adalah pohon yang memiliki bunga cantik dan produktif, ini dimaksudkan supaya sifat bunga ini dapat menurun ke tanaman yang nantinya ditanam.

Dengan Cara Stek:

  1. Untuk melakukan stek, persiapkan batang yang sudah tua. Biasanya memiliki ukuran kurang lebih 15cm.
  2. Kalau sudah menemukan yang seperti ini, Anda bisa memotongnya. Anda bisa menggunakan pisau potong ataupun gunting potong, namun pastikan kebersihan alat potong karena alat potong yang kotor malah akan mengakibatkan tanaman terkena penyakit.
  3. Simpan potongan batang tadi ke dalam air supaya saat Anda menggunakannya di media semai masih tetap segar.

Dengan Cara Cangkok:

  1. Untuk melakukan cangkok, persiapkan batang yang sudah tua. Biasanya memiliki ukuran kurang lebih 15cm.
  2. Kupas bagian kulit batang sampai bagian cambium terbuka.
  3. Tutup bagian cambium dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang lalu tutup dengan menggunakan plastik atau sabut kelapa.
  4. Kalau menggunakan plastik, pastikan diberi lubang supaya air dan akar dapat keluar.
  5. Ikat lapisan plastik dengan rapat
  6. Siram secara rutin

2. Semai

semai bunga asoka

Setelah persiapan bibit selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan penyemaian supaya bibit dapat beradaptasi dengan baik. Ini dimaksudkan supaya saat bibit dipindahkan dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang baru. Berikut cara menyemai bunga Asoka:

  1. Media semai bisa menggunakan polybag
  2. Gunakan campuran tanah dan pupuk kandang dengan komposisi 1:1
  3. Campuran tanah yang sudah siap masukkan ke dalam polybag hingga setengah penuh.
  4. Kalau bibit didapatkan dari stek, Anda tinggal menancapkannya dengan kedalaman 2cm-3cm
  5. Kalau bibit didapatkan dari cangkok, lepas plastik atau sabut kelapa yang digunakan membungkus. Tapi harus diperhatikan, tanah yang digunakan membungkus jangan sampai hancur sebelum masuk kedalam media semai.
  6. Bibit harus dalam posisi tegak
  7. Siram satu kali dalam satu hari supaya kelembaban terjaga.
  8. Biasanya dalam waktu 2 minggu tunas sudah berkembang dan daun muda sudah mulai tumbuh.

3. Tanam Bunga Asoka

tanam bunga asoka

Tanaman asoka muda yang sudah mulai tumbuh di media semai dapat Anda pindahkan ke tempat yang lebih besar supaya dapat berkembang dengan baik. Anda harus benar benar memperhatikan cara menanam pohon yang benar supaya pohon dapat berdiri tegak dan tidak miring. Karena akan mempengaruhi bentuk saat sudah mulai tumbuh.

Perhatikan waktu penanaman, jangan melakukan pemindahan di siang hari karena akan mempengaruhi kondisi tanah. Waktu menanam yang tepat adalah saat pagi dan sore hari, karena pada masa ini kondisi tidak terlalu panas sehingga kelembaban masih cukup bagus.

Siram tanah dengan menggunakan air secara rutin dan pastikan mendapatkan sinar matahari yang cukup supaya bisa berkembang dengan baik.


4. Rawat Bunga Asoka

siram

Perawatan bunga asoka termasuk mudah untuk dilakukan, hanya dengan melakukan perawatan sederhana bunga asoka sudah bisa tumbuh dengan subur.

Pemupukan

  1. Usia tanaman minimal adalah 1 bulan
  2. Gunakan pupuk daun dan jangan salah menggunakan pupuk buah.
  3. Salah dalam pemberian pupuk akan membuat pertumbuhan tidak optimal.
  4. Pupuk buah dikhususkan untuk pohon yang menghasilkan buah, sedangkan pupuk daun dikhususkan untuk memaksimalkan pertumbuhan daun dan bunga.

Penyiangan

Tanaman parasit seperti gulma yang ada di sekitar tanaman bunga asoka harus disingkirkan karena akan menghambat pertumbuhan bunga. Tanaman tanaman liar ini akan mengambil nutrisi yang ada di dalam tanah, sehingga membuat tanaman bunga asoka yang Anda tanam pertumbuhannya tidak akan optimal.

Saat masuk ke dalam musim penghujan, tanaman bunga asoka akan mulai berbunga. Bunga asoka yang sudah mekar bisa bertahan sampai dengan tiga bulan lamanya.

Demikian cara menanam bunga asoka yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Caranya cukup mudah dan perawatan yang dilakukan juga sederhana. Cantiknya bunga asoka sangat cocok untuk menemani sore anda di rumah. Selamat mencoba ya!

Cek juga: Cara Menanam Bunga Krisan

Yoko Widito

Yoko adalah penulis profesional yang memiliki pengalaman menulis di berbagai media online dengan topik yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *