Beragam Tanaman yang Bisa Mengusir Nyamuk

Nyamuk merupakan salah satu hewan yang cukup dibenci oleh manusia. Selain keberadaannya yang mengganggu, nyatanya nyamuk bahkan diketahui bisa membawa berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan hingga yang mematikan.

Oleh karena itulah saat ini ada beragam cara yang dilakukan orang-orang untuk mengusir nyamuk yang mengganggu tersebut dari rumah-rumah mereka. Mulai dari cara-cara konvensional menggunakan obat nyamuk, hingga cara yang unik.

Salah satu cara unik yang diketahui bisa mengusir nyamuk dari dalamrumah adalah menggunakan tanaman pengusir nyamuk. Tapi, apa benar bisa? Coba saja sendiri, ini dia beragam tanaman yang bisa mengusir nyamuk.

1. Citronella

Citronella

Tanaman ini merupakan salah satu jenis yang paling dikenal di seluruh dunia karena kemampuannya yang sangat baik di dalam mengusir nyamuk. Bahkan tanaman ini seringkali dijadikan bahan tambahan alami bagi banyak semprotan pengusir nyamuk.

Kalau kamu tidak kenal dengan tanaman citronella, barangkali kamu kenal dengan sereh. Nah citronella ini salah satunya masih merupakan kelompok tanaman sereh-serehan (rumput) yang bisa mengeluarkan aroma khas.

Aroma khas manis seperti jeruk itulah yang kemudian tidak disukai oleh nyamuk. Kamu bisa mengeluarkan minyak citronella dengan menghancurkan daunnya dan menyebarkan baunya, atau sekadar memajangnya. Tapi ingat, tentu bila terlalu tinggi dan lebat, tanaman ini justru bisa menjadi pembawa nyamuk.

2. Lavender

Lavender

Si tanaman bunga ungu nan cantik ini boleh dibilang jauh lebih terkenal lagi, bila dibandingkan dengan citronella sebagai salah satu tanaman pengusir nyamuk yang paling ampuh. Lebih-lebih lagi bentuknya yang cantik.

Bahkan banyak lotion dan spray pengusir nyamuk di seluruh dunia yang mengklaim menggunakan ekstrak lavender sebagai salah satu bahan alami di dalam produk-produk mereka. Tidak lupa, tentu dengan klaim organiknya.

Nah memang minyak yang dimiliki oleh bunga lavender ini memiliki wangi yang sangat harum, dan dikatakan bisa menjadi penenang. Namun minyak yang dimiliki oleh bunga ini sangat dibenci oleh nyamuk, wah-wah boleh juga nih ditanam di pekarangan ya!

3. Marigold

Marigold

Tanaman yang memiliki warna bunga oranye menyala ini sebenarnya tergolong ke dalam tanaman hias yang cukup sering digemari. Alasannya adalah karena perawatannya tidak terlalu rumit, dan bisa tumbuh dengan liar.

Bahkan kamu bisa menanam tanaman pengusir nyamuk ini di tanah, di dalam pot, ataupun dibuat mungil sedemikian rupa dan tanaman ini akan tetap tumbuh dengan baik. Karena pada dasarnya tanaman ini bukanlah tanaman yang manja. Untuk lebih lengkapnya cek panduan cara menanam marigold dari kutanam.

Nah bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini memiliki kandungan minyak aromatik yang wanginya dibenci oleh nyamuk. Meski demikian, tentu saja efek pengusir nyamuk akan lebih baik dicapai bila bunga yang ada dihancurkan dan minyaknya dimanfaatkan secara lebih spesifik, misalnya untuk lotion ataupun semprotan nyamuk.

4. Bawang Putih

Bawang Putih

Mungkin mirip dengan serai, tanaman bawang putih yang berbentuk rumput-rumputan juga dikenal sebagai salah satu tanaman yang cukup efektif di dalam mengusir nyamuk-nyamuk yang mengganggu.

Alasannya juga cukup mirip, dimana daun yang dihasilkan oleh tanaman bawang putih ini juga memiliki aroma yang cukup menyengat. Memang aromanya sangat wangi dan bahkan sering dijadikan bumbu masak, layaknya serai.

Tapi toh nyamuk tidak suka dengan aroma daun bawang yang menyengat ini. Nah akan tetapi berhubung tanaman ini merupakan tanaman rumput-rumputan, bila kamu biarkan terlalu tinggi dan lebat justru bisa mengundang nyamuk datang lho. Jadi hati-hati ya!

5. Sage

Sage

Masih tergolong sebagai salah satu tanaman dengan daun yang memiliki aroma yang khas, dan tentu saja wangi. Sage dikatakan bisa menjadi salah satu tanaman yang cukup ampuh di dalam mengusrir nyamuk.

Lucunya, tanaman sage di luar negeri justru dikenal sebagai salah satu tanaman pengusir roh jahat lho. Nah, kelebihan dari tanaman sage ini diantaranya adalah bisa ditanam di mana saja karena cenderung sangat mudah untuk tumbuh.

Cara paling mudah untuk memanfaatkan daun sage sebagai pengusir nyamuk adalah dengan mengambilnya banyak-banyak, dihancurkan, dan kemudian dijadikan penyemprot serangga bersama air ataupun minyak aromatic lainnya.

6. Catnip (Kucingan)

Catnip (Kucingan)

Tanaman dengan bunga yang berwarna ungu layaknya lavender ini diketahui sejak lama sebagai salah satu tanaman pengusir nyamuk yang juga cukup efektif. Lagi-lagi karena aromanya yang khas, dan memang tanaman ini tergolong sebagai keluarga tanaman mint.

Lebih jauh lagi tanaman ini pada dasarnya pertumbuhannya sangat liar dan sangat cepat sehingga harus kamu perhatikan dengan benar-benar baik. Alih-alih tanaman ini malah tumbuh begitu liar dan membuat pekaranganmu berantakan.

Selain itu salah satu kekurangan dari tanaman ini adalah, entah kenapa bisa mengundang kucing untuk berdatangan. Yah, memang sih bisa mengusir nyamuk tapi kalau kamu tidak suka kucing sih rasa-rasanya jangan menggunakan tanaman ini ya.

7. Kemangi

Kemangi

Tanaman yang seringkali kamu temukan di dalam lalapan ketika kamu membeli pecel lele ini ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu tanaman pengusir nyamuk yang sangat efektif lho, apalagi wanginya yang menurut kami cukup nikmat.

Keuntungan lain dari menanam kemangi adalah, tanaman ini sangat mudah untuk ditanam dan sama seperti kelompok mint dan daun-daun wangi lainnya, dimana pertumbuhannya cenderung liar apabila tidak dirawat dengan baik.

Akan tetapi keuntungan lain menanam tanaman ini adalah, selain bisa mengusir nyamuk ternyata daun kemangi juga bisa digunakan sebagai salah satu pengusir lalat yang ampuh. Belum lagi, daun kemangi bisa kamu olah menjadi bumbu dasar berbagai masakan Indonesia, wah win-win solution!

8. Rosemary

Rosemary

Masih dari tanaman yang biasa dijadikan sebagai bumbu masakan, tanaman rosemary diketahui memiliki daun yang memiliki aroma khas yang wangi namun tidak disukai oleh nyamuk-nyamuk di rumahmu.

Tanaman ini sangat baik apabila ditanam di udara yang panas dan cenderung kering, namun tergolong sebagai salah satu tanaman yang sangat tangguh untuk kamu tanam di berbagai kondisi dan iklim.

Kelebihan lainnya, tentu saja seperti kemangi, sereh, mint, dan daun bawang dimana bila sudah cukup besar kamu bisa memetik daun rosemary ini untuk diolah bersama bahan makanan lainnya untuk membuat masakan yang nikmat, nyam!

9. Bee Balm / Lemon Balm

Bee Balm : Lemon Balm

Tanaman yang memiliki nama lain Lemon Balm dan Monarda Blue Stocking ini barangkali tidak tergolong sebagai salah satu tanaman yang umum di Indonesia. Toh karena memang asal dari tanaman ini pun adalah dataran eropa nun jauh disana.

Meski demikian di luar negeri tanaman ini banyak dijadikan sebagai salah satu tanaman hias di rumah. Selain karena bisa mengusir nyamk dengan sangat efektif, tanaman ini diketahui juga bisa mengundang berbagai kupu-kupu dan lebah yang menguntungkan.

Sama seperti kebanyakan tanaman pengusir nyamuk, kamu bisa memanfaatkan minyak yang dikeluarkan oleh tanaman ini dengan cara menghancurkan daun dari tanaman ini untuk kemudian digunakan sebagai spray ataupun lotion.

10. Mint

Mint

Lazim digunakan sebagai bahan tambahan minuman di luar negeri, tanaman mint sendiri tidak begitu populer ditanam di Indonesia. Tapi rasa-rasanya sih banyak sekali masyarakat yang sudah mengenal tanaman ini.

Mirip seperti daun kemangi yang memiliki baud an aroma yang khas, daun mint diketahui bisa digunakan sebagai salah satu yang cukup efektif untuk mengusir nyamuk. Selain itu tanaman ini pun tergolong mudah untuk ditumbuhkan.

Akan tetapi memang untuk bisa memanfaatkan efek anti nyamuk dari tanaman ini, kamu harus mengambil daun mint serta menggepreknya sehingga bisa mengeluarkan minyak yang sangat wangi dan dibenci oleh nyamuk.

11. Geranium

Geranium

Bunga cantik yang satu ini juga diketahui bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk yang efektif loh. Selain itu perlu kamu ketahui juga bahwa geranium tergolong sebagai salah satu bunga yang cukup mudah untuk ditanam di rumah.

Selain mudah ditanam di pekarangan rumah, bunga geranium pun diketahui memiliki bentuk dan warna yang sangat indah, sehingga di luar negeri penanaman geranium dilakukan secara khusus untuk mempercantik pekarangan.

Akan tetapi memang untuk merawat tanaman geranium butuh ketelatenan yang cukup tinggi. Karena tanaman ini tergolong sebagai salah satu tanaman yang sangat mudah tumbuh dan bahkan cenderung liar. Sama seperti sebelum-sebelumnya sih, ketika terlalu lebat tanaman macam ini justru akan mengundang nyamuk untuk datang.

12. Ageratum

Ageratum

Tanaman yang sangat cantik ini pada dasarnya memang bukan berasal dari Indonesia, sehingga wajar saja bila kebanyakan diantara kamu tidak teralalu mengenal tanaman yang sangat cantik ini.

Ageratum sendiri, karena bentuknya yang menyerupai serabut benang-benang, kemudian dikenal pula dengan sebutan floss flower (kembang benang), dan lebih-lebih lagi tanaman ini menurut kami sangat cantik loh.

Salah satu senyawa kimia coumarin yang dimiliki oleh bunga ageratum ini ternyata merupakan salah satu senyawa pengusir nyamuk yang sangat poten. Tapi hati-hati ya bagi kamu yang punya hewan peliharaan, karena senyawa ini bisa beracun bagi manusia dan hewan peliharaan bila tidak sengaja tertelan.

13. Peppermint

Peppermint

Masih tergolong satu keluarga bersama tanaman mint, basil, dan kemangi. Tanaman ini juga sudah cukup terkenal di seluruh dunia, dimana ia memiliki wangi yang sangat khas dan disukai oleh kebanyakan orang.

Akan tetapi tahukah kamu kalau pada awalnya tanaman ini digolongkan sebagai salah satu tanaman gulma yang bisa tumbuh dengan sangat liar apabila tidak dirawat di pekarangan rumah? Lebih jauh lagi, untuk alasan itulah bila ingin menanam tanaman ini kamu harus telaten.

Untuk menggunakannya kamu bisa mengambil sedikit daun peppermint dan kemudian digeprek. Selain itu minyak yang dihasilkan dari tanaman ini juga diketahui bisa mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

14. Pennyroyal

Pennyroyal

Tanaman merambat yang satu ini juga sebenarnya tergolong sebagai salah satu tanaman liar yang sangat mudah tumbuh dengan begitu cepatnya. Sehingga awalnya banyak orang tidak menyadari kalau tanaman ini bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.

Meski demikian kami sendiri cukup jarang mendengar jenis tanaman ini tersedia di Indonesia, dan barangkali kamu pun demikian. Nah tapi beberapa literature mengatakan kalau tanaman ini tergolong sebagai tanaman pengusir nyamuk yang sangat kuat.

Akan tetapi tanaman ini pun diketahui juga cukup beracun khususnya bagi bayi baru lahir dan ibu hamil. Sehingga ya, menurut kami cukup tahu saja sih. Karena selain sulit dicari ternyata tanaman ini tergolong toksik alias beracun ya.

15. Kayu Manis

Kayu Manis

Lagi-lagi tanaman yang diketahui bisa mengusir nyamuk dengan cukup efektif tergolong sebagai salah satu bumbu dapur dengan aroma yang cukup nikmat. Nah tanaman kayu manis sendiri diketahui sangat efektif di dalam mengusir nyamuk loh.

Meski demikian salah satu kekurangan terbesarnya tentu saja dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga tanaman ini cukup besar dan memiliki batang kayu dengan aroma yang sangat khas dan bisa mengusir nyamuk di rumah.

Tapi yah tidak ada salahnya juga kalau kamu ingin mencoba menanam kayu manis di pekarangan rumahmu. Apalagi tanaman ini nantinya bisa kamu olah dan bisa dijadikan sebagai bumbu dasar ataupun bahan minuman yang nikmat.

16. Tarragon

Tarragon

Kalau tanaman yang satu ini sih sebenarnya sempat booming dan cukup banyak dipelihara oleh masyarakat di Indonesia. Bentuknya memang tidak begitu cantik, tapi tanaman ini diketahui cukup efektif di dalam mengusir nyamuk.

Meski demikian tanaman ini juga tergolong sebagai salah satu tanaman yang cukup sulit dirawat bila kamu tidak telaten. Karena pertumuhan dari tanaman ini tergolong sangat cepat dan bisa menyebar ke pekarangan bila didiamkan begitu saja.

Nah alih-alih mengusir nyamuk, tanaman yang begitu liar dan lebat malah dikhawatirkan bisa mengundang hewan-hewan lainnya yang bisa mengganggu. Bila memang ingin menanam tanaman ini, kami sih cukup menyarankan kamu menanamnya di dalam pot saja ya.

17. Verbenna

Verbenna

Bunga Verbena sebenarnya sangat terkenal di kalangan pendaki di Indonesia lho, karena tanaman ini bisa kamu temukan dengan mudah di Gunung Semeru. Akan tetapi reputasinya ternyata tidak terlalu baik.

Tanaman ini diketahui sebagai salah satu tanaman yang bisa merusak ekosistem di sekitarnya, dan tanaman verbena bisa muncul di Semeru diketahui dibawa oleh ahli botani dari Belanda. Nah dari situlah kemudian tanaman ini merebak dengan cepat.

Akan tetapi dibalik tampilannya yang cantik namun jahat itu, tanaman Verbena diketahui bisa kamu gunakan sebagai salah satu pengusir nyamuk yang poten. Selain itu tanaman ini diketahui sangat ‘haus’ dan bisa menyerap air di dalam tanah dengan sangat cepat.

18. Tanaman Kayu Putih (Cajuput)

Tanaman Kayu Putih (Cajuput)

Tanaman yang sangat terkenal di Indonesia berkat Cap Lang yang mempopulerkan minyak kayu putih ini, diketahui memiliki khasiat pengusir nyamuk yang sangat baik lho. Apalagi wangi nya sudah sangat populer dan nampaknya mengena di kepala orang Indonesia.

Kabar baiknya banyak orang yang menjual bibit dari tanaman cajuput ini di e commerce, yang bisa kemudian kamu tanam sendiri lho di rumahmu. Lebih jauh lagi tanaman ini pun tidak terlalu sulit untuk kamu tanam di rumah.

Apalagi dalam beberapa kesempatan bahkan diketahui ada orang-orang yang sengaja menanam tanaman cajuput dalam jumlah besar untuk kemudian diperdagangkan, nah! Artinya memang selain bermanfaat, tanaman ini secara ekonomis memiliki nilai yang cukup tinggi ya. Wah-wah!


Bagaimana Tanaman bisa Mengusir Nyamuk?

Perlu kamu ketahui, pada dasarnya memang tidak ada tanaman yang benar-benar bisa mengusir nyamuk secara meyeluruh. Akan tetapi memang ada beberapa tanaman yang diketahui bisa memberikan perlindungan singkat terhadap nyamuk.

Pada dasarnya kebanyakan tanaman yang diklaim bisa mengusir nyamuk bisa bekerja baik dengan memanfaatkan minyak atsiri ataupun minyak yang bisa dikeluarkan dari daun mereka. Sehingga, sebenarnya jauh lebih efektif bila kamu ‘menggeprek’ daun tanaman tersebut ketimbang menjadikannya pajangan.

Lebih jauh lagi ada orang-orang yang sengaja menghancurkan daun-daun dari tanaman tersebut, digabungkan dengan minyak carrier serta dibakar, ataupun dijadikan semprotan nyamuk organik yang benar-benar bisa mengusir nyamuk.

Lebih jauh lagi tanaman-tanaman di atas, alih-alih bisa mengusir nyamuk justru bisa mengundang nyamuk untuk datang apabila kamu terlalu malas untuk merawat dan kemudian membiarkannya tumbuh tinggi tidak terkendali.

Nah tapi kami tidak melarang kamu kok untuk mencoba menanam berbagai tanaman di atas. Selamat mencoba ya!

Fakhri Zahir

Dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga merupakan penulis dan pelaku bisnis di berbagai sektor, salah satunya industri agrikultur.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x